Inilah Beberapa Penyebab Kulit Rusak

0
1499
Inilah Beberapa Penyebab Kulit Rusak
Inilah Beberapa Penyebab Kulit Rusak

KULIT bersih menjadi dambaan banyak orang, utamanya bagi mereka yang kesehariannya berkepentingan dengan penampilan. Tak peduli berkulit putih, cokelat, kuning, hitam, ataupun ras yang lainnya, mereka yang memiliki profesi artis, sales marketing, public servicer, dan pekerjaan lain yang berkaitan dengannya, tentu tak bisa mengabaikan penampilan, termasuk di dalamnya adalah kebersihan kulit.

Tentang menjaga dan merawat kulit ini, sejatinya telah banyak tips dan trik yang bisa didapatkan dari sekadar membaca di surat kabar atau bahkan dengan berkonsultasi langsung kepada ahlinya. Namun, adakalanya orang hanya peduli pada cara tempuh “menggapai kulit bersih” tersebut, tdan lalu lupa pada hal-hal yang sebenarnya bisa memicu terjadinya ketidak-sehatan kulit itu sendiri.

Lalu apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan kulit itu tak sehat dan bahkan rusak? Berikut adalah di antaranya;

  • Kebiasaan Memangku Laptop

Tahukah Anda bahwa ternyata ada efek samping dari kebiasaan orang yang acapkali memangku laptop dalam durasi yang terlalu sering. Pasalnya akan ada kecenderungan munculnya satu penyakit bernama “Erythema ab igne.”    Yaitu satu bercak merah-merah pada kulit bagian paha –yang sering ditumpangi laptop.   Oleh karenanya minimalisir kegiatan memangku laptop ketika kondisi laptop sedang aktif.

[Selengkapnya sila baca: Tahukah Anda Kebiasaan Meletakkan Laptop Di Atas Paha Menyebabkan Kulit Rusak?]

  • Tanpa Tabir Surya

Bagi mereka yang kulitnya sering terkena pancaran sinar ultraviolet secara lama dan terus-menerus, ada kecenderungan memperoleh noda kecoklatan dan hiperpigmentasi akibat produksi melanin yang berlebih.

Hal itu harus dipahami. Sehingga setelah mampu memahaminya, kita bisa memanfaatkan pelindung sebagai pengurang dari sentuhan langsung sinar. Salah satunya dengan menggunakan tabir surya.

  • Merokok

Kebiasaan merokok bisa pula merusak kondisi kulit. Karena ada banyak kadar kimia dalam rokok yang mengandung racun bakal menguras antioksidan di dalam tubuh, sehingga tubuhpun memiliki kecenderungan memproduksi lebih banyak radikal bebas sebagai perusak sel-sel kulit.

[Baca juga: Puntung Rokok Ternyata Dapat Dimanfaatkan Sebagai Insektisida Nabati]

Pada akhirnya noda-noda dan warna gelap akan semakin merebak sebanding dengan volume rokok yang dikonsumsi.

  • Penggunaan Obat Berlebihan

Jangan sembarang menggunakan produk perawatan kulit, karena adakalanya justru kulit akan menjadi kemerahan selepas  menggunakan produk perawatan kulit. Terlepas apa warna kulitnya, hal ini bisa terjadi disebabkan oleh adanya rona kulit yang berubah.    Keadaan ini dikenal pula dengan nama “Post-inflammatory Hyperpigmentation” atau disingkat PIH.

Demi menghindari terkena PIH, alangkah baiknya jika berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya sebelum Anda menggunakan satu produk perawatan kulit.

  • Kondisi Stres

Ada banyak akibat yang akan diperoleh pada badan manusia tatkala sedang berada dalam kondisi stres. Termasuk salah satunya adalah kondisi terpuruknya kulit.

[Baca juga: Inilah Efek Stress pada Kesehatan Tubuh]

Saat stres, tubuh berkemungkinan menghasilkan hormon pendorong munculnya jerawat dan ruam kulit. Disamping itu, akan ada pula peningkatan radikal bebas di sana. Sehingga disarankan meminimalisir aktovitas yang bisa mengakibatkan datangnya stres.

  • Perawatan Luka

Ada banyak luka yang bisa saja menimpa kita. Baik lecet karena jatuh, teriris benda tajam, dan lain sebagainya. Nah pada kondisi ini, tak jarang butuh perawatan intesif. Karena meski sudah hati-hati, toh adakalanya tetap terdapat bercak dan bekas luka yang cukup mengganggu dan membuat risih di kulit. Oleh karenanya demi mendapatkan hal terbaik, prioritaskan perawatan pada bagian yang mengalami luka itu.

Sumber Rujukan:
[1] Kebiasaan Merokok Sebabkan Bercak Hitam pada Kulit; nationalgeographic.co.id, Diakses pada 8 September 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, Diakses pada 8 September 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here