Ragam Teknik Memancing Ikan Belanak

0
8026
teknik mancing belanak
IKan belanak hasil pancingan. Doc: Ibad

Teknik memancing ikan belanak tergolong unik dibandingkan dengan teknik memancing ikan lainnya. Belanak yang dikenal mirip sekali dengan ikan bandeng ini memiliki cara makan yang unik yang mempengaruhi teknik memancing ikan ini. Ikan jenis ini hidup di daerah payau atau pertemuan antara sungai air tawar dan laut.

Memancing belanak memiliki nilai seni pada beberapa sisi, antara lain pembuatan umpan; pembuatan rangkaian pancing; dan teknik menarik kail saat ikan sudah memakan umpan dan terkait dengan pancing. Seni ini yang membuat beberapa pemancing kegilaan untuk mencoba terus memancing ikan ini.

Teknik memancing belanak yang cukup dikenal adalah dengan menggunakan rangkaian beberapa mata kail. Umpan yang digunakan dalam teknik ini adalah olahan tepung, seperti laiknya adonan roti. Beragam teknik memancing ikan ini, seperti dengan menggunakan kombinasi bom umpan dan lumut; memancing dengan rangkaian pancing pada setiap joran yang digunakan; hingga memancing menggunakan botol. Panduan ini saya buat fokus pada pengalaman saya memancing belanak dengan teknik nomor 2.

teknik mancing belanak2
1 pemancing biasanya menggunakan 2-5 joran pancing. Doc: Muhammad Amrun

Mengenali Cara Ikan Belanak MakanĀ 

Ikan belanak makan dengan cara mencuil makanan. Ikan jenis ini tidak secara langsung menelan makanan, seperti pada ikan-ikan predator. Hal inilah yang juga sedikit memengaruhi teknik memancing ikan, terutama pada sisi perangkaian pancing yang digunakan dan ukurannya. Selain itu, ikan belanak adalah ikan yang bergerombol. Pada titik tertentu, ikan ini akan sering memakan umpan, artinya ikan belanak sedang berkumpul. Di lain sisi, ikan belanak tergolong ikan yang penakut, terutama pada ikan-ikan jenis predator. Saat memancing belanak, sangat disarankan untuk tidak bercampur dengan upaya memancing ikan lain, terutama ikan predator. Kedatangan ikan predator akan membuat pancing belanak tidak akan berhasil baik, mengingat ikan belanak menyingkir dari lokasi umpan.

Teknik Memancing Ikan Belanak

Terdapat beragam teknik memancing ikan belanak. Teknik memancing ikan ini lebih kaya lagi di Jogjakarta. Secara umum, tulisan ini hanya akan mengulas beberapa teknik memancing ikan belanak.

Teknik Memancing Belanak dengan Cara “Bandul”

istilah bandul digunakan merujuk pada penggunaan pemberat pada panding. Cara ini menggunakan umpan terigu yang diolah bersama bahan lain dan menjadi adonan pekat. Cara membuat umpan belanak akan dipaparkan pada artikel yang berbeda. Cara ini menggunakan beberapa mata kail secara sekaligus, mulai dari 6-10 mata kail. Penggunaan mata kail ini di Yogyakarta dikenal dengan istilah pancing ombyokan. Umpan akan diletakkan pada kail yang sudah dirangkai. Dengan cara makan belanak yang mencuil makanan, ada kemungkinan ikan akan tersangkut kail saat makan.

Teknik Merangkai Pancing Belanak

Pancing ikan belanan tidak menggunakan mata kail tunggal, melainkan menggunakan beberapa mata kail sekaligus. Mata Kail yang dirangkai berjumlah 5-10 mata kail, tergantung pada kesukaan pemancing itu sendiri. Ukuran mata kail yang digunakan adalah 3-5, dan tergantung jenis merek mata pancing. Setiap mata pancing biasanya berukuran berbeda satu dengan lainnya. Penggunaan

Teknik Memancing Belanak dengan Bom Umpan dan Lumut

Cara ini sedikit kemiripan dengan cara sebelumnya, yaitu penggunaan adonan berbahan dasar terigu. Yang berbeda dari cara ini adalah, adonan hanya digunakan untuk mengumpulkan ikan belanak agar mendekat ke pemancing. Adonan akan dikaitkan dengan joran panjang (biasanya tegek berukuran 6-7 meter). Saat ikan sudah berkumpul, pemancing akan menggunakan pancing tegek kecil dengan kail tunggal. Umpan pada pancing utama ini adalah lumut. Kualitas lumut memengaruhi apakah ikan mau memakan umpan pancing. Kualitas adonan akan menentukan berkumpulnya ikan di sekitar area memancing.

Teknik Memancing Belanak dengan Menggunakan Botol

Teknik ini memang tidak lazim. Saya sendiri belum pernah melakukan menerapkan cara ini. Namun, mengacu pada beberapa video yang ada di jejaring sosial video youtube.com, terdapat pemancing yang menggunakan cara ini. Teknik memancing menggunakan botol pada prinsipnya adalah menjebak ikan. Botol didipotong pada bagian bawah. Tutup botol tidak dihilangkan. Botol diisi dengan air dan diberi tepung terigu, lalu dilemparkan ke dalam air. Ikan akan makan terigu dan terperangkap dalam botol. Perhatikan video berikut ini:

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here