YouTube: Situs Menguntungkan Sebagai Penambah Hasil dan Popularitas

0
1207
Inilah Manfaat YouTube Untuk Penghasilan dan Popularitas
Inilah Manfaat YouTube Untuk Penghasilan dan Popularitas

YOU TUBE saat ini menjadi media yang sangat efektif dimanfaatkan bukan saja oleh mereka yang aktif bekerja pada bidang Teknologi Informasi ataupun di bidang multi media. Pasalnya, siapa saja bisa memiliki hak untuk membuat dan lalu mengunggah sebuah video ataupun gambar gerak disertai suara di sana. Caranya hanya tinggal memproduksinya saja, dan lalu membuat akun di youtube ataupun google, kemudian mengunggahnya.   Hal ini bisa jadi tak pernah kita bayangkan, bahkan tiada oemikiran ke arah sana beberapa tahun lalu. Termasuk pada saat pihak perusahaan raksasa dunia bernama Google berani membeli YouTube dengan harga fantastis, yaitu 1,65 miliar dollar AS.

[Baca juga: Cara Menyisipkan (embed) Video Youtube di WordPress]

Uang & Popularitas Bagi Banyak Orang

Tepatnya pada tahun 2006 pihak google membeli YouTube dengan harga sekitar Rp 23,76 triliun, apabila kurs-nya adalah Rp 14.000 per USD.     Saat itu tentu saja dunia kaget, tak sedikit orang terheran-heran. Banyak yang mempertanyakan “Apa alasan Google memutuskan untuk membeli YouTube yang ketika itu masih merupakan satu situs kecil independen dengan usia tak lebih dari satu tahun?”

Baru belakangan inilah jawaban akan pertanyaan di atas bisa didapatkan, Google membuktikan diri bahwa YouTube telah memiliki nama besar di dunia internet yang bukan saja mampu mendatangkan uang & kepopuleran bagi  Google, namun juga bagi sebagian besar penggunanya.

Menjadi Bagian yang Mandiri

Tak berhenti pada uang dan popularitas, karena tanpa banyak yang tahu kenyataannya situs You Tube juga mampu berkembang mandiri sebagai industri yang tak harus bergantung kepada pihak lain, termasuk Google itu sendiri.     YouTube bisa mendatangkan banyak pengguna aktif yang juga mendpaatkan keuntungan darinya.

Mereka para pengguna YouTube yang kemudian akrab dinamakan YouTuber ini memiliki banyak cara untuk mendapatkan keuntungan. Dari segi popularitas daja, mereka bisa memproduksi skill dan kemampuannya, yang kemudian bisa diunggah secara ritin dan berkala. Maka secara tidak langsung orang yang memiliki passion sama, entah sebatas mau menikmati karya, atau justru yang hendak mempelajarinya, semua bisa datang ke situs YouTube dan menikmati hasil unggahan itu.    Dengan ebgitu secara tidak langsung “sang youtuber” juga mendapatkan manfaat semakin dikenal namanya. Keuntungan Branding.

Artinya, dengan adanya wadah yang disediakan YouTube, maka para YouTuber menjadi sangat terbantu untuk unjuk gigi dan menyalurkan bakatnya sebagai passionpreneur.

[Baca juga: Video-Video Populer Indonesia 2014 Versi Google di YouTube Rewind]

Menjadi Sumber Penghasilan

Selain sebagai wadah menyalurkan bakat, sehingga akan terdongkrak popularitasnya serta akan terbuka pula kesempatan dilirik pihak lain, ternyata di YouTube sendiri kita pun tetap bisa mendapatkan keuntungan dalam bentuk uang.

Loh, bagaimana caranya? Bukankah mereka yang melihat situs YouTube juga tak dipungut biaya alias gratis?

  • Monetizing Google-YouTube

Bermodalkan akun google serta video sesuai passion, kita langsung bisa mengunggahnya di situs YouTube. Nah pada langkah ini kita akan diberikan pilihan untuk memonetisasi (monetizing) video itu, tentu kita juga musti memiliki akun monetize.      Dan sekirannya Anda memang menghendaki Youtube ataupun Google menempatkan iklan di dalam video yang diunggah, maka akan ada timbal balik berupa bagi hasil uang dari iklan tersebut. Yaitu 45% untuk pihak Google-YouTube, sedangkan untuk pengunggah adalah sebesar 55 persennya. Keuntungan tersebut akan diperoleh apabila para pengunjung juga melihat klan- iklan yang terpasang.

Secara garis besar iklan pada YouTube itu bisa dibedakan menjadi tiga, yaitu iklan yang muncul pada bagian awal sebelum video, dikenal dengan istilah “In- Stream Ads,” yang kedua ada di bagian pojok kanan atas halaman browser, disebut sebagai “Display Ads”, dan yang ketiga adalah iklan yang letaknya berada di bawah video, acap dijuluki “Overlay Ads.”         Mengenai  perhitungannya, adalah menggunakan sistem Cost Per Mille (CPM), yaitu nilai iklan sebesar 1 dollar AS akan dibayar setiap ada 1.000 view video itu.

  • Celebrity Jobs

Sebagaimana telah di sebutkan pada bagian atas, yaitu mengenai ‘popularitas,’ dewasa ini semakin banyak artis dan selebritis terlahir dari media-media mainstream, salah satunya dari situs You Tube. Bukan saja kelas lokal ataupun nasional, hal ini toh telah terbukti mampu menaikkan popularitas beberapa orang di kancah internasional. Lihat saja Justin Beiber sebagai salah satu contohnya.

Menyimak media fungsi yang efektif dari YouTube ini, maka ada banyak peluang yang bisa diambil dari sana. Proyek- proyek yang sifatnya publik, dari menjadi tukang gambar, tukang bocara, sampai dengan unjuk peran bisa diciptakan di sana.  Bahkan ia juga digunakan sebagai media penyampaian informasi dan berita, yang bukan tidak mungkin akan menjadi rujukan bagi banyak orang sehingga potensi masuknya income juga bisa diperoleh.

[Baca juga: YouTube Newswire: Video Jurnalisme Warga Yang Dikembangkan Google]

  • Brand Deals

Brand Deals adalah keuntungan yang bisa diperoleh dari mengunggah video di YouTube namun sama sekali tak berkaitan dengan situs You Tube itu sendiri. Artinya, pihak pengunggah alias YouTuber berkesempatan mencari tambahan sponsor dari pihak diluar sistem yang dimiliki Google. Besarannya pun variatif, bergantung dari kesepakatan awal.

Brand Deals ini bisa diterapkan idealnya jika YouTuber mempunyai pelanggan alias subscriber dan juga viewer yang jumlahnya sangat banyak. Atau dengan kata lain pengunggah memiliki massa setia yang jumlahnya tak terhingga dalam berkunjung dan kemudian melihat video unggahan.

Demikian mengenai perkembangan dunia digital, khususnya yang berhubungan dengan video dan hasil unggahannya di YouTube. Lebih lanjut mengenai panduan pemasangan iklan-adsense dan cara-cara mendapatkan keuntungan dari YouTube bisa diperoleh dari banyak pihak, dan pihak Google pun sejatinya juga telah memberikan informasi dan aturan tersebut. Jadi, silakan rajin-rajin saja mencari dan mengikutinya. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Dari Mana Asal Duit Para Youtuber?; kompas.com, Diakses pada 20 September 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, Diakses pada 20 September 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here