Inilah Beberapa Contoh Menu Makanan Untuk Tubuh Sehat & Berat Badan Ideal

0
2291
Contoh Menu Makanan Untuk Tubuh Sehat & Berat Badan Ideal
Menu Makanan Untuk Tubuh Sehat & Berat Badan Ideal

KESEHATAN menjadi hal yang tak bisa diabaikan dalam kehidupan ini, karena dengan badan sehat segala yang kita kehendaki tentu menjadi lebih mudah dan cenderung minim kendala.  Dan berat badan yang berlebih atau dikenal pula dengan sebutan overweight merupakan salah satu contoh yang menjadi hambatan bagi kelancaran hidup tersebut.

Ada dua hal yang banyak diupayakan orang dalam menjaga kondisi berat badan agar tetap ideal, yaitu melakukan kegiatan olahraga secara teratur dan juga rutin menjalankan pola diet. Pertanyaannya, bagaimana pola makan yang baik agar memperoleh badan sehat dengan berat ideal, dan jenis olahraga apa yang berkaitan dengannya?    Di bawah ini adalah sedikit paparan yang bisa diketahui.

[Baca juga: Kenapa Sudah Konsumsi Makan Sangat Banyak Namun Tetap Kurus?]

Menganai Sarapan

Sarapan ataupun makan pagi memiliki sifat penting terhadap metabolisme tubuh kita. Akan tetapi, alih-alih berpola sehat dengan sarapan lantas kita bisa seenaknya sendiri dalam konsumsi makanan. Karena jika berlebihan tentunya hal yang tujuannya menjadi sehat justru akan timbul sebaliknya.

[Baca juga: Ada Banyak Keuntungan Jika Kita Melakukan Rutinitas Sarapan]

Oleh karenanya, alangkah baiknya jika konsumsi makanan pada saat sarapan itu tak usah banyak, namun tetap memilih jenis makanan yang kadar seratnya tinggi, dengan jumlah kalori tak boleh lebih dari 250-300 cal.

Menu Makan Sehat (Breakfast, Lunch, & Dinner)

Agar lebih bisa lebih mudah dimengerti dan dibedakan, berikut adalah beberapa contoh pilihan menu yang bisa dikonsumsi dalam makan pagi, makan siang, ataupun makan malam;

  • Makan Pagi a.k.a Sarapan

Oatmeal
Sila ambil 4 sendok oatmeal dan rebus menggunakan ¼ gelas susu rendah lemak yang ditambah air secukupnya. Bubuhkan pula ¼ sendok teh ekstrak vanila dan 1 sendok teh sirup mapel. Akan lebih nikmat jika diberikan 2 sendok teh kacang walnut yang telah diiris, serta 8 hingga 10 buah ceri.

Roti & Telur
Ini adalah jenis sarapan yang mudah dan murah. Silakan ambil satu iris roti gandum dan kemudian dipanggang, selanjutnya saat menikmati silakan tambahkan pula satu telur rebus serta bubuk lada hitam. Untuk minuman penutupnya, silakan ambil ¼ buah alpukat, ½ buah jeruk, dan segelas jus lemon ataupun jeruk nipis.

Vegetarian
Bagi Anda para vegetarian, silakan sediakan sepotong tahu rebus berukuran sedang, kemudian potong bentuk dadu. Ambil juga 1 buah kentang yang direbus dan diiris. Selain itu sediakan juga tomat, seperempat bawang bombay (diiris tipis-tipis), serta bayam ½ ikat.   Semua bahan tersebut silakan dijadikan satu dalam loyang panas yang telah dibubuhi minyak zaitun secukupnya. Diaduk hingga panas, lalu siap disajikan.

Smoothie Blackberry dan Almond
Sarapan bisa sederhana dengan menyantap Smoothie Blackberry dan Almond. Memang ini adalah jenis makanan yang kebarat-baratan, namun sejatinya ini bisa kita bikin sendiri di rumah. Sila siapkan ½ cangkir yogurt rendah lemak, ½ cangkir susu almond, separoh buah pisang, 80 gram buah balckberry, 2 sendok teh flaxseed, bubuk kayu manis secukupnya, dan 1 sendok teh madu. Semua bahan tersebut selanjutnya dicampurkan jadi satu dan di blender.

  • Makan Siang a.k.a Lunch

Sup Sayur
Untuk makan siang dengan sup sayur, silakan pilih saja satu mangkok sup kacang polong, kemudian sajikan bersama irisan 2 wortel yang dipanggang menggunakan minyak zaitun ataupun extra virgin olive oil. Nikmat juga jika dibumbui dengan satu siung bawang putih, satu sendok teh thyme, dan garam serta merica secukupnya.

Salad Bayam
Makan siang dengan menu salad bayam menjaid kenikmatan tersendiri bagi sebagian orang. Silakan ambil satu ikat bayam, 15 gram walnut panggang, aprikot kering, blue cheese, dan juga potongan-potongan telur rebus.

Tuna Sandwich
Tuna adalah jenis ikan yang cukup nikmat sehingga banyak digemari oleh banyak orang. Di samping itu, tuna juga memiliki kadar gizi tinggi. Untuk mengonsumsinya pada saat makan siang, silakan buat sandwhich menggunakan dua irisan roti gandum, kemudian tambahkan 80 gram tuna kalengan berkemasan air (bukan minyak). Sedangkan untuk jenis bumbunya adalah irisan 15 gram bawang bombay ungu, setengah buah mentimun yang diiris tipis-tipis, serta irisan buah tomat secukupnya.

  • Makan Malam alias Dinner

Pasta dengan Ayam
Untuk menu makan malam yang sehat, salah satu contohnya bisa memilih pasta ayam. Silakan ambil 120 gram ayam panggang yang kemudian ditumis, dan tambahkan juga 300 gram brokoli. Bubuhi dua sendok teh extra virgin olive oil, satu siung bawang putih cincang, setengah sendok teh cabe merah yang telah dicincang, dansetengah sendok teh air jeruk. Sajikan.

Salmon Panggang
Apabila saat makan siang ada menu pilihan berbahan ikan tuna, maka di malam hari juga bisa memilih ikan salmon sebagai menu dinner-nya. Silakan ambil 120 gram ikan salmon dan kemudian letakkan dalam oven panggang. Tambahkan 200 gram asparagus, 1 sendok teh bawang merah yang telah dilembutkan, irisan lemon, dan juga bubuhkan garam serta merica.

Bahan yang telah dibumbui tadi, silakan dipanggang selama 25 menit hingga matang, dan kemudian sajikan bersama setengah mangkok nasi merah, bisa pula ditambahkan menu jamur tumis.

Steak
Jumlah sama dengan di atas, yaitu 120 gram daging steak bisa dipilih. Dan kemudian ambil juga bumbu garam dan merica masing-masing sebaanyak ¼ sendok teh. Dan silakan dipanggang.

Demikian mengenai beberapa contoh pilihan yang bisa dilakukan dalam konsumsi makanan baik saat sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Untuk emndapatkan tubuh sehat dengan berat badan ideal, jangan lupa juga tetap melakukan aktivitas olahraga  sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Menu untuk Berat Badan Ideal Anda; klikdokter.com, Diakses pada 23 September 2015

[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, Diakses pada 23 September 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here