Pengantar Sosiologi Hukum

0
2991
Sosiologi Hukum
Ilustrasi: Pixabay

Sosiologi hukum merupakan cabang sosiologi umum yang menganalisa bagaimana jalannya suatu hukum di masyarakat, berpengaruhnya hukum dalam suatu masyarakat, meneliti mengapa manusia patuh pada hukum dan atau tidak menaati hukum tersebut serta faktor-faktor sosial lain yang mempengaruhinya.

Dari sudut sejarah sosiologi hukum untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh seorang Italia bernama Anzilotti pada tahun 1882. Tokoh klasik sosiologi hukum bisa dikatakan adalah Max Weber dan Emile Durkheim. Durkheim menghubungkan hukum dengan jenis-jenis solidaritas sosial di masyarakat. Di dalam masyarakat dapat ditemukan dua macam sanksi kaidah-kaidah hukum, yaitu, sanksi represif (pada masyarakat solidaritas mekanis) dan sanksi yang restitutif (pada masyarakat solidaritas organis).

[Baca Juga: Sosiologi Agama]

Menurut Weber ada empat tipe ideal hukum, yaitu; 1, hukum irasional dan material, berdasarkan nilai emosional, 2. Hukum irasional dan formal, berdasarkan di luar akal, pada wahyu atau ramalan, 3. Hukum rasional material, keputusan hukum dan hakim menunjuk kitab suci, kebijaksanaan penguasa atau ideologi, 4. Hukum rasional formal, hukum dibentuk semata-mata atas dasar konsep-konsep abstrak dari ilmu hukum.

Sosiologi hukum merupakan cabang ilmu hukum dan sosiologi yang relatif baru. Hasil karya tentang sosiologi hukum hingga kini masih sedikit. Hal itu dikarenakan eksistensi sosiologi hukum sebagai ilmu baru yang mandiri, kurang begitu diterima, tidak sedikit yang menentangnya dari kalangan ahli hukum ataupun sosiolog.

[Baca Juga: Sosiologi Industri]

Menurut Purbacaraka dan Soerjono Soekanto, ruang lingkup sosiologi hukum adalah pengaruh timbal balik antara hukum dengan gejala-gejala sosial lainnya yang dilakukan secara teoretis analitis maupun secara empiris terhadap fenomena sosial hukum yang senyatanya hidup di dalam masyarakat.

Selain itu ruang lingkup sosiologi hukum juga mencakup dua hal, yaitu : Dasar-dasar sosial dari hukum, contoh: hukum nasional Indonesia, dasar sosialnya adalah Pancasila, dengan ciri-cirinya : gotong-royong, musyawarah-kekeluargaan. Dan efek-efek hukum terhadap gejala-gejala sosial lainnya, contoh : UU PMA terhadap gejala ekonomi, UU Pemilu dan Partai Politik terhadap gejala politik.

[Baca Juga: Sosiologi Perkotaan]

Obyek yang menjadi sasaran studi sosiologi hukum adalah pengoganisasian sosial hukum, badan-badan yang terlibat dalam penyelenggaraan hukum, misalnya: pembuatan undang-undang, pengadilan, polisi, advokat. Objek utama sosiologi hukum adalah masyarakat dan pada tingkatan kedua adalah kaidah-kaidah hukum.

Lebih lanjut dari obyek sosiologi hukum adalah; a. Beroperasinya hukum di masyarakat dan pengaruh timbal balik antara hukum dan masyarakat. b. Dari segi statiknya (struktur) : kaidah sosial, lembaga sosial, kelompok sosial dan lapisan sosial. c. Dari segi dinamiknya (proses sosial), interaksi dan perubahan sosial.

[Baca juga: Pemikiran Nobert Elias]

Kegunaan dan manfaat dari mempelajari sosiologi hukum: a. Mengetahui dan memahami perkembangan hukum positif (tertulis/tidak tertulis) di dalam negara/masyarakat. b. Mengetahui efektifitas berlakunya hukum positif di dalam masyarakat. c. Mampu menganalisis penerapan hukum di dalam masyarakat. d. Mampu mengkonstruksikan fenomena hukum yang terjadi di masyarakat. e. Mampu mempetakan masalah-masalah sosial dalam kaitan dengan penerapan hukum di masyarakat.

Sosiologi hukum memberikan pandangan baru bagi masyarakat dalam memandang hukum yang dulu hanya kaku saja, yaitu hukum sebagai Undang-Undang atau hukum dalam pandangan normatif. Tapi dengan adanya sosiologi hukum, memungkinkan masyarakat memahami sosiologi hukum sebagai suatu gejala masyarakat dalam penganalisaannya.***

Referensi

[1] Anwar Yesmil, Adang. Pengantar Sosiologi Hukum. 2008. Bandung: PT Grasindo.

[2] Soerjono Soekanto, Kegunaan Sosiologi Hukum Bagi Kalangan Hukum, Alumni, Bandung, 1976

[3] Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta, Rajawali Press, 1992

 

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here