Bagaimana Cara Menentukan View yang Nyaman Dihuni?

0
1658
Inilah Cara Menentukan View n Pemandangan Nyaman Dihuni
Inilah Cara Menentukan View & Pemandangan Nyaman Dihuni

VIEW atau pemandangan merupakan bagian yang tak bisa diabaikan dalam hal memilih tempat tinggal. Bahkan –terlepas dari banyaknya alasan yang dianggap– saking pentingnya, ada beberapa adat yang mengharuskan rumah tinggal menghadap pada arah yang sama dan seragam.     Bukan tanpa alasan hal itu bisa dengan mudah kita jumpai, karena dengan pemandangan yang sesuai dengan selera tentu kitapun akan memperoleh banyak keuntungan. Pun sebaliknya, ketika harus bertempat-tinggal pada sebuah ruang ataupun gedung yang tak kita sukai pemandangannya, tentu akan menjadi terganggu dan dirugikan karenanya.

Menentukan pemandangan alias view ini, apabila itu adalah rumah tinggal sendiri tentu kita bisa membuatnya senyaman mungkin sesuai selera. Akan tetapi tentu akan berbeda jika harus memilih pada ruang yang sudah jadi, misalnya kamar hotel pun apartemen, atau ruangan perkantoran.

[Baca juga: Perbedaan Hotel, Resort, Villa, Apartement, dan Penginapan Lainnya]

Memilih Lantai Hunian yang Baik

Selagi kamar hunian pada sebuah hotel ataupun apartemen masih banyak yang kosong, maka sejatinya kita bisa memilih sesuai keinginan, baik lantai terbawah atau bahkan lantai paling atas. Keduanya memiliki konsekuensi yang tak jauh berbeda. Sebagai contoh; lantai bawah memiliki jarak yang tak jauh dari lobi utama, dan biasanya juga akan lebih cepat jika hendak ke mana-mana, namun lebih bising. Sebaliknya lantai atas, meskipun termasuk sepi namun risiko saat ada gempa juga tak bisa disepelekan.

  • Bagaimana Jika Memilih Lantai Atas?

Bagi yang hendak mengutamakan “pemandangan,” disarankan untuk memilih lantai delapan ke atas. Karena akan ada panorama yang lebih bisa dinikmati di sana. Sebagai contoh adalah pemandangan  berhias langit biru. Selain itu, akan terasa lebih tenang dan aman, pasalnya jauh dari kebisingan dan lalu-lalang manusia.

Di sebuah hotel berbintang ataupun penginapan mewah, biasanya di bagian lantai atas dilengkapi pula dengan restoran atau minimal lounge. Namun di balik banyaknya kenyamanan itu, bukan berarti tak ada risiko. Pasalnya akan ada beberapa kesulitan bisa dialami. Sebagai contoh jika memiliki barang, maka akan lebih susah membawanya. Begitu pula jika berada dalam situasi darurat; kebakaran, gempa, dan bencana lainnya.

  • Bagaimana Pilihan Lantai Bawah?

Menyimak paparan di atas bukan berarti di lantai bawah tak ada keuntungannya. Karena di lantai bawah sebuah gedung, baik itu hotel, apartemen, rumah susun, atau apapun, kita tetap bisa memperoleh kenyamanan. Misalnya pemandangan yang bisa langsung berhadapan dengan taman dan kolam renang.    Selain cocok bagi mereka yang takut dengan ketinggian, posisi lebih rendah ini juga tepat jika dipilih oleh mereka keluarga muda yang masih memiliki anak-anak kecil, ataupun oleh mereka yang anggota keluarganya adalah orangtua lanjut usia.

[Baca juga: Menghadirkan Taman di dalam Rumah dengan Terarium]

Sebagaimana yang telah disebutkan di awal tadi, kelebihan posisi di lantai bawah antara lain karena posisinya lebih dekat dengan lantai dasar atau akses keluar-masuk. Dengan begitu maka kitapun mendapatkan keuntungan ihwal penghematan waktu jika hendak pergi dan kembali, jika memiliki barang-barang berat serta perkakas besar, kita pun akan lebih dimudahkan membawanya.

Namun begitu, ada yang harus digaris-bawahi dalam pemilihan hunian di lantai bawah ini, yaitu memastikan tata letak; hindari posisinya antara pintu masuk bangunan, tangga darurat, sarana umum, seperti pusat kebugaran dan juga lift. Hal itu tujuannya demi mengurangi tingkat kebisingan yang ada.

Memilih Arah Ruang & Rumah Hunian

Berbicara tentang “pemandangan” tentu tak akan bisa lepas dari arah hadap dari tempat tinggal. Menghadap kolam renang, menghadap lautan, menghadap taman ataupun kebun, dan menghadap pada pemandangan-pemandangan lainnya, menjadi kunci yang menentukan kita dalam memperoleh kenyamanan.

Arah hadap itu bisa diatur sesuai keadaan sekitar. Jika hendak memandang kolam renang, sementara letak kolam renang itu ada di sebelah selatan, tentu arah hadapnya adalah selatan. Akan tetapi jangan lupakan pula juga kesehatan tubuh kita yang akan lebih baik jika terkena pula sinar matahari. Arah timur alangkah baiknya jika tak tertutup, karena akan ada sinar pagi yang menyinari. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Memilih Posisi Apartemen, di Atas atau Bawah?; kompas.com, Diakses pada 9 September 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, Diakses pada 9 September 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here