Bagaimana Merawat Rambut dan Kulit Kepala Secara Alami?

0
1059
Cara Merawat Rambut dan Kulit Kepala Secara Alami
Inilah Cara Merawat Rambut dan Kulit Kepala Secara Alami

RAMBUT menjadi bagian dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi sangat penting, dan oleh karenanya ada banyak jenis rambut di setiap bagian tubuh sesuai fungsi masing-masing. Rambut di bagian kepala tentu tak akan sama dengan jenis rambut di ketiak, begitu pula rambut di bagian kemaluan akan berbeda dengan rambut halus yang tumbuh di seputar jari kaki.

Memanfaatkan Ramuan Tradisional

Dengan kebermanfaatan rambut itu, maka tak salah jika kita pun musti memerhatikan perawatannya agar mendapatkan nilai manfaat yang maksimal. Ada banyak cara guna mendapatkan hasil maksimal tersebut, karena kini produk-produk perawatan –kecantikan telah merebak dan bebas didapatkan di area sekitar kita. Akan tetapi tak sedikit pula orang-orang masa kini yang lebih memilih cara-cara tradisional, yaitu memanfaatkan ramuan dari bahan-bahan alam sekitar kita.

[Baca juga: Faktor Penting Dalam Perawatan Rambut Halus – Waxing]

  • Merang

Bahan tradisional untuk perawatan rambut itu salah satunya adalah air merang yang dimanfaatkan sebagai kondisioner pelembut rambut. Adakalanya air merang ini juga ditambah santan, daun dadap, dan atau jeruk purut.

Caranya silakan ambil merang alias batang pohon padi yang telah mengering secukupnya, kemudian dibakar namun jangan sampai menjadi abu. Sehingga ketika telah menjadi api dengan sempurna, segera padamkan selagi wujudnya masih berwarna hitam arang. Bahan tersebut kemudian diletakkan pada sebuah tempat cekung, misalnya pinggan ataupun ember, lalu tambahkan air.

  • Tambahan Bahan Alami

Dengan bahan merang sejatinya sudah langsung bisa digunakan, yaitu dengan menyaring airnya dan lalu dipakai untuk keramas. Namun bisa pula bahan itu ditambah pula dengan daun dadap, daun (dan buah) jeruk purut, santan, dan lain sebagainya.

Bahkan ada pula yang merasa nyaman dan puas dnegan hasilnya ketika merang yang dipakai untuk keramas itu juga ditambah dengan daun mangkokan, minyak urang-aring, ataupun minyak kelapa.

[Baca juga: Manfaat Air Kelapa Untuk Pengobatan]

  • Lidah Buaya

Selain bahan alami yang di sebutkan di atas, telah lama kita juga mengetahui perawatan rambut dengan memanfaatkan bahan tanaman bernama lidah buaya. Yaitu satu tanaman yang jika bagian ujungnya dipotong maka akan mengeluarkan sejenis lendir. Nah bagian yang menyerupai lendir itulah yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut.

Silakan ambil lidah buaya, kemudian potong bagian yang berlendir, kemudian oleskan pada kulit, dari pangkal hingga ujung rambut. Tunggu dan diamkan dalam waktu tertentu –misalnya satu malam– kemudian silakan bilas sampai bersih pada pagi hari usai tidur.  Manfaat dari lidah buaya bagi rambut ada banyak, di antaranya adalah mencegah dan mengatasi kerontokan, serta menjadikan rambut lebih hitam dan berkilau.

Apa Pewangi Alami Rambut?

Jika telah diketahui bahan alami untuk keramas dan perawatan, lalu pasti akan timbul pertanyaan; apa bahan alami pewanginya?  Menjawab pertanyaan di atas, kita bisa memanfaatkan daun pandan. Ya, jika daun dadap bisa dimanfaatkan sebagai pembuat “busa,” maka daun pandan bisa diambil guna menghasilkan aroma.   Jadi, silakan ambil daun pandan secukupnya, kemudian campur dengan air (hangat) hingga aromanya keluar, selanjutnya oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala dari pangkal hingga ujungnya.

[Baca juga: Tak Kurang Akal, Seorang Gadis Cantik Rela Botaki Rambutnya demi Amal Kanker]

Bahan alami pandan ini termasuk baik digunakan, hanya saja bagi jenis rambut tertentu, ia bisa membuat nampak lebih lepek.     Namun terlepas dari itu semua, baik bahan pewangi pandan dan bahan perawatan alami lainnya, secara umum memiliki risiko kecil, dan bahkan  sangat mungkin diterapkan pada anak-anak kecil guna mendapatkan rambut yang baik dan subur. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Trik Merawat Rambut Secara Alami; tempo.co, Diakses pada 12 September 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com; Diakses pada 12 September 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here