Batu Sungai Dareh: Batu Giok Sumatera Berkualitas Giok Cina

0
2681
Batu Giok Sungai Dareh - Sumatera
Batu Giok Sungai Dareh - Sumatera

SUNGAI dareh adalah salah satu nama dari batu mulia yang juga tak asing lagi bagi sebagian penggemar ataupun kolektor batu. Ialah batu yang khas dan dikenal berasal dari kabupaten Dharmasraya – Sumatera Barat, yang sejak tahun 70-an naik pamor dengan berbagai macam julukan; giok kendi, batu lumut, dan juga batu lumuik.

Bukan saja di kalangan bawah dan menengah, namun kenyataannya orang-orang yang memiliki jabatan serta kedudukan juga menggemari batu mulia jenis sungai dareh ini.

Populer karena Obama

Keterkenalan batu akik sungai dareh mulai naik daun secara drastis adalah semenjak terdengar kabar bahwa Presiden Amerika Serikat, barack Obama juga turut mengenakan batu cincin tersebut pada jari tangannya.

Seiring kabar itu, maka tak sedikit orang, baik kolektor pun penggemar batu dari berbagai negeri mulai memburunya. Tak pelak batu yang memiliki ciri khas warna hijau itu semakin tinggi popularitasnya. Dan penampilan Obama pun diikuti oleh para pejabat di negeri kita.

[Baca juga: Batu Kalimaya: Warna, Jenis dan Beragam Fakta Terkait]

Serupa Giok Cina & Jade Korea

Layaknya giok dengan beragam kandungan mineralnya, fisik batu sungai dareh juga memiliki struktur pembentuk serupa. Corak dan warna merupakan keunggulan dari batu ini. Sedangkan mengenai kekerasannya,  ia berkualitas internasional, karena kekerasannya berskala hingga 7 mohs, serupa tingkat kekerasan batu giok cina dan juga jade di Korea.

Giok Kandi

Pada tahun 70-an masyarakat tempat ditemukannya batu sungai dareh menyebut jenis batu ini dengan nama batu kandi, alasannya karena saat pertama kali ditemukan berada di seputar Sungai Kandi dan Bukit Puti Bungsu Solok. Namun pada akhirnya dikenal dengan nama sungai dareh tak lain karena masyarakat juga menganggap bahwa cikal bakal batu ini memang dari daerah Sungai Dareh yang seiring waktu terbawa arus sungai hingga ke Sungai Kandi.

Warna & Motif Menarik

Batu yang tembus cahaya dan berjenis idocrase ini secara umum bisa dibilang berwarna dominan hijau layaknya giok lain, namun mempunyai karakteristik khas. Dan dengan latar belakang keunikannya tersebut, ternyata ada tiga motif yang sering diburu para penggemar dan kolektor, yaitu motif kembang jati, motif pucuk pisang, serta motif badai salju.

[Baca juga: Apa Batu Mulia Giok Sojol itu?]

Dari motif-motif tersebut pula maka menjadikan batu giok Sumatera ini kualitasnya tak jauh berbeda dengan jenis giok Cina. Ditambah lagi terdapatnya motif serat yang mampu menjadi penambah keunikan dan mempercantik penampilannya. [uth]

Sumber Rujukan :
[1] Batu Sungai dareh Diburu Pejabat; Koran cetak Minggu Pagi, Minggu V Juli 2015, diakses pada 9 Oktober 2015
[2] Gambar ilustrasi; screen shoot dari YouTube yang diunggah oleh koleksibatu, diakses pada 9 Oktober 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here