Waspada Terhadap Kelemahan Tubuh Mampu Mencegah Munculnya Kantung Mata

0
1481
Waspadai Timbulnya Kantung Mata
Waspadai Timbulnya Kantung Mata

KANTUNG MATA bagi sebagian orang merupakan hal yang cukup mengganggu, utamanya bagi mereka yang selalu memperhatikan penampilan. Sehingga rasa kesal, jengkel, dan uring-uringan akan timbul karenanya. Bagaimana tidak, yang hendak berpenampilan cantik ataupun ganteng tentu akan sedikit ternoda dengan penampakan kantung mata itu. Begitu pula bagi mereka yang berkeinginan selalu tampil muda dan terlihat segar, tentu bakal merasa minder karena penampakan kantung mata itu pun tak bisa dengan mudah disembunyikan.

Lalu bagaimana menyikapi kemunculan kantung mata itu?

Sejatinya ada beberapa saran yang bisa dilakukan demi menghindari hadirnya kantung mata itu. Sebagai contoh adalah dengan memahami terlebih dahulu cara mengatasi kemunculannya. [Baca juga: Bagaimana Menyikapi Munculnya Kantung Mata?]

Kondisi Seputar Mata

  • Tanda Sering Dehidrasi

Beberapa ahli dan peneliti memaparkan bahwa lingkaran hitam yang ada di bagian bawah mata merupakan penampakan dari pembuluh darah di area mata itu sendiri. Faktor penyebab terjadinya keadaan ini yang paling sering adalah kondisi dehidrasi yang acap melanda. Dengan kondisi dehidrasi itu, tak pelak lapisan kulit menjadi kehilangan kelembabannya, yang kemudian berakibat pada pembuluh darah yang mudah terlihat

  • Kopi dan Ruang AC

Selain dehidrasi, kebiasaan minum kopi demi mencegah kantuk dan berada di ruang AC dalam waktu lama juga menjadi penyebab kulit tak sehat. Yaitu lebih gampang berkerut. Kantuk yang tak dituruti tidur, dan malah dipaksakan untuk tetap melek, bahkan kegiatan ini berlangsung cukup lama secara terus-menerus, tentu akan menggangu metabolisme tubuh kita. Ditambah lagi dengan mengonsumi kopi sebagai penangkalnya, tentu ini tak menjadikan tubuh sehat.

[Baca juga: Inilah Efek Buruk Kurang Tidur]

Selain itu, kebiasaan berada di ruangan ber-AC tentu bukan merupakan solusi baik dalam mengatasi kondisi, kecuali hanya akan menyebabkan kulit semakin kering.

  • Ucek-ucek Mata

Masih dalam kondisi lanjutan dari mengantuk dan menangkalnya dengan meminum kopi di atas. Maka ketika kita sudah merasa kelelahan dan mengantuk, hal yang acap dilakukan adalah sering menggosok dan mengucek-ucek mata. Ini sama sekali tak baik, karena justru kebiasaan inilah yang cenderung membuat kulit sekitar mata menjadi tipis dan rentan adanya iritasi.

[Baca juga: Yang Harus Diperhatikan Untuk Mencegah dan Menghindari Mata Kering]

Waspadai Kelemahan Tubuh

Dalam kondisi capek, lelah, dan kurang tidur, kulit akan lebih kusam sehingga lingkaran hitam akan nampak semakin pekat. Namun bukan berarti hanya rentetan itu yang menyebabkan pekatnya lingkaran hitam di seputar mata, pasalnya tetap ada pula kondisi lain yang memengaruhinya, yaitu faktor genetis. Jadi, ketika Anda tahu kondisi ini, hal yang diharapkan adalah bisa mensiasatinya.

Contohnya ketika memiliki gen yang mudah muncul lingkaran di seputar mata, maka harus waspada dengan kondisi ini. Begitu pula ketika lingkaran hitam itu mudah muncul tatkala Anda kurang tidur, tentu disarankan bagi Anda untuk memerhatikan dan menjaga pola tidur. [uth]
Sumber Rujukan:
[1] Apa yang Sebabkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata?; kompas.com, diakses pada 15 Oktober 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 15 Oktober 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here