Menulis Menggunakan Pulpen Lebih Menyehatkan Dibanding Mengetik

0
1820
Menulis Menggunakan Pulpen Lebih Menyehatkan Dibanding Mengetik
Menulis Menggunakan Pulpen Lebih Menyehatkan Dibanding Mengetik

MENULIS dengan menggunakan pensil, pulpen, dan sejenisnya saat ini merupakan aktivitas yang bisa dibilang mulai langka karena volumenya sudah tak sebanyak dahulu sebelum orang sering memanfaatkan mesin ketik dan dilanjut dengan komputer.   Hal ini tentu saja bisa dinilai positif, namun sepertinya tak salah juga apabila dianggap sebagai satu hal yang negatif.

Menjadi baik jika dilihat dari perkembangan teknologi karena memberikan manfaat lebih bagi manusia. Namun bisa pula dikatakan berefek kurang baik, pasalnya tak sedikit orang pada akhirnya menjadi merasa “dimanjakan,” sehingga cenderung menjadikannya malas.   Disamping itu, terlepas malas ataupun tidak, pada akhirnya mereka yang lebih sering menggunakan jarinya di atas papan ketik menjadi tak selincah orang yang tetap menggunakan jarinya untuk menulis menggunakan pulpen.

[Baca juga: Menulis Lamaran dengan Baik: Panduan dan Contoh Surat Lamaran Kerja]

Meningkatkan Kreativitas & Sikap Kritis

Meskipun masih belum banyak ahli yang mengamini, namun tak sedikit  yang berpendapat bahwa menulis –di atas kertas– menggunakan pulpen lebih banyak memiliki manfaat. Di antaranya adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis, meningkatkan daya kreatif, menambah kepercayaan diri, dan tentu saja memberikan nilai tambah dalam membaca.

  • Kenapa Bisa Menjadikan Kritis?

Tentang menulis dengan tangan menggunakan pulpen ataupun pensil bisa meningkatkan kemampuan kritis menjadi hal yang bisa dipahami. Pasalnya dalam aktivitas menulis, pola pikir dan pengamatan merupakan beberapa faktor yang harus diperhatikan. Disamping itu, menulis menggunakan pulpen/pensil juga merupakan bagian dari latihan introspeksi alias mawas diri.

  • Tentang Kepercayaan diri

Sementara itu untuk kepercayaan diri, sejatinya tak hanya menulis –menggunakan pulpen/pensil– yang bisa menstimulasinya, karena membaca pun tetap bisa. Hal ini bisa dibuktikan, bahwa mereka yang rajin membaca berkecenderungan memiliki nilai akademis lebih baik dibanding yang tidak, sehingga secara tidak langsung tentu mereka akan lebih memiliki kepercayaan diri.  Yang juga musti dipahami bahwa mereka yang rajin belajar menulis, maka ada bagian otak tertentu yang akan aktif.

[Baca juga: Panduan penulisan dan Contoh Surat Resmi Organisasi]

Seni Menulis

Melihat aktivitas menulis dengan pulpen yang kini jumlahnya sudah tak sebanyak masa lampau, tak pelak menumbuhkan beberapa kalangan untuk mendirikan kursus ataupun pelatihan. Entah hanya sebagai bagian dari promo atau bukan, salah satu elemen yang ditawarkan dari kursus menulis itu kini sudah naik level, yaitu masuk dalam propaganda seni menulis.    Terlepas dari itu semua, tak salah jika kita juga acap mengasah kegiatan menulis ataupun menggambar, sehingga aktivitas jari-jemari pada tangan, baik bagian jari, pergelangan, telapak, dan sekitarnya tak monoton. Selalu ada gerakan dinamis. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Jangan Remehkan Manfaat Menulis dengan Tangan; nationalgeographic.co.id, Diakses pada 4 September 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, Diakses pada 4 September 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here