Inilah Efek Buruk Kurang Tidur

0
1141
Tidur Miring dan Menyamping Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

TIDUR merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan ini, karenanya ada saran yang seyogyanya dilakukan demi mendapatkan pola hidup yang sehat.  Yaitu pengaturan waktu antara istirahat (tidur), waktu bekerja, dan waktu santai.

Perihal waktu tidur, ini menjadi penting karena akan ada beberapa efek negatif yang bisa saja bakal muncul apabila tubuh saat kekurangan tidur. Apa saja efek buruk kekurangan tidur itu? Berikut adalah beberapa di antaranya;

Terserang Stroke & Sakit Jantung

Banyak ahli kesehatan memaparkan bahwa bagi mereka yang kekurangan tidur, contohnya hanya tidur kurang dari enam jam dalam waktu satu malam, maka memiliki kecenderungan terkena sakit stroke dan juga serangan jantung. Yaitu dua kali lipatnya orang yang cukup tidur. Selain itu, mereka yang tak cukup tidur juga memiliki risiko gagal jantung lebih dari 1,5 kali lipat. Maka disarankan untuk dengan wkatu cukup, yaitu idealnya  enam hingga delapan jam setiap hari.

[Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Penyakit Jantung Koroner]

Nampak Cepat Tua

Bagi mereka yang kekurangan waktu tidur, akan memiliki risiko “nampak cepat tua,” pasalnya ada beberapa kesegaran tubuh yang akhirnya cepat layu. Sebagai contoh adalah terlihatnya kantung mata, kulit yang keriput, serta raut muka yang nampak lelah. Oleh karenanya, usahakan tidur dengan waktu yang cukup, sehingga penampilan pun tetap terjaga.

Mood Terganggu

Orang yang tidurnya sangat minim waktunya, umumnya memiliki sifat mudah tersinggung karena memang lebih sensitif. Selain itu, bagi mereka yang durasi tidurnya kurang dari lima jam setiap harinya, maka akan mempunyai suasana hati yang buruk. Muncul pula gejala stress, rasa sedih, dan juga ambisi marah.

[Baca juga: Inilah Efek Stress pada Kesehatan Tubuh]

Sistem Imun Lemah

Ini merupakan hal yang sejatinya paling mudah dikenali ketika kita kekurangan tidur. Yaitu ketika bangun pagi dibarengi dengan kondisi pilek ataupun pusing. Pileg dan pusing ini menjadi pertanda kondisi kita sedang lemah, sehingga virus pun akan lebih mudah menyerang dan sistem kekebalan tubuh kita menjadi tak lagi memiliki fungsi kuat dalam menangkal datangnya penyakit.

[Baca juga: Aktivitas Mencuci Piring Sejak Kecil Memiliki Dampak Positif Bagi Kekebalan Tubuh Anak]

Metabolisme Lemah

Kekurangan tidur cenderung memicu kegemukan. Pasalnya dengan kondisi tidur yang minim maka kita akan memiliki nafsu lebih dalam hal konsumsi makanan, padahal ketika hal itu terjadi justru tubuh tidak memiliki kemampuan untuk mencernanya dengan baik. Tak lain karena terjadi efek metabolisme yang menurun.

Gula Darah Tak Imbang

Durasi tidur empat jam sampai dengan enam jam dalam waktu sehari-semalam memiliki kecenderungan mendapatkan masalah dengan toleransi glukosa. Akibatnya akan muncul sakit pra-diabetes dan memiliki risiko menderita sakit diabetes. [uth]
Sumber Rujukan:
[1] Inilah yang Terjadi pada Tubuh Kita saat Kekurangan Tidur; intisari-online.com, Diakses pada 14 September 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, Diakses pada 14 September 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here