Inilah Keuntungan Bermain Balok Bagi Anak Kecil

0
1818
wooden blocks - Inilah Keuntungan Bermain Balok Bagi Anak Kecil
wooden blocks - Inilah Keuntungan Bermain Balok Bagi Anak Kecil

PERMAINAN anak saat ini semakin banyak macamnya. Jika dahulu permainan hanya sebatas bisa dilakukan bersama teman, atau kalau tidak ya harus mempersiapkan segala peralatannya sendiri, maka saat ini kita akan dimudahkan dalam hal mendapatkan segala jenis permainan bagi anak.

Dari dunia digital saja telah ada beribu macam games yang bisa dimainkan langsung dan lalu juga diunduh melalui jaringan internet. Belum lagi jenis permainan yang telah diperjual-belikan di seputar lingkungan kita.   Kemudahan dalam hal memperoleh berbagai macam permainan itu, tentu tak akan bisa kita lihat pada masa lampau, dua puluh ataupun tiga puluh tahun lalu.

[Baca juga: Apa Arti Tembang Dolanan & Permainan Jamuran itu?]

Kelebihan dan Kekurangan

Perkembangan teknologi masa kini yang mengalami percepatan dibanding beberapa tahun silam tersebut memang menjadi sebab dari kemajuan mendapatkan jenis permainan bagi anak. Semua tentu ada nilai lebih dan kurangnya.

Apabila zaman dahulu orang masih susah mencarikan jenis permainan bagi anak etrcintanya, dan mereka harus berjuang keras, minimal harus membikinkan jenis mainan dari bahan yang ada di sekitar, maka pada masa kini hal itu tak akan lagi kita jumpai.

Keuntungan masa lampau, tentu saja adalah daya kreativitas yang akan muncul, yang bukan saja dari sang orang tua, namun dari anak juga. Bayangkan saja, ketika anak hendak bermain kuda-kudaan, dan orangtuanya tak ada di rumah, kemudian pernah melihat tetangga membuat kuda-kudaan dari pelepah daun pisang, maka bukan tidak mungkin sang anak akan meniru hal serupa. Mencontoh, mencari ide, bergerak membuat karya, dan kemudian mengembangkan kemampuannya. Ini adalah kelebihan. Sedangkan kekurangannya bisa jadi si anak justru akan terlena pada permainan tanpa mengembangkan pikir pada hal yang sifatnya penuh keseriusan.

Bagi anak masa kini, tentu tak akan bersusah-payah lagi untuk meniru, mencontoh, lalu turun ke kebun untuk membuat permainan, karena memang semuanya sudah serba ada dan disediakan. Akan tetapi daya kreativitasnya tentu masih butuh dipertanyakan, juga gerak tubuhnya tetap perlu dipertimbangkan.

Apa Keuntungan Permainan bagi Anak?

Guna mendapatkan anak sehat, disarankan untuk memberikan permainan kepadanya yang sifatnya juga mampu menggerakkan seluruh bagian tubuh, bukan saja hanya bagian tangan ataupun kakinya. Hal ini bisa saja melihat perbandingan permainan antara gobag sodor orang zaman dahulu dengan permainan games di (play station) komputer pada anak-anak sekarang.

[Baca juga: Tahukah Anda Memuji dan Memperbandingkan Anak Itu Tak Selalu Menjadi Hal Baik?]

Karena permainan tetap dibutuhkan oleh sang anak dengan tujuan guna melatih perkembangan fisik serta otak. Dengan fisik yang lincah dan juga mendapatkan stimulan pada otak yang terjadi karena aktivitas bermain, pada akhirnya akan mampu mengembangkan nyata dalah hidup. Sebagai contoh adalah kemampuan memecahkan masalah, kelancaran dalam berbahasa, mengasah logika, serta aspek-aspek dasar lainnya.

Keuntungan Permainan Balok

Guna memahami keuntungan bermain bagi anak, dari permainan balok saja sejatinya kita akan mendapatkan banyak keuntungan. Dan berikut adalah beberapa keuntungan dari permainan balok yang diterapkan bagi si kecil buah hati kita;

  • Stimulasi Mental

Ketika anak diberikan permainan balok, kemudian ia berusaha membangun dan menyusun balok itu namun justru ketika beberapa kali mencoba malah runtuh, maka iapun akan mulai berpikir untuk menemukan sebuah cara ataupun strategi demi mencegah keruntuhan itu tak terjadi lagi. Tentu pola pikir logis yang berkembang akibat dari permainan semacam ini sangat dibutuhkan, utamanya dalam hal men-stimulasi otak dan mentalnya.

  • Membangun Kreativitas

Sebagaimana telah dipaparkan pada bagian atas tadi, bermain bagi anak kecil sangat memengaruhi kreativitas. Begitu pula dengan permainan balok, ia memiliki kemampuan dalam merangsang pikiran kreatif si kecil, dan juga mampu membangu berpikir logis.

  • Kemampuan Motorik

Bermain dengan menggunakan balok membuat anak etrpancing untuk menyusun sesuai apa yang ada di benaknya. Dalam mengusahakan penyususnan itu, tak pelak  iapun mengusahakan agar penyusunannya tepat dan tak mudah roboh.   Dengan begitu, kita akan bisa melihat manfaat permainan balok ini yang tak lain adalah membantu si kecil dalam hal mengkoordinasi panca inderanya, karena antara mata, tangan, dan otak harus sinkron demi mendapatkan hasil sesuai keinginan.

  • Melatih Kesabaran

Bermain merapikan dan menyusun balok sangat memerlukan satu kesabaran. Pasalnya hal itu hanya bisa dilakukan secara bertahap, satu demi satu. Hal ini memberikan pelajaran pada si kecil untuk tak cepat putus asa, menyadari bahwa hal yang besar harus dimulai dari yang kecil, melakukan sejak dari awal dan terus merunut hingga akhir.

  • Daya Ingat Berbahasa & Berhitung

Dengan permainan balok maka anak secara tak langsung dituntun dalam hal mempelajari bahasa. Hal itu bisa terjadi karena ia secara otomatis akan mengenal dan kemudian menghapal banyak hal mengenai bahasa, di antaranya adalah belajar tentang warna yang ada pada masing-masing balok, bentu balok, serta ukurannya.   Sedangkan mengenai belajar berhitung adalah tatkala si kecil mempelajari “penambahan atau pengurangan” jumlah balok yang dibutuhkan dalam masing-masing permainan.

  • Interaksi Sosial

Seperti bermain pada umumnya, tatkala bersama teman-temannya bermain balok juga bisa melatih sang anak dalam bergaul dan berbagi. Interaksi sosial yang harus diketahui bisa tercipta di sini, baik dalam kebutuhan, ketidakbutuhan, serta toleransi.  Contoh nyatanya, apabila ada kawan yang kekurangan satu balok, maka anak lain pun dituntut untuk bisa berbagi balok yang dibutuhkan itu. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] 6 Keuntungan Permainan Balok untuk Anak; klikdokter.com, Diakses pada 21 September 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, Diakses pada 21 September 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here