Tak Disarankan Konsumsi Beberapa Jenis Makanan yang Telah Dipanaskan

0
1115
Tak Disarankan Konsumsi Makanan yang Telah Dipanaskan
Tak Disarankan Konsumsi Makanan yang Telah Dipanaskan

KONSUMSI makanan secara teratur dan memilih pola sehat menjadi satu keharusan yang harus kita tempuh dalam hidup demi mendapatkan kebugaran tubuh sehingga bakal medapatkan buah berupa kelancaran gerak dalam segala hal. Pola hidup sehat itu sendiri bukan pula harus dimulai dari pihak lain. Melainkan harus datang dari kesadaran pribadi masing-masing.

Ada banyak perlikau yang dijalani manusia, dan dari banyaknya perilaku tersebut, tak sedikit yang bisa dikategorikan sehat dan masih banyak pula yang masuk dalam golongan tak sehat. Merawat tubuh, membagi waktu, dan peduli terhadap lingkungan adalah bagian-bagian kecil dari banyaknya gaya hidup sehat yang bisa kita tempuh.          Dan selain berolahraga, perawatan tubuh juga bisa dilakukan dengan terapi, dan tak lupa juga menjaga pola makan.

Mengenai pola makan tersebut, ada yang harus dipahami bahwa ada beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi secara segar, dan usahakan untuk meminimalisir proses penghangatan. Beberapa asupan makanan itu antara lain adalah sebagai berikut;

  • Minimalisir Menghangatkan Kentang

Kentang merupakan makanan jenis camilan yang banyak disukai orang-orang zaman sekarang. Sambil ngopi, ngeteh, ataupun menikmati minuman lain, maka camilan kentang goreng yang tersanding akan habis tak berapa lama. bahkan ketika minuman belum datang, kentang juga bisa saja telah raib karena dinikmati sambil menikmati obrolan bersama teman.

[Baca juga: Tahukah Anda, Konsumsi Kentang Tak Selalu Lebih Bagus Dari Nasi?]

Kentang memang merupakan jenis makanan yang memiliki nilai gizi tinggi. Namun hal itu bukan lantas dijadikan alasan untuk tak waspada dalam hal menikmatinya. Karena apabila kentang telah dipanaskan lebih dari satu kali, maka kadar gizi yang menyertainya akan sirna, dan selanjutnya bukan tidak mungkin bakal mengakibatkan masalah pada pencernaan kita.

  • Hindari Memanaskan Telur

Manusia masa kini tentu tak akan asing lagi dengan lauk bernama telur. Ia merupakan asupan yang kaya akan protein dan tentu menjadikan sehat apabila kita konsumsi. Namun disarankan agar menghindarinya untuk memanaskan, baik pada telur rebus ataupun telur goreng. Pasalnya protein yeng terkandung didalamnya memiliki  kecenderungan bakal hancur seketika apabila dihangatkan.  Sehingga bukan tidak mungkin telur yang dipanaskan tersebut akan berubah menjadi racun, sehingga mengganggu kesehatan kita.

[Baca juga: Tahukah Anda, Konsumsi Telur Juga Bisa Menyebabkan Alergi Bagi Si Kecil?]

  • Jangan Keseringan Menghangatkan Ayam

Ayam seolah telah menjadi menu biasa bagi sebagian orang khususnya di perkotaan. Bisa dipahami, karena selain praktis, ayam memang merupakan jenis makanan yang memiliki manfaat lebih bagi kesehatan. Akan tetapi jangan terlalu sering menghangatkan ayam. Pasalnya ayam yang telah dipanaskan dan kemudian dikonsumsi, maka hal itu bisa berdampak buruk, salah satunya adalah perubahan kadar protein murni pada ayam sehingga bisa memicu gangguan pencernaan kita.

  • Jangan Panaskan Bayam

Bayam sangat nikmat  jika kita makan ketika kondisinya masih segar, baik sehabis disayur atau hanya direbus begitu saja. Namun ketika masih tersisa, alangkah baik jika langsung dihabiskan.

Hal tersebut harus dilakukan karena bayam merupakan jenis sayur-sayuran yang tak elok jika harus dimakan setelah dipanaskan. Memakan bayam yang sudah dipanaskan memiliki risiko timbulnya penyakit  kanker, karena dengan dipanaskan itu maka kadar nitrat yang ada di dalamnya bisa dikonversi menjadi nitrat.

  • Hindari Jamur yang Telah Dipanaskan

Jamur kini banyak dinikmati khalayak. Bukan saja sebagai bagian dari sayuran, namun banyak varian lain yang bahannya adalah dari jamur. Contohnya adalah camilan dan juga sate.     Meksi terasa nikmat, namun hindari makan jamur yang telah dipanaskan, karena komposisi protein pada  jamur yang telah dipanaskan bersar kemungkinan juga telah  berubah, dan memiliki efek bahaya bagi tubuh. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] 6 Makanan Ini “Beracun” Jika Dipanaskan Lagi; endonewsia.com, Diakses pada 3 Agustus 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, Diakses pada 3 Agustus 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here