Inilah Manfaat Pandan Wangi Untuk Perawatan & Kesehatan

0
2176
Inilah Manfaat Pandan Wangi Untuk Perawatan & Kesehatan
Manfaat Pandan Wangi Untuk Perawatan & Kesehatan

PANDAN wangi dalam bahasa latinnya adalah pandanus amaryllifolius Roxb adalah jenis tanaman yang bisa dengan mudah ditemukan di seputar kita, khususnya pada pekarangan yang lembab dan banyak airnya. Bisa di rawa-rawa, pinggir selokan, atau di seputar area kamar mandi kita.

Tak seperti beberapa tahun lampau, pandan wangi yang awalnya banyak tumbuh liar tersebut pada akhirnya kini banyak ditanam dengan sengaja oleh orang-orang yang telah tahu manfaatnya. Tentu tak jauh dari pekarangan rumah kita. Lalu apa saja manfaat dari tanaman pandan wangi tersebut?

[Baca juga: Syarat Tumbuh Tanaman Hias dalam Ruangan]

Bahan Pewangi dan Pewarna

Tak sedikit orang pada akhirnya jatuh hati pada tanaman pandan wangi. Tak lain karena mereka bisa memanfaatkannya dalam berbagai keperluan. Di antaranya adalah sebagai bahan pewangi untuk makanan ataupun minuman, aromanya cukup khas dan menggugah selera.

Bukan satu atau dua jenis makanan saja yang bisa dipadukan dengan bahan pandan wangi ini, namun sejatinya ada banyak. yang paling sepele adalah bagian daunnya yang acap digunakan sebagai pewangi nasi, yaitu ditaruh pada beras ketika sedang ditanak agar menjadi nasi.

Perawatan Rambut

Kali ini bukan hendak membahas tentang manfaat dari pandan wangi ini terhadap makanan, karena ternyata pandan wangi juga sangat berguna dan berkhasiat bagi rambut kita.  Di antaranya adalah mengatasi rambut rontok, memperhitam dan memperkilau warnanya, menghilangkan ketombe, dan mengurangi rasa gatal.

[Baca juga: Bagaimana Merawat Rambut dan Kulit Kepala Secara Alami?]

  • Perawatan Rambut Rontok

Silakan ambil daun pandan wangi secukupnya beserta sedikit air, kedua bahan itu dicampur lalu dihaluskan, misalnya dengan cara ditumbuk ataupun dengan menggunakan mixer layaknya membuat juice.

Ketika telah jadi adonannya, silakan oleskan daun pandan tersebut ke rambut, selanjutnya diamkan hingga kurang-lebih dua jam lamanya, jangan lupa bilas dan bersihkan. Lakukan secara rutin dan berkala, serta  usahakan mengambil waktunya pada pagi hari.

  • Menghitamkan Rambut

Ambil daun pandan wangi sebanyak tujuh helai, siapkan juga satu liter air. Ketujuh daun pandan tersebut kemudian dibersihkan, dan lalu potong kecil-kecil, selanjutnya direbus dalam air yang telah tersedia.  Sediakan pula tiga buah mengkudu yang sudah masak.

Untuk penggunaannya, silakan embunkan air rebusan daun pandan yang warnanya hijau tadi selama semalam. Bisa dengan cara ditaruh di atas atap, di atas pohon, atau di tempat-tempat lain yang memiliki kecenderungan terjadi pengembunan.

Air pandan yang telah diembunkan tadi kemudian ditambah lagi dengan air perasan dari tiga buah mengkudu masak. Lalu gunakan ramuannya untuk keramas secara rutin, idealnya tiga kali dalam waktu satu minggunya.

  • Menghilangkan Ketombe

Untuk manfaat menghilangkan ketombe, silakan ambil daun pandan wangi sebanyak 10 helai, kemudian ditumbuk hingga benar-benar halus. Serupa dengan perawatan rambut rontok, silakan tambahkan sedikit air pada tumbukan daun tersebut, lalu oleskan pada rambut Anda secara rutin.

Praktekkan cara ini sebelum melakukan kramas, dan diamkan untuk beberapa saat lamanya, kemudian cuci sampai bersih dan dilanjutkan keramas.

Daun Pandan untuk Pengobatan

Manfaat daun pandan lainnya adalah juga sebagai pengobatan lemah saraf, penambah nafsu makan, dan juga menurunkan tekanan darah tiinggi.

[Baca juga: Tahukah Anda, Daun Kacapiring Bisa Mengobati Diabetes?]

  • Mengobati Lemah Saraf

Untuk lemah saraf caranya hampir sama dengan treatment menghitamkan rambut. Ambil tiga lembar daun pandan wangi dan lalu dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil, kemudian direbus menggunakan tiga gelas air, diamkan hingga airnya tersisa dua gelas. Setelah dingin, silakan saring dan ambil airnya, selanjutnya diminum secara rutin air pandan rebus tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu tiap pagi dan sore.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Untuk tekanan darah tinggi sila sediakan daun pandan wangi secukupnya, kemudian rebus menggunakan air sebanyak 3 gelas dan lalu diamkan hingga tersisa dua gelas. Saring airnya, silakan konsumsi air rebusan daun pandan itu sebanyak dua kali dalam sehari.

[Baca juga: Hipertensi pada Masa Kehamilan, Berbahayakah?]

Menambah Nafsu Makan

Selain untuk perawatan kesehatan dan pengobatan, manfaat daun pandan wangi lainnya adalah untuk stimulant, yaitu sebagai bahan  pemacu nafsu makan. Ini tentu sangat cocok bagi Anda yang ogah-ogahan konsumsi makanan, misalnya karena terlalu letih dan capek akibat tumpukan pekerjaan.

Silakan ambil dua lembar daun pandan  wangi, kemudian cuci sampai bersih, dan potong kecil-kecil, serta rebus menggunakan 3 gelas air, diamkan hingga tinggal menyisakan 1,5 gelasnyar. Saring dan minum airnya dua kali dalam sehari, bisa pagi dan sore, ataupun siang dan malam.

Hal yang musti diperhatikan dari tanaman pandan ini, berbeda sekali dengan wujud tumbuhan pandan berduri, karena memang pandan memiliki beberapa jenis. Hanya saja yang acap dijumpai adalah pandan wangi untuk makanan, dan pandan duri yang biasanya dipakai sebagai bahan kerajinan akar alam. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Manfaat Pandan untuk Rambut dan Kesehatan; Koran Cetak Minggu Pagi -Jogja, Minggu V Juli 2015, diakses pada 6 Oktober 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 6 Oktober 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here