Cara Menambahkan Judul Gambar secara Otomatis di WordPress

0
1754
Menambahkan judul gambar otomatis di wordpress

Judul gambar menjadi elemen penting dalam sebuah website. Pertama, gambar akan mempercantik rupa atau tampilan sebuah website. Sebuah konten bahkan, membuthukan gambar yang disisipkan untuk menambah daya tarik konten ketika pengunjung melihat. Kedua, gambar akan menarik pengunjung. Bayangkan anda tengah membagikan konten tertentu melalui media sosial. Tanpa gambar yang bagus, orang akan tidak begitu tertarik untuk melihat konten tersebut. Sebaliknya, orang akan tertarik ketika melihat gambar menarik yang menjadi pelengkap dari konten.

Ketiga, gambar pada konten sebuah website juga berfungsi sebagai penjelas. Gambar dapat menjadi keterangan pada sebuah konten terunggah. Sebagai contoh, berita sepakbola akan menjadi lebih menarik ketika terdapat gambar yang menjelaskan momentum yang diceritakan dalam berita.

[Baca: Cara Membuat Laman Sitemap WordPress]

Dari sudut pandang SEO, gambar juga memiliki arti penting. Mesin pencari akan turut mengindeks gambar. Pada konteks ini, judul gambar menjadi kunci utama agar mesin pencari dapat mengenali relevansi sebuah gambar dengan kata kunci tertentu.

[Baca juga: Meningkatkan SEO WordPress]

Proses mengunggah (upload) gambar menjadi kunci dari penamaan sebuah gambar atau berkas media lainnya. Pada proses ini, pengelola perlu memberikan nama pada berkas agar mesin pencari dapat mengenalinya.

Penambahan judul gambar pada wordpress dapat dilakukan secara otomatis. Tentu saja cara ini memiliki kelemahan tersendiri, terutama terkait dengan memasukkan alt-text yang sesuai. Namun, jika dirasa perlu untuk menghindari kelupaan saat memberikan keterangan, maka cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan plugin.

Menambahkan Judul Gambar Secara Otomatis di WordPress

Penambahan judul gambar secara otomatis pada blog berbasis wordpress dapat dilakukan menggunakan plugin Format Media Titles. Plugin ini akan secara otomatis menambahkan judul gambar sesuai dengan judul pada file yang diunggah ke dalam direktori media.

Menambahkan judul media secara otomatis
plugin untuk Menambahkan gambar media secara otomatis menggunakan

Istallah plugin ini, lalu aktivasi. Setelah itu, masukkan dalam pengaturan untuk secara rinci mengatur bagaimana penamaan, seperti penggunaan huruf besar dan kecil, penggunaan underscore sebagai pemisah kata, dan lain-lain. Menggunakan plugin ini, anda sudah tidak perlu lagi bersusah payah menambahkan judul saat mengunggah gambar. Sekali lagi, setiap pendekatan memiliki kekurangan dan kelebihan. Setelah beberapa saat menggunakan plugin ini, periksalah apakah SEO anda terbantu.

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here