Inilah Beberapa Contoh Menu Camilan Saat Menjalankan Program Diet

0
1312
Inilah Beberapa Contoh Menu Camilan Saat Program Diet
Inilah Beberapa Contoh Menu Camilan Saat Program Diet

CEMILAN atau ada yang menuliskannya “camilan,” adalah beberapa jenis makanan kecil yang biasa disantap sambil mengerjakan banyak hal, baik di saat sedang sibuk ataupun di kala santai. Sedang sibuk adalah ketika bekerja, sedangkan kala santai bisa saja sambil menonton film, menyaksikan pertunjukan, ataupun menonton pesawat televisi.

Keasyikan menikmati camilan ini memang tiada duanya. Oleh karena itu tak sedikit orang menjadi terlena dalam mengonsumsinya.

Tak Disarankan Bagi yang Sedang Diet?

Bagi mereka yang berat badannya berlebih tentu tak disarankan konsumsi camilan, karena hal itu akan memperburuk keadaan, over-weight salah satunya. Begitu pula bagi mereka yang sedang menjalani diet, ngemil ataupun konsumsi camilan menjadi hal yang diharamkan.

Namun bagaimana dengan sebagian orang yang sedang benar-benar kepingin dan ngidam yang tak bisa ditahan? Dan bagaimana pula dengan kondisi tubuh yang mengharuskan masuk makanan?

[Baca juga: Tak Disarankan Konsumsi Teh Berlebihan Ketika Sahur Puasa dan Diet]

Diet Baik Tak Selalu Harus Lapar

Menjawab pertanyaan di atas, utamanya yang berkaitan dengan program diet, ada satu paparan yang menyatakan bahwa diet yang baik tak berarti harus menyiksa badan dan menjadikan diri kita ini lapar.

Menyikapi hal tersebut, ada yang tak melarang konsumsi camilan meski itu dilakukan oleh mereka yang sedang menjalani program diet, bahkan justru konsumsi camilan sangat dianjurkan.      Hanya saja anjuran itu tak bisa lantas diartikan secara mentah, namun musti mengikuti aturan dan batas-batas kewajaran, misalnya tak diizinkan dalam jumlah yang banyak dan besar. Camilan ini idealnya harus memiliki kandungan kalori di antara 100 hingga 150 cal, dan alangkah baiknya jika diusahakan terdapat kadar serat yang tinggi.

Contoh Cemilan Bagi Orang Diet

Berikut adalah beberapa contoh asupan yang bisa dicamil bagi mereka yang sedang menjalankan program diet, baik berupa makanan ataupun minuman;

  • Setengah mangkok anggur merah bisa disajikan bersama 20 hingga 30 gram keju cheddar atau gouda.
  • 120 gram yogurt berkadar lemak rendah bisa digabungkan dengan setengah mangkok irisan jeruk.
  • Satu buah apel bisa dikonsumsi bersama dengan setengah gelas susu almond.
  • Kombinasikan 30 gram dark chocolate dengan kacang walnut sebanyak 8 hingga 10 buah.
  • Nanas ataupun melon sebanyak satu mangkok bisa juga dikonsumsi bagi yang sedang diet
  • Beberapa keripik tortilla nikmat disantap sambil mengerjakan hal lainnya.
  • Untuk minumannya, silakan bisa ambil satu gelas kopi latte dan juga susu skim ataupun susu soya. Atau bisa pula menikmati setengah cangkir fozen yogurt berkadar lemah rendah yang dikombinasikan dnegan satu cangkir espesso.

Demikian mengenai menu camilan yang masih tetap diperkenankan bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Tentu ukuran-ukuran di atas menjadi ambang yang tak boleh dilampaui, karena jika tetap melebihinya, bukan tidak mungkin diet pun akan mengalami kegagalan. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Pilihan Camilan Sehat; klikdokter.com, diakses pada 26 September 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 26 September 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here