Daun Jawer Kotok Memiliki Khasiat Mengobati Beberapa Penyakit

2
85895
Daun Jawer Kotok Memiliki Khasiat Menyembuhkan Beberapa Penyakit
Daun Jawer Kotok Memiliki Khasiat Menyembuhkan Beberapa Penyakit

JAWER KOTOK merupakan kata yang terdengar aneh, asing, dan bisa jadi juga lucu. Ia merupakan tanaman yang sejatinya gampang dijumpai di sekitar kita. Tanaman yang masuk dalam bahasa ilmiahnya ‘plectranthus scutellaroides’ ini memiliki daun berwarna ungu kehitam-hitaman menyerupai hati, sedangkan bentuk daun tersebut pada sisinya bergerigi. Ia bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 2 meter dengan batang yang gampang patah.

Karena warnanya yang cukup menarik, tanaman yang terrgolong liar ini adakalanya dimanfaatkan sebagai bagian dari tanaman hias.  Bisa dipahami, karena jika ada di tangan yang kreatif tumbuhan jawer kotok bisa dikembangkan ke banyak varietas. [Baca juga: Syarat Tumbuh Tanaman Hias dalam Ruangan]

Mudah Dibudidayakan

Sejatrinya tak butuh usaha lebih guna membudidayakan tanaman jawer kotok, karena dengan cara dipotong, dan kemudian distek pada batangnya, maka ia akan bisa mudah tumbuh dan berkembang, tanpa perawatan khusus. Ketika telah tumbuh sehat, daun dari tanaan ini juga akan bertumbuh lebat. Sehingga disarankan agar acap memotong batangnya supaya bisa tetap dipandang mata tanpa harus khawatir risiko patah akibat terlalu tinggi dan terkena angin.

Tanaman Obat

Meski bisa tumbuh liar dan hanya sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias, namun jawer kotok kenyataannya juga memiliki khasiat sebagai tanaman obat. Salah satu contohnya adalah dimanfaatkan sebagai obat anti-radang alais anti-inflamasi. Contoh ini bisa diketahui sesuai penelitian yang dilakukan secara farmakologi eksperimental. Bahwa berdasarkan dari hasil penelitian tersebut, dijumpai kandungan flavonoid yang memiliki peran sebagai anti-inflamasi, antiseptic, anti-hipertensi, dan juga anti-kanker. [Baca juga: Buah Ranti atau Leunca Bisa Mengobati Kanker Serviks]

Selain hal di atas, daun jawer kotok juga bisa meredakan sakit bisul ataupun luka borok.

Inilah Khasiat Daun Jawer Kotok

Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan daun jawer kotok yang di dalamnya memiliki kandungan mineral, zat pati, zat alkaloids, minyak terbang, dan minyak terbang.

  • Radang Anak Telinga

Sediakan daun jawer kotok sebanyak setengah genggam dan air secukupnya. Silakan dihaluskan daun jawer kotok tersebut, dan kemudian tambahkan juga tiga sendok makan air yang telah masak, lalu peras dan ambil airnya. Air tersebut gunakan untuk meneteskan anak telinga yang terasa sakit sebanyak 3 hingga 6 kali dalam satu hari.

  • Ambeien & Wasir

Ambil daun jawer kotok sejumlah 12 lembar, sediakan pula 2 gelas air.  Daun tersebut direbus dalam dua gelas air, tunggu hingga mendidih dan sisakan sampai satu gelas, kemudian minum air rebusan yang telah disaring minimal satu kali dalam sehari.

  • Keputihan

Sejumlah dua pertiga genggam daun jawer kotok yang telah dicuci silakan rebus dengan menggunakan tiga gelas air. Sisakan air rebusannya sebanyak 3/4 gelas, dan tunggu hingga dingin. Setelah dingin, silakan saring dan kemudian minumlah bersama madu. Akan lebih baik dilakukan secara rutin sebanyak tiga kali dalam sehari hingga keputihan mereda.

  • Terlambat Datang Bulan

Beberapa helai daun jawer kotok yang telah dibersihkan bisa langsung direbus dalam 2 gelas air, dan tunggu hingga menyisakan setengahnya. Setelah dingin,, silakan saring, kemduian minum secara rutin sehari satu kali. [Baca juga: Inilah Siklus Menstruasi Setelah Melahirkan]

  • Bisul

Daun jawer kotok yang telah dibersihkan bisa diolesi minyak kelapa, kemudian digarang hingga hangat. kehangatan daun tersebut bisa langsung ditempel pada bagian kulit yang berbisul.

  • Sembelit

Sediakan 5 helai daun jawer kotok ayng telah dicuci bersih, selanjutnya rebus menggunakan satu gelas air hingga tinggal tersisa setengahnya. TUnggu hingga dingin, kemudian saring dan beri sesendok minyak kacang, dan silakan diminum.

  • Radang Usus

Guna meredakan radang pada usus, silakan ambil daun jawer kotok segar sebanyak 12 helai, bawang merah yang disangrai sebanyak satu umbi, rimpang kunyit sejumlah 2 gram, herb apatikan cina segar sebanyak 7 gram, menyan madu setngah gram, air sebanyak 110 mililiter. Semua diramu menjadi satu, lalu diminum sebanyak 2 kali dalam sehari; pagi dan sore, dengan takaran setiap kali minum sejumlah 100 ml ataupun 1/4 cangkir.

  • Sakit Mata & Mata Merah

Ada dua cara yang bisa ditempuh dalam mengobati sakit mata ini. Pertama bisa dengan cara diminum; silakan ambil sebanyak 5 helai daun jawer kotok yang telah dicuci, kemudian rebus menggunakan segelas air. Sisakan sampai tinggal setengahnya.

Cara kedua, yaitu dengan metode ditempelkan: Silakan ambil daun yang telah dicuci bersih, agak dihaluskan namun usahakan untuk tak menghancurkannya di bagian sisi tepi,  kemudian tempelkan pada bagian mata yang sakit.  [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Mengandung Flavonoid, Daun Jawer Kotok Bisa Jadi Obat Anti-Inflamasi  unpad.ac.id, Diakses pada 2 September 2015
[2] Jawer Kotok Sembuhkan radang; Koran Cetek Minggu Pagi Minggu IV Agustus 2015, Diakses pada 2 September 2015
[3] Gambar ilustrasi; cekiwir.com, Diakses pada 2 September 2015

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here