Khasiat Tanaman Bungur Kecil Untuk Pengobatan

0
3030
Khasiat Tanaman Bungur Kecil Untuk Pengobatan
Inilah Khasiat Tanaman Bungur Kecil Untuk Pengobatan

BUNGUR kecil adalah satu jenis tumbuhan yang ditengarai awalnya berasal dari Asia Timur, yaitu antara Cina, Korea, ataupun Jepang. Namun kini tanaman bernama latin Lagerstroemia indica L ini telah merebak di area tropis seputar kita, Indonesia. Bahkan karena keindahannya bunganya, tak sedikit pula yang menggunakannya sebagai tanaman hias di pelataran ataupun sekadar tanaman pagar.

Apa itu Bungur Kecil?

Tumbuhan perdu yang memiliki ukuran tinggi antara 2 hingga 7 meter ini pada umumnya berkembang biak dengan subur pada ketinggian 700 mdpl, dengan bentuk batang kayu bercabang banyak dan kulit pohon berwarna coklat, halus dan agak berkilap.

  • Bentuk Daun

Tanaman bungur kecil ini memiliki daun tunggal, tangkai pendek, dan tumbuh berseling. Bentuknya elips ataupun memanjang berukuran 2 hingga 7 cm dan lebar 1 sampai dengan 4 cm. Ujung daun tumpul namun sedikit bertaring, sedangkan pada tepinya rata dengan warna hijau tua.

[Baca juga: Daun Jawer Kotok Memiliki Khasiat Mengobati Beberapa Penyakit]

  • Bunga

Tanaman yang berbunga sepanjang tahun ini memiliki bunga majemuk bentuk malai yang tumbuh berkelompok pada ujung batang ataupun keluar dari ketiak daun, dengan ukuran panjangnya adalah 10 hingga 50 cm. Warna bunga tersebut adalah perpaduan antara putih, lembayung, ungu, ataupun merah muda, dan berbentuk gelombang pada pinggir daun mahkotanya.Untuk permukaan tangkai bunga ada yang konturnya licin namun ada juga yang berbulu.

Sifat Kimia dan Efeknya

Meski bungur kecil memiliki rasa agak pahit, namun ia mempunyai banyak khasiat sebagai obat. Ini bisa dipahami karena bunga, daun, dan kulitnya bersifat purgatif alias pencahar.

Kandungan kimianya antara lain adalah lagerine, decinine, decamine, decodine, lagerstroemine, dihydroverticillatine.

Tanaman Obat

Selain dinikmati sebagai tanaman hias dan atau pagar di pinggir jalan depan rumah, bungur kecil juga merupakan tumbuhan obat. Karena ia bisa dimanfaatkan pula sebagai bahan terapi beberapa penyakit, di antaranya adalah radang payudara (mastitis), sakit kuning, disentri, batuk darah, campak, dan masih banyak lagi.

[Baca juga: Inilah Beberapa Khasiat Kayu Manis Bagi Kesehatan]

  • Obat Radang Payudara

Untuk pengobatan radang payudara, silakan ambil daun bungur kecil secukupnya dan lalu bersihkan serta tumbuk hingga halus, kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.

  • Obat Campak

Untuk sakit campak bisa disediakan 500 gram tanaman bungur kecil, lalu silakan direbus menggunakan air secukupnya, dan air rebusan tersebut digunakan untuk mencuci bagian kulit yang terkena campak. Lakukan secara rutin dan berkala.

  • Obat Bisul (Furunculus)

Sebagai obat sakit bisul ataupun koreng, silakan ambil akar dan bunga bungur kecil, kemudian dikeringkandan digiling sampai wujudnya seperti bubuk. Siram bubuk tersebut dengan arak putih secukupnya hingga bentuknya menyerupai bubur kental. Untuk penggunaannya, silakan tempelkan adonan itu pada bagian yang sedang sakit.

[Baca juga: Tahukah Anda Kebiasaan Meletakkan Laptop Di Atas Paha Menyebabkan Kulit Rusak?]

  • Sakit Ekzim (Ekzema)

Eksim alias ekzema bisa diminimalisir dengan mengambil akar ataupun daun bungur kecil secukupnya dan lalu bersihkan. Setelah itu silakan rebus menggunakan air secukupnya, dan selannjutnya gunakan air rebusan itu untuk mencuci bagian yang mengalami sakit.

  • Disentri

Bagi yang sedang sakit disentri, silakan ambil 30 gram daun ataupun akar pohon bungur kecil, sediakan pula 15 gram patikan kebo (Euphorbia hirta L.), lalu silakan rebus menggunakan air sebanyak 400 cc, dan sisakan hingga 200 cc. Saring airnya, kemudian silakan diminum.

  • Sakit Kuning & Hepatitis

Untuk sakit kuning dan hepatitis, sediakan daun dan juga akar tanaman bungur kecil, keduanya masing-masing sebanyak 15 gram. Campurkan ke dalam kkwali ataupun panci, dan tambahkan dengan 500 cc air dan lalu rebus hingga tersisa 250 cc. Air rebusan itu silakan disaring, selanjutnya silakan juga airnya diminum.

  • Batuk Darah, Muntah Darah & Berak-Berak

Hemoptysis ataupun batuk darah, hematemesis alias muntah darah, dan juga buang air besar disertai darah memang merupakan hal yang tak bisa disepelekan, oleh karenanya dibutuhkan tindakan cepat. Nah, sebagai bagian dari tindakan pertama, Anda bisa juga memanfaatkan tanaman bungur kecil ini.

Sediakan sebanyak 30 gram akar bungur kecil, kemudian direbus menggunakan air sebanyak 200 cc, dan sisakan hingga 80 cc. Selanjutnya saring air rebus tersebut, setelah itu silakan minum airnya sebanyak 40 cc, lakukan dua kali dalam sehari. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Manfaat Tanaman Bungur Kecil; khasiattumbuhan.com, diakses pada 10 Oktober 2015
[2] Gambar ilustrasi; tengkutya.pun.bz, diakses pada 10 Oktober 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here