Inilah Beberapa Makanan Penyebab Diare

0
1777
Inilah Dua Kategori Penyebab Penyakit Maag
Inilah Dua Kategori Penyebab Penyakit Maag

DIARE bisa menyerang siapa saja, baik orang tua, dewasa, ataupun anak-anak. Penyebabnya juga beracam-macam, baik karena makanan ataupun sebab kondisi badan yang sedang tak prima.     Selain itu, ada pula penyebab lain yang tak bisa dilupakan, yaitu pengaruh dari faktor lingkungan yang kurang bersih dan higienis. Bayangkan saja jika lingkungannya kotor, sampah berserakan di mana-mana, debu pun beterbangan ke sana ke mari, sedangkan ketersediaan air bersih sudah dipastikan menjadi terbatas.    Dan menjadi keracunan makanan adalah akibat lain dari kondisi lingkungan tersebut.

Mengenai kesehatan, bisa pula terjadi satu infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, ataupun parasit lainnya.

[Baca juga: Inilah Beberapa Gejala Infeksi Virus Hepatitis yang Patut Anda Waspadai]

Gejala Diare

Diare biasanya disertai dengan adanya gejala yang bisa langsung teridentifikasi, di antaranya adalah timbulnya rasa mual dan juga terjadi muntah. Gejala ini selain karena keracunan, besar kemungkinan disebabkan pula oleh infeksi. Bahkan infeksi bakteri ataupun parasit biasanya juga menjadikan kita sering buang air besar disertai darah dan juga datangnya rasa demam.

Makanan Penyebab Diare

Guna mengatasi diare tersebut, tentu disarankan kita untuk selalu mengatur pola makan, dan juga menjaga kebersihan. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa menyebabkan diare, khususnya bagi mereka yang masih usia kanak-kanak.

  • Produk Susu

Produk susu memang menjaid pengganti ASI yang sering diandalkan oleh beberapa orangtua terhadap anak-anaknya. Hal ini memang bukan satu kesalahan, namun tetap dibutuhkan kehati-hatian. Karena jika tidak, bukan tidak mungkin anak pun akan terserang diare akibat konsumsi susu yang tidak cocok.

  • Kol, Brokoli, & Serat Tinggi

Kol, brokoli, ataupun jenis sayuran lain berkadar serat tinggi memang disarankan untuk dikonsumsi, namun jangan berlebihan. Karena ternyata jenis makanan ini juga memiliki efek samping, yaitu bisa menimbulkan sakit diare.

  • Permen Karet

Mengunyah permen karet memang menjadi kebiasaan banyak orang. Selain dilakukan oleh mereka yang sering olah raga, kebiasaan ini juga digemari beberapa anak-anak. Namun tahukah Anda, kenyataannya konsumsi permen karet secara berlebihan juga bisa menyebabkan diare karena ia bebas gula dan juga memiliki kadar sorbitol.

  • Buah Jeruk

Jeruk menjadi salah satu buah yang memiliki vitamin C kadar tinggi. Oleh karenanya jeruk juga disarankan untuk dikonsumsi, baik pada orang dewasa ataupun anak kecil. Hanya saja butuh kewaspadaan dalam mengonsumsinya, karena mesikpun kaya serat iapun bisa menimbulkan sakit perut bahkan hingga mengalami diare. Hal ini terjadi karena jeruk juga mengandung kadar asam yang tinggi.

[Baca juga: Bekamine 10: Multivitamin Indonesia yang Telah Diproduksi Sejak Masa Kemerdekaan]

  • Kacang-Kacangan

Tubuh manusia yang tidak mempunyai enzim pemecah zat gula sangat rentan terhadap diare, khususnya saat mengonsumsi kacang-kacangan yang merupakan makanan berkadar gula. Jika berkelanjutan bahkan hal ini mampu menyebabkan kram.  Oleh karenanya musti waspada ketika harus memakan kacang-kacangan.

Di atas baru beberapa asupan makanan saja, karena sejatinya ada banyak asupan yang apabila tak dikendalikan bisa menimbulkan serangan diare bagi tubuh kita. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] 6 Makanan Penyebab Anak Diare, klikdokter.com, diakses pada 5 OKtober 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 5 OKtober 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here