Inilah Cara Mengendalikan Hama Siput Pada Aquascape

1
12048
Jenis hama yang paling sering menyerang ekosistem aquascape adalah hama siput

HAMA selalu menjadi masalah bagi banyak orang, oleh karenanya demi mengatasi beragam jenis hama tersebut dibutuhkan cara-cara berbeda.     Fenomena tentang hama itu ternyata tak hanya sebatas dalam sistem pertanian, karena gangguan hama juga dialami oleh para penggemar aquascape.

Hama dalam aquascape sering kali merusak tanaman yang ada dalam ekosistem air. Hal ini tentu saja sangat menjengkelkan, desain ekosistem dengan beragam tanaman yang dibuat dengan susah payah harus rusak karena serangan hama.   Jenis hama yang menyerang ekosistem aquascape pun sejatinya ada berbagai macam, namun yang paling sering adalah hama siput yang bisa secara tiba-tiba muncul dan berkembangbiak cepat hingga sulit untuk dikendalikan.

[Baca juga: Mengendalikan Hama Ulat dan Belalang Menggunakan Pestisida Nabati]

Hama Siput

Hama siput yang muncul dalam aquascape bisa berasal dari air yang digunakan, atau juga berasal dari tanaman yang digunakan dalam ekosistem aquascape. Meski awalnya tidak terlihat, air atau tanaman yang digunakan dalam aquascape kadang membawa telur siput dari tempat asalnya.  Dan apabila ini dibiarkan, tak pelak hama siput dalam aquascape akan berkembangbiak dengan cepat dan akan merusak tanaman yang ada. Beberapa jenis tanaman yang digunakan dalam aquascape akan rusak, bahkan mati karena serangan siput yang berbentuk kecil ini.

Bentuknya yang kecil dan tempat hidupnya yang berada di sela-sela tanaman atau unsur pendukung ekosistem air lainnya, menjadikan hama siput sangat sulit dibuang jika hanya mengambilnya dengan tangan. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengendalikan hama siput dalam aquascape, di antaranya adalah sebagai berikut.

Memasang Predator

Dalam ekosistem alam dikenal adanya rantai makanan, setiap makhluk hidup pasti memiliki pemangsa. Memasukkan pemangsa hama siput dalam ekosistem aquascape adalah satu cara untuk mengendalikan perkembangbiakan hama siput. Contoh pemangsa hama siput itu adalah keong assasin, yaitu jenis keong yang memiliki cangkang berbentuk kerucut dan berwarna belang.

Bagi para penggemari aquascape, keong assasin juga sering disebut sebagai keong predator. Keong assasin mampu dengan cepat membasmi hama siput, keong assasin akan memakan isi cangkang dari hama siput yang ditemuinya. Jika keong assasin sudah mulai memakan hama siput, kita akan menemukan banyak cangkang siput yang tergeletak kosong di dalam aquascape. Dengan sendirinya populasi hama siput akan berkurang, bahkan hilang dengan sendirinya tanpa kita bersusah payah untuk membuangnya satu-satu.

[Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih?]

Memasang Perangkap

Selain menggunakan keong assasin untuk mengendalikan perkembangbiakan hama siput, anda juga bisa membuat perangkap untuk membuang hama siput dari dalam aquascape. Perangkap yang digunakan cukup sederhana dan mudah dibuat, anda cukup mennggunakan wadah berupa botol atau wadah lain seperti piring dan mangkuk.

  • Menggunakan Botol

Jika menggunakan botol, masukkan pakan ikan atau irisan mentimun ke dalam botol yang telah disediakan. Botol yang berisi pakan atau mentimun kemudian dimasukkan ke dalam aquascape dan ditempatkan dekat dengan populasi hama siput. Usahakan pakan atau irisan mentimun yang ada di dalamnya tidak keluar saat dimasukkan ke dalam air. Biarkan botol tersebut selama satu malam, keesokan harinya anda akan menjumpai banyak hama siput yang masuk ke dalam botol, anda hanya tinggal mengambilnya dan membuangnya keluar dari aquascape.

  • Menggunakan Piring atau Mangkuk

Dan apabila Anda menggunakan piring atau mangkuk, masukkan piring atau mangkuk dalam posisi terbalik ke dalam aquascape. Kemudian letakkan pakan ikan atau irisan mentimun pada bagian bawahnya, dengan begitu posisi pakan ikan atau mentimun akan berada di bawah piring atau mangkuk yang terbalik. Biarkan semalaman, keesokan harinya anda akan menemukan banyak hama siput yang menempel pada piring atau mangkuk yang digunakan. Anda hanya tinggal mengambilnya dan membuangnya keluar dari aquascape.

Meski hama siput dalam aquascape bisa dikendalikan, namun akan lebih baik jika kita melakukan pencegahan hama ini masuk ke dalam aquascape. Potensi telur hama siput paling banyak ditemukan menempel pada tanaman air yang kita beli, karena itu sebelum memasukkan tanaman pada aquascape lebih baik mencucinya dengan air bersih. Hal ini akan mampu mengurangi potensi munculnya hama siput di dalam aquascape.

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here