Faktor Risiko Tumor Otak yang Perlu Anda Ketahui

0
1481
ClkerFreeVectorImages / Pixabay

Tumor otak merupakan pertumbuhan abnormal sel-sel dalam jaringan otak. Tumor otak bisa bersifat jinak, tanpa sel kanker. Bisa juga bersifat ganas, dengan sel kanker yang tumbuh cepat. Asal tumor otak bisa asli dari jaringan otak ataupun hasil peneyebaran dari bagian tubuh lain ke otak [1].

[Baca Juga: Penyebab dan Gejala Kangker Serviks]

Gejala Tumor Otak

Gejala tumor otak sesuai dengan ukuran tumor, tipe tumor, dan lokasi tumor. Gejala bisa terjadi akibat tumor atau benjolan menekan syaraf atau melukai bagian otak yang lain. Gejala juga dapat timbul ketika tumor membuntu aliran cairan otak yang mengalir di otak. Selain itu, gejala dapat terjadi ketika jaringan otak membengkak akibat cairan yang terbendung [2].

Orang dengan tumor otak sering memiliki gejala [3]:

  • Sakit kepala
  • Kejang
  • Kehilangan rangsang sentuhan dan kontrol motorik
  • Thrombosis vena dalam
  • Pendengaran terganggu
  • Penglihatan terganggu
  • Kelelahan
  • Depresi
  • Perubahan perilaku dan fungsi kognitif
  • Disfungsi endokrin (perubahan hormon/fungsi kelenjar)

Gejala-gejala ini dihubungkan dengan tipe, ukuran, atau lokasi tumor serta perawatan untuk mengelola tumor tersebut. Bedah, radiasi, kemoterapi, dan perawatan lain memiliki potensi untuk menimbulkan gejala baru sejalan dengan fungsi untuk mengurangi dampak dari tumor otak.

[Baca Juga: Mengenal Gejala Demam Berdarah]

 

Penyebab Tumor Otak

Salah satu pertanyaan mendasar seseorang yang didiagnosis tumor otak adalah alasan yang menyebabkan terjadinya tumor otak. Namun, masih belum diketahui penyebab pasti penyakit tersebut. Seorang dokter jarang mengetahui alasan satu orang mengalami tumor otak sedangkan lainnya tidak [4].

Para peneliti melakukan studi terhadap orang yang memiliki faktor risiko tertentu mempunyai kesempatan lebih besar untuk mengalami tumor otak. Faktor risiko merupakan sesautu yang dapat meningkatkan potensi untuk terjadinya penyakit [4].

Studi-studi menemukan bahwa beberapa faktor risiko tumor otak [4]:

Radiasi Pengion:

Radiasi pengion dari dosis tinggi x-ray (misalnya x-ray pada kepala) dan sumber-sumber lain dapat menyebabkan kerusakan sel yang mencetuskan tumor. Orang yang terkena radiasi pengion mungkin memiliki peningkatan risiko terkena tumor otak, seperti tipe meningioma atau glioma.

[Baca Juga: Apakah Penyakit Lupus? Gejala dan Macam Penyakit Lupus]

Riwayat Keluarga:

Tumor otak jarang menurun pada keluarga. Hanya sejumlah kecil keluarga yang memiliki beberapa anggota yang memiliki tumor otak.

Para peneliti sedang melakukan studi mengenai efek penggunaan telepon seluler, adanya trauma kepala, atau adanya paparan bahan kimia atau medan magnet sebagai faktor risiko yang penting. Penelitian saat ini masih belum mengungkap adanya hubungan yang konsisten kemungkinan faktor risiko di atas terhadap tumor otak. Penelitian tambahan masih diperlukan.

Referensi:

[1]. Overview Brain Tumors. Medplus, diakses pada 25 Agustus 2015.

[2].What are the risk factors for brain tumors?. Medicinenet, diakses pada 25 Agustus 2015.

[3]. Brain Tumor Symptom. Abta, diakses pada 25 Agustus 2015.

[4].Brain tumors?. Abta, diakses pada 25 Agustus 2015.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here