Inilah Beberapa Tips Mandi Sehat

0
1676
Inilah beberapa Tips Mandi Sehat
Inilah beberapa Tips Mandi Sehat

MANDI merupakan aktivitas yang hukumnya wajib bagi mereka yang sehat dan hendak berkondisi sehat terus. Dikatakan aktivitas sehat karena ada sebagian orang yang sedang sakit tak diharuskan untuk mandi, sedangkan dibilang “hendak berkondisi sehat terus” karena dengan mandi tentu saja tubuh ini cenderung lebih bersih dan dijauhkan dari kuman serta bakteri pengganggu yang bisa menimbulkan penyakit.

Memang ada beberapa orang tak mengharuskan dirinya mandi. Lihat saja beberapa orang manca yang menginap di hotel, adakalanya pada pagi hari usai bangun tidur tak langsung melakukan aktivitas mandi, bahkan hingga sore harinya. Namun tidak begitu halnya yang disarankan oleh para ahli kesehatan di negeri ini, negeri dengan iklim tropis akan tetapi kelembapannya tinggi ini.

[Baca juga: Tata Cara Tayammum Sebagai Pengganti Wudhu dan Mandi]

Mandi Teratur Menciptakan Kenyamanan

Iklim dan cuaca bumi nusantara yang hangat dengan kelembapan tingkat tinggi menuntut kita untuk beraktifitas mandi secara teratur, yaitu disarankan dua kali dalam sehari. Selain menjaga kebersihan tubuh, alasan lainnya adalah karena mampu membuat kita merasa nyaman dan segar, menjadikan kita rapi dan wangi sehingga orang-orang yang ada diseputar kita juga akan merasa lebih nyaman.        Tak berhenti pada teraturnya aktivitas mandi, karena dalam mempraktekannya ternyata tak sedikit orang masih keliru. Padahal jika tetap diabaikan, bukan tidak mungkin kekeliruan mandi itu justru akan mengganggu kesehatan (kulit) kita.

Tips Mandi Sehat

Lalu bagaimana agar mandi tetap mendapatkan manfaat sehat dan bukan sebaliknya, mengganggu kesehatan? Di bawah ini adalah beberapa saran yang bisa dilakukan.

  • Jangan Terlalu Lama Menggunakan Air Panas

Apabila suhu udara sedang dingin, tentu ada keinginan kita untuk mandi menggunakan air panas (hangat). Begitupun ketika sedang menginap di hotel ataupun model penginapan lain, karena disediakan air panas maka seolah hendak memanjakan diri, kitapun acap memanfaatkan air panas tersebut.        Tahukah Anda, bahwa kenyataannya mandi dengan menggunakan air panas terlalu lama justru bisa menyebabkan lapisan minyak alami pada kulit kita ini menghilang, sehingga jika tetap tak dihiraukan bukan tidak mungkin kulitpun akan menjadi kering.

Tips yang bisa dilakukan menyikapi hal ini adalah; Silakan tetap menggunakanlah air hangat suam-suam kuku, namun usahakan jangan mandi terlalu lama. Tujuannya tak lain adalah demi menjaga kelembapan kulit sehingga kondisi kulit kering pun bisa terhindar.

[Baca juga: Kenapa Kulit Telapak Kaki Mengalami Pecah-Pecah?]

  • Hati-hati dalam Menggunakan Scrub atau Loofah

Bagi sebagian orang, menggunakan scrub ataupun loofah mampu membuatnya merasa lebih bersih dan segar. Namun mohon hati-hati, karena dengan menggosoknya terlalu kuat, hal itu justru bisa berkemungkinan menimbulkan iritasi dan juga hilangnya lapisan pelindung kulit.

Oleh karenanya, minimalisir penggunaan scrub ataupun loofah itu, gantikan dengan tangan ataupun kain lembut dan kemudian berikan sabun padanya. Selanjutnya dalam membersihkan tubuh, silakan lakukan secara lembut dan pelan-pelan.       Atau sekiranya memang terpaksanya harus menggunakan kain, silakan pilih kain yang lembut, dan lakukan secara rutin, serta jangan lupa sering dicuci dan diganti.

  • Tetap Gunakan Sabun

Meski terasa dingin, menyiram tubuh dengan air memang bisa membuat badan kita langsung segar, khususnya ketika dilakukan pada pagi hari setelah bangun tidur. Dengan siraman air itu pula, maka tubuh pun akan bisa bersih karena kotoran yang menempel bisa larut dan mengalir bersama air.

Namun dingin hendaknya jangan digunakan sebagai alasan untuk lantas kita hanya ingin cepat-cepat mandi sehingga melupakan memakai sabun. Pasalnya dalam tubuh pun tetap dimungkinkan terdapat kotoran yang bercampur lapisan minyak kulit,  yang itu semua bisa dihilangkan hanya jika mengenakan sabun ketika mandi.   Sehubungan dengan hal itu, tetap disarankan menggunakan sabun ketika kita mandi, sehingga kotoran pun akan benar-benar hilang dan selanjutnya kita tetap terjaga dari hidup bersih dan sehat.

  • Bilas Hingga Bersih

Mandi tergesa-gesa acap kita melakukan hal yang konyol, di antaranya adalah kurang bersihnya dalam membilas. Contoh nyata adalah masih menempelnya jejak sabun pada kulit tubuh kita. Padahal hal ini justru bisa menyebabkan iritasi kulit dan bahkan juga bisa  menyebabkan sumbatan pori-pori, pada akhirnya justru bisa merangsang timbulnya jerawat.

[Baca juga: Obat Jerawat: Mengatur Pola Diri Sendiri]

Yang disarankan sehubungan dengan hal tersebut adalah; silakan membilas tubuh sampai bersih pada saat mandi, khususnya pada daerah yang sering terlupa dan sulit dijangkau, misalnya pada bagian punggung, belakang kuping, dan beberapa tempat lainnya. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] 4 Dosa yang Harus Dihindari Saat Mandi; klikdokter.com, diakses pada 14 Oktober 2015
[2] Gambar ilustrasi; shutterstock.com, diakses pada 14 Oktober 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here