Kebiasaan Makan Pedas Ternyata Menyehatkan dan Mengurangi Risiko Penuaan Dini

0
1115
Makanan Pedas Menyehatkan dan Mencegah Penuaan Dini
Makanan Pedas Menyehatkan dan Mencegah Penuaan Dini

HABIT alias kebiasaan hidup ini ternyata menjadi salah satu faktor yang memengaruhi sehat-tidaknya tubuh, di samping pola makan dan juga aktivitas olahraga. Ada banyak alasan bisa diungkapkan sehubungan dengan pengaruh kebiasaan terhadap keadaan tubuh kita, karena segala aktivitas yang dilakukan secara monoton mau tak mau juga tetap menggerakkan organ.

Lalu kebiasaan apa saja yang memengaruhi tidak sehatnya tubuh kita? Di bawah ini adalah beberapa di antaranya;

[Baca juga: Ragam Masalah Kesehatan Akibat Kekurangan Air]

Menyendiri

Kesendirian memang sangat dibutuhkan, khususnya pada saat kita harus fokus dan konsentrasi terhadap satu hal, baik pekerjaan ataupun urusan pribadi dan atau keluarga.  Hanya saja tak berarti hal itu sah dijadikan alasan guna tetap menyendiri dan lalu membatasi pergaulan dengan pihak lain. Apalagi justru kita berkecenderungan lebih dekat dengan dengan gadget. Hal yang perlu diketahui adalah bahwa manusia ini adalah makhluk dualisme, artinya selain sebagai makhluk individu ia juga merupakan makhluk sosial. Sehingga apabila kemampuan sosialisasi kita tak bagus, alih-alih kemandirian justru bisa jadi kita akan lebih cepat menjadi tua, dan harus meanggung sendiri urusan semuanya.

[Baca juga: Ragam Masalah Kesehatan Akibat Kekurangan Air]

Perjalanan Melelahkan

Ada banyak hal yang membosankan dalam hidup ini. Karena apapun yang awalnya menyenangkan, jika dilakukan secara terus-menerus toh pada akhirnya juga bisa sangat membosankan dan melelahkan.  Lihat saja pada pekerjaan yang memang kita sukai, toh pada satu masa ada saja rasa bosan dan lelah itu.

Begitu pula dengan perjalanan, ketika harus berganti dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum, awalnya bisa jadi akan merasa nikmat menempuh perjalanan dari rumah menuju ke kantor dan sebaliknya, dari kantor menuju rumah, karena bisa istirahat dan tidur di atasnya. Namun tatkala aktivitas itu dilakukan terus-menerus, tentu ada kendala lain yang akan dirasakan, misalnya adalah kemacetan lalu-lintas. Ia bukan saja akan melelahkan fisik kita, akan tetapi juga membuat lelah psikis. Pada akhirnya hal-hal yang melelahkan tersebut sangat berpengaruh pada penurunan aktivitas fisik dan bukan tidak mungkin juga akan memancing tekanan darah tinggi.

[Baca juga: Ragam Masalah Kesehatan Akibat Kekurangan Air]

Konsumsi Makanan Pedas

Setelah diadakan penelitian di Cina terhadap lebih dari 3juta orang dalam waktu tujuh tahun, dipaparkan bahwa mereka yang memiliki kebiasaan konsumsi makanan pedas justru risiko kematiannya sebesar 14%. Nilai ini malah lebih rendah jika harus  dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsi makanan pedas. Sebagaimana yang dipublikasikan dalam British Medical  Journal, hal itu bisa terjadi  karena adanya kandungan dalam cabai bernama capsaicin. Capsaicin ini dikenal dnegan bermacam manfaat, di antaranya adalah sebagai anti hipertensi, anti obesitas, anti kanker, antioksidan, dan anti inflamasi.

Tidur Kurang & Berlebih

Istirahat tidur sangat diperlukan demi menjaga badan tetap sehat, namun bukan berarti memanjakan tidur menjadi hal yang sah dilakukan. Karena baik kekurangan ataupun kelebihan waktu tidur, keduanya merupakan hal yang tak memiliki manfaat bagus bagi badan, di antaranya adalah meningkatkan risiko kematian dini.

Pola tidur yang ideal adalah sepertiga dari 24 jam, oleh karenanya apabila kita memiliki kecenderungan selalu ngantuk, atau bahkan susah tidur sehingga berakibat terlalu banyak merem, atau bahkan kurang istirahat, maka seyogyanya segera konsultasikan kepada dokter ataupun ahli kesehatan terdekat. Segera cari alasan dari kelebihan ataupun kekurangan tidur itu, sehingga selanjutnya bisa diperoleh hasil maksimal dan menyehatkan.

Kebanyakan Duduk

Duduk memang merupakan posisi enak dalam satu kondisi, apalagi ketika dalam bus dan kondisi jalanan sedang macet. Begitupun ketika di tempat kerja, bagi seorang resepsionis di hotel berbintang, duduk adalah kenikmatan yang susah ditemui.

Namun tahukah Anda, menurut satu penelitian yang dipaparkan dalam Annals of Internal Medicine, bahwa waktu menetap dan duduk, baik itu sambil bekerja, menonton televisi, dan aktivitas-aktivitas lainnya, itu semua berkaitan erat dengan risiko kematian dini, di antaranya adalah terjadinya peningkatan risiko penyakit kardiovaskular diabetes tipe 2.

Di samping itu, dari jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, ditemukan pula bahwa waktu yang terlalu sering digunakan untuk duduk juga memiliki risiko terhadap penyakit kanker, khususnya pada kanker payudara invasif dan kanker ovarium pada wanita. Melihat hal ini tentu posisi tubuh dalam berdiri, duduk, dan rebahan juga harus diseimbangkan guna mendapatkan kondisi tubuh yang sehat. [uth]

Sumber Rujukan :
[1] Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bikin Kita Cepat Tua; intisari-online.com, diakses pada 25 September 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 25 September 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here