Inilah Jam Kerja Organ Tubuh Menurut Ilmu Pengobatan Tiongkok

0
2078
Inilah Waktu Kerja Organ Tubuh sesuai Ilmu Pengobatan Cina
Inilah Waktu Kerja Organ Tubuh sesuai Ilmu Pengobatan Cina

ORGAN tubuh memiliki aktivitas yang tak jauh berbeda dengan kegiatan kita sehari-hari, yaitu ada jam operasional yang sangat padat, ada waktu santai dan calm down, dan ada pula waktu tenang untuk beristirahat.   Hal itu bisa dengan mudah apabila kita memerhatikan saja pada satu organ, ambil saja mata sebagai contohnya. Mata ada waktunya untuk benar-benar melek dan terbuka untuk memerhatikan suatu pekerjaan ataupun pelajaran, namun ada masanya ia nyantai karena sedang mendengarkan musik. Tapi mata juga memiliki waktu terpejam, yaitu tatkala sedang tidur.

Sekali lagi mengamati kegiatan mata setiap harinya sebagaimana tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa mata sebagai bagian dari organ tubuh kita ini tetap memiliki waktu khusus untuk bekerja dan juga waktu khusus untuk beristirahat.        Dan memerhatikan jam operasional/bekerja serta waktu istirahat tersebut, tak pelak ada pula satu ilmu yang dikenal di cabang pengobatan ala negeri Tiongkok, yang beberapa di antaranya akan terpapar di bawah ini.

Jantung

Pada waktu tengah siang, tepatnya sejak pukul 11.00 sampai dengan pukul 13.00, adalah waktu yang sangat padat bagi jantung kita dalam hal melakukan pekerjaannya. Oleh karenanya, pada waktu tersebut disarankan agar kita mengurangi segala aktifitas fisik yang berat dan menghindari suhu panas yang berlebihan. Tak lain karena jantung sendiri juga telah memiliki sifat yang panas.

[Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Penyakit Jantung Koroner]

Hati atau Liver

Hati ataupun liver memiliki waktu bekerja pada sekitar 23.00 hingga pukul 03.00. Pada periode masa tersebut, organ tubuh berujud hati melakukan aktifitasnya, yaitu membuang racun hasil metabolisme dan mregenerasi sel-sel organ hati itu sendiri.    Sehubungan dengan hal itu, maka disarankan pada periode waktu tersebut kita sudah berhenti dari semua aktivitas termasuk menonton televisi.   Artinya, pada jam 23.00 hingga pukul 3.00 ini akan lebih baik apabila kita beristirahat tidur.

Apabila waktu-waktu detoks alias mengeluarkan racun tersebut dilewati, contohnya adalah tetap begadang dan juga tetap memasukkan makanan ke dalam mulut serta mulut kita, maka memang pada awalnya tidak akan terjadi gangguan berarti. Hanya saja dampak jangka panjangnya jangan disepelekan, apalagi penyakit yang berhubungan dengan hati.

Perlu diketahui, orang yang rentan sakit pada bagian hati adalah mereka yang keseringan begadang dan juga peminum alkohol. Organ hati yang seharusnya konsentrasi bekerja dalam keadaan tenang, namun ternyata justru tubuh masih bergerak dan beraktifitas, bahkan tetap memasukkan makanan, padahal hati sedang berproses membuang racun sisa metabolisme.

Selaput Jantung

Selaput jantung atau dikenal dengan istilah pericardium memiliki waktu operasional kerja pada pukul 19.00-21.00. Bersamaan dengan waktu kerjanya selaput jantung ini, disarankan kepada kita untuk tidak lagi mengkonsumsi makanan apapaun. Alasannya tak lain karena pada jam tersebut organ lambung tidak melakukan aktifitas dalam mengolah makanan.

Ginjal

Organ ginjal memiliki waktu bekerja pada pukul 17.00 hingga pukul 19.00. Meskipun begitu, namun justru pada waktu veroperasinya organ ginjal inilah menjadi saat yang baik untuk belajar. Atau kalau bagi anak kecil –khususnya balta– ini merupakan waktu yang sangat bagus digunakan untuk tidur.

Yang melatar-belakangi efek bagus di atas, karena sesuai teori Traditional Chinese Medicine ginjal ternyata memiliki hubungan yang sangat erat dengan pertumbuhan dan perkembangan otak dan Sum-sum tulang belakang manusia.

[[Baca juga: Inilah Cara Mecegah Penyakit Ginjal Secara Dini]

Usus Kecil

Jam kerjanya usus kecil dalam hal memelihara  keseimbangan cairan dalam tubuh adalah pada pukul 13.00 hingga pukul 15.00. Waktu-waktu ini pulalah usus kecil juga melakukan penyaluran dan pengaturan cairan ke seluruh bagian tubuh.

Usus Besar

Pukul 05.00 sampai dengan 07.00 merupakan waktu beroperasinya organ usus besar dalam hal membuang racun. Oleh karenanya pada jam-jam tersebut, pagi hari usai bangun tidur, kita disarankan untuk melakukan aktifitas BAB alias buang air besar.

Kandung Kemih

Pukul 15.00 hingga 17.00 merupakan waktu beroperasinya organ kandung kemih, yaitu masa dimana organ kandung kemih menerima cairan sisa dari usus kecil yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh.

Paru-paru

Organ paru-paru memiliki waktu operasional pada pukul 3.00 hingga 05.00, yaitu melakukan aktifitas detoksifikasi yang biasanya akan mengakibatkan batuk-batuk ataupun bersin-bersin. Namun batuk ataupun bersin ini memang tak selalu terjadi pada setiap manusia, bergantung dari kondisi tubuh masing-masing.

[Baca juga: Gejala Penyakit Tuberkulosis (TB) Paru yang Wajib Anda Waspadai]

Limpa

Pukul 09.00 hingga pukul 11.00 merupakan waktu kerja bagi organ limpa dalam mengirimkan materi yang sudah diserap oleh lambung pada waktu sebelumnya. Oleh karenanya pada waktu-waktu ini, biasanya akan terasa lesu dan mengantuk.

Tak sebatas pada pagi hari, namun kenyataannya organ limpa ini juga melakukan aktifitas di malam hari, yaitu sejak pukul 21.00 hingga pukul 23.00, ia beoperasi melakukan pembuangan racun yang sekaligus melakukan proses regenerasi sel limpa.

Lambung

Pukul 07.00 sampai dengan pukul 09.00 menjadi waktu beraktifitasnya organ lambung dalam menyerap makanan. Oleh karenanya disarankan untuk mengisi lambung kita dengan makanan bergizi dan serat alami pada waktu-waktu tersebut, sehingga aktifitas pun menjadi lebih optimal.

Demikian mengenai waktu-waktu beroperasinya organ tubuh manusia ini. Dengan mengetahui dan memahaminya, diharapkan kita pun bisa membenahi diri dalam memilih waktu sesuai aktivitasnya tersebut. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Jam Kerja Organ Tubuh Menurut Pengobatan Tiongkok; kompas.com, diakses pada 16 Oktober 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 16 Oktober 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here