Inilah Beberapa Keuntungan Makanan dengan Bungkus Daun Pisang

0
3464
Tumpeng - Inilah Beberapa Manfaat Makanan Berbungkus Daun Pisang
Tumpeng - Inilah Beberapa Manfaat Makanan Berbungkus Daun Pisang

POHON PISANG selain bisa dimanfaatkan buahnya, daunnya juga banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Bahkan pohon (gedebong) pisang yang dahulunya hanya dijadikan sampah dan kompos, saat ini juga telah dimanfaatkan pada industri kerajinan berbahan akar & serat alam. Tas, karpet, tatakan piring (place mate), dan lain sebagainya.

Daun pisang oleh banyak oranng juga dijadikan sebagai sumber penghasilan, yaitu dengan menjualnya di pasar yang nantinya akan dibeli oleh orang dengan bermacam-macam keperluan. Tukang sate, tukang nasi pecel, dan lain-lain, semuanya akan membelanjakan sebagian uangnya pada daun pisang tersebut.

Melihat hal di atas, lalu apa alasan masih banyaknya pedagang yang menggunakan daun pisang dibanding menggunakan kertas yang sebenarnya telah banyak diperjual-belikan itu?   Menjawab pertanyaan ini, ternyata ada banyak alasan yang bisa diuraikan.

[Baca juga: Masker Pisang Pada Kulit Wajah Memiliki Banyak Kelebihan]

Ramah Lingkungan

Daun pisang merupakan bahan alami yang tentu saja lebih ramah lingkungan daripada bahan lain, misalnya kertas, apalagi plastik.    Dan meskipun kertas juga ramah lingkungan karena tak akan mengotori tanah dan tak sulit proses pemmbusukannya, akan tetapi dalam proses produksi ternyata juga memerlukan bahan dari tanaman yang harus dimatikan. Artinya dalam pembuatan kertas pun, apalagi jika produksinya berskala besar, tetap ada lingkungan yang akan dibuatnya tidak ramah.   Begitu pula dengan kemasan berbahan plastik serta styrofoam. Ia menjadi barang yang sama sekali tidak ramah pada lingkungan, pasalnya plastik dan styrofoam susah diurai  oleh tanah, dan kalaupun bisa, hal itu akan membutuhkan waktu lama, puluhan bahkan hingga ratusan tahun lamanya.

Mengamati hal di atas, jika dibanding kertas, plastik atau bahkan styrofoam, daun pisang menjadi kemasan yang paling ramah dan peduli pada lingkungan. Dalam waktu tak lama, ia lebih mudah terurai, bahkan hanya dalam hitungan hari ataupun minggu.

Sehat Alami

Polifenol adalah kadar dalam daun pisang, yaitu antioksidan alami yang serupa pada daun teh hijau, dengan khasiat melawan radikal bebas dan mencegah bermacam-macam penyakit.

Memang tak ada anjuran memakan daun pisang secara langsungdengan alasan susah dicerna tubuh, akan tetapi ketika digunakan untuk membungkus makanan, maka makanan yang dibungkus itu mampu menghisap polifenolnya. Artinya, dari penjabaran ini dapat dicermati bahwa secara tidak langsung kitapun akan bisa mendapatkan khasiat polifenol itu.       Di samping itu, daun pisang juga diyakini  memiliki kadar antibakteri pembunuh kuman dan juga bakteri pada makanan, catatannya tentu daun pisang yang digunakan itu dalam kondisi telah bersih.

[Baca juga: Inilah Beberapa Bagian Rumah Yang Menjadi Sarang Kuman dan Bakteri]

Terjaga Dari Racun Berbahan Kimia

Akan bis amembuktikan tentang lebih terjaga keamanannya bisa dilihat apabila kita mau  memperbandingkannya.     JIka kita menggunakan perangkat makan dari perabotan rumah seperti piring, mangkok, dan lain-lain, yang kesemuanya itu berbahan plastik, melamin atau metal, maka konseksuensinya kita harus mencuci usai menggunakannya.     Nah, dalam hal pencucian yang membutuhkan sabun dan air ini  ta pelak kita juga akan mendapatkan jejak-jejak peninggalan ataupun residu bahan kimia. Pada kondisi ini apabila tak benar-benar dibilas sampai bersih, maka ada kecenderungan memunculkan racun.

Hal di atas tak akan terjadi pada daun pisang, paslanya dalam membersihkan daun pisang sebelum dipakai, hanya memerlukan air tanpa detergen untuk mencucinya, kemudian dikeringkan dengan menggunakan kain lap yang bersih.

Lebih Nikmat

Kenikmatan makan dengan alas/bungkus pisang anyak ditemukan oleh para petani yang sedang emnggarap ladang ataupun sawah-sawahnya. Sejatinya hal itu terjadi bukan sebatas pada rasa lapar dan capek selepas bekerja keras, akan tetapi juga karena daun pisang memiliki lapisan yang menyerupai lilin dengan disertai aroma khasnya.

Oleh karenanya, tatkala sebauh makanan yang masih panas mengepul diletakkan di atas daun pisnag, maka ‘lilin’ tersebut bakal meleleh yang selanjutnya bisa menebarkan aroma khas harum pada asupan makanan. Tak pelak makanan akan secara otomatis menjadi lebih enak dan nikmat.    Jika Anda kurang yakin, silakan memperbandingkan wujud lontong yang dibungkus daun pisang dengan lontong yang dibungkus menggunakan plastik, kemudian rasakan.

Praktis & Higienis

Kepraktisan adalah pola yang banyak dilakukan irang-orang masa kini yang dalam prosesnya tak bisa berlama-lama. Sedangkan higienis merupakan salah satu hal wajib yang harus diterapkan pada lingkungan serta makanan, apabila kita hendak hidup dalam kondisi sehat.

Penggunaan daun pisang sebagai pembungkus ataupun untuk mengemas makanan merupakan langkah yang bisa mencakup kedua hal di atas. Praktis karena bisa menahan air karena keberadaan ‘lilin’nya, di samping itu adalah juga tak membutuhkan waktu lama dan uang banyak untuk mendapatkannya. Sedangkan dikatakan higienis karena dalam membersihkannya cukup menggunakan air alami yang tak harus perlu bahan kimia. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] 4 Manfaat Kesehatan Makan dengan Alas Daun Pisang ; detik.com, Diakses pada 19 September 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, Diakses pada 19 September 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here