Kulit Pohon Kayu Putih Mengatasi Insomnia Secara Alami

0
2012
Kulit Pohon Kayu Putih Mengatasi Insomnia Secara Alami
Kulit Pohon Kayu Putih Mengatasi Insomnia Secara Alami

KAYU putih menjadi nama yang dekat dan lebih dikenal sebagai sebuah minyak, khususnya minyak gosok. Padahal kalau diamatai lebih lanjut, kayu putih sejatinya merupakan wujud tum buhan yang bisa ditemukan di wilayah nusantara ini.     Dan meskipun areanya bisa dikategorikan tandus, namun kayu putih ini tetap mampu bertumbuh sebagaimana di tempat subur lainnya.

[Baca juga: Inilah Beberapa Khasiat Kayu Manis Bagi Kesehatan]

Apa itu Kayu Putih?

Lebih jauh tentang kayu putih, adalah satu tumbuhan yang memiliki ketinggian rata-rata antara 10 hingga 20 meter.

  • Bentuk Tumbuhan

Berbatang sedang, dan tak terlalu besar, dengan bentuk kulit yang berlapis-lapis dan berwarna putih keabu-abuan. Permukaan dari kulit tanaman kayu putih ini adakalanya terkelupas alamiah dna secara tak beraturan.

Mengenai bentuk daun, di ujung dan pangkalnya adalah runcing dengan panjang berkisar 4,5 hingga 15 centimeter, dan lebar berukuran 0,75 hingga 4 Centimeter. Daun yang memiliki warna hijau kelabu ataupun hijau kecoklatan ini, permukaannya berambut. Nah, apabila dilumat ataupun dimemarkan, aroma daun ini serupa dengan aroma minyak kayu putih sebagaimana yang bisa kita jumpai di toko obat-obatan ataupun warung terdekat.

  • Kadar Pohon & Khasiat

Dalam tumbuhan kayu putih ini ada banyak kandungan yang bermanfaat bagi kehidupan. Di antaranya adalah minyak atsiri, carvacrol, tannin, lignin, dan lain sebagainya.  Kandungan-kandungan tumbuhan kayu putih tersebut memili berbagai manfaat, di antaranya berkhasiat sebagai analgesik, yaitu mengurangi rasa sakit, disinfektan alias membasmi kuman, dan juga ekspektoran, pengobatan pada gangguan tenggorokan.

[Baca juga: Inilah Manfaat Tanaman Mondokaki Bagi Kesehatan]

Multi Guna

Kayu putih kini bisa dijumpai dalam berbagai kemasan bentuk cair. Untuk mendapatkannya pun tak butuh susah-susah memeras sendiri di kebun, karena di toko telah disediakan dengan berbagai merk-nya.    Hal itu bisa dipahami karena keberadaan (minyak) kayu putih ini juga memiliki banyak manfaat dalam keseharian kita. Bukan saja sebagai obat radang ataupun luka, akan tetapi ia juga acap dimanfaatkan untuk mengatasi insomnia alias susah tidur.

  • Radang Kulit

Namun jika memang di seputar kita masih mudah menjumpai pohon kayu putih, tentu pengobatan akan lebih baik jika dilakukan secara alami, Langsung mengambil dari bahannya. Sebagai contoh pada pengobatan radang kulit, kita bisa mengambil daunnya yang segar sebanyak satu genggam, kemudian setelah dicuci bersih silakan direbus menggunakan 3 gelas air, dan tunggu hingga mendidih.    Saat suhunya sudah mulai hangat –dan tidak terlalu panas– ambil air rebusan itu untuk mencuci bagian kulit yang mengalami luka.

  • Insomnia

Untuk mengatasi susah tidur, kita bisa mengambil kulit pohon kayu putih yang kering sebanyak 6 hingga 10 gram, kemudian dipotong sepantasnya. Dan selanjutnya direbus menggunakan 3 gelas air, sisakan sampai 1 gelas saja. Satu gelas air rebusan kulit kayu putih tersebut silakan disaring dan kemudian diminum.

Sumber Rujukan:
[1] Kayu Putih Atasi Insomnia; Koran Cetak Minggu Pagi -Minggu I Oktober 2015, diakses pada 4 Oktober 2015
[2] Gambar ilustrasiu; pixabay.com, diakses pada 4 Oktober 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here