Inilah Beberapa Asupan yang Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

0
793
Inilah Beberapa Asupan-Makanan Pencegah Tekanan Darah Tinggi
Inilah Beberapa Asupan-Makanan Pencegah Tekanan Darah Tinggi

DARAH TINGGI ataupun hipertensi adalah satu masalah kesehatan yang diderita banyak orang, tak peduli usianya sudah tua dan lanjut, atapun belum. Begitu pun mengenai faktor yang menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi tersebut ternyata juga tak sedikit.  Di samping asupan garam yang terlalu berlebihan, masih terdapat hal lain yang menjadi pemicunya; kegelisahan, kekurangan beberapa nutrisi, kelebihan berat badan alias obesitas, dan masih banyak lagi.

Pola makan sehat dan gaya hidup sehat adalah beberapa cara yang bisa ditempuh guna menurunkan tekanan darah tinggi tersebut. Gaya hidup sehat bisa saja dengan berolahraga secara rutin dan teratur, beristirahat cukup, dan lain-lain. Sedangkan pola makan sehat ada banyak pula macam seta jenisnya. Dan di bawah ini adalah beberapa saran yang bisa dilaksanakan berkaitan dengan konsumsi makanan demi mendapatkan penurunan pada hypertensi.

[Baca juga: Hipertensi pada Masa Kehamilan, Berbahayakah?]

  • Kurangi Makanan Asin & Pedas

Garam menjadi bagian penting yang bisa memicu kenaikan darah, oleh karenanya mengurangi konsumsi garam menjadi langkah penting guna terhindar dari tekanan darah tinggi. Hal ini terjadi karena kadar zodium pada garam menjadi salah satu elemen penyebab meningkatnya tekanan darah pada arteri.

Selain itu, menghindari ataupun mengurangi makanan pedas juga merupakan langkah jitu dalam meminimalisir tekanan darah tinggi.

  • Konsumsi Bawang Putih

Selain bisa mencegah masuk angin, mencegah pembekuan darah dan penebalan pembuluh darah, bawang putih juga mampu menahan efek buruk akibat tekanan darah tinggi, serta menghilangkan penyumbatan pada jantung. Oleh karenanya konsumsi bawang putih menjadi hal yang dianjurkan.

[Baca juga: Mengenal Manfaat Bawang Putih Untuk Pengobatan]

  • Konsumsi Buah Segar

Hampir semua buah-buahan yang ada memiliki kadar mineral dan juga kandungan vitamin yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Lebih dari itu, buah-buahan juga memiliki kemungkinan kecil dalam meningkatkan kandungan gula pada tubuh, pasalnya rasa manis dari buah merupakan rasa yang alami.

  • Konsumsi Sayuran Hijau

Ada banyak jenis sayuran hijau di seputar kita, sebagai contoh adalah bayam ataupun seledri. Meskipun ia merupakan sayuran yang sepele dan bahkan ada yang meremehkan, namun bayam yang termasuk dari jenis sayuran hijau ini ternyata memiliki kemampuan dalam hal membantu mengurangi tekanan darah tinggi.    Alasannya karena bayam memiliki kandungan kalium yang berlebih.

  • Konsumsi Tomat

Tomat merupakan jenis buah-sayur yang sejatinya mudah ditanam dan dibudidayakan. Namun karena kemudahan itu bukan lantas bisa diartikan ia merupakan bahan yang tiada khasiat. Sebaliknya, ia merupakan buah istimewa karena ada banyak kandungan bermanfaat bagi kita di dalamnya. Kadar magnesium, kandungan kalsium, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E pada tomat mampu mengurangi tekanan darah apabila dikonsumsi secara rutin dan teratur.

  • Konsumsi Gandum atau Oats

Sebagaimana dengan tomat, konsumsi gandum ataupun oats secara rutin dan teratur juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Misalnya sebagai bahan untuk sarapan, ataupun untuk makan malam.

  • Konsumsi Susu Bebas Lemak

Susu bebas lemak adalah satu asupan terbaik dalam menurunkan hipertensi. Alasannya karena susu bebas lemak itu memiliki kandungan kalsium tinggi serta berlimpah vitamin D. Namun dalam mengonsumsinya, jangan lupa pastikan terhindar dari keberadaan lemak di dalamnya, sebab jika terdapat lemak maka justru bakal meningkatkan tekanan darah.   Susu bebas lemak ini akan lebih baik jika dikonsumsi dalam keadaan hangat.

Demikian beberapa asupan yang bisa dikonsumsi demi mendapatkan tekanan darah yang normal dan tidak tinggi. Selain beberapa bahan di atas, akan lebih baik juga apabila mengonsumsi air (putih) dalam jumlah banyak secara rutin setiap harinya. Hal ini dilakukan tak lain demi menurunkan ketegangan saraf sebagai salah satu faktor penyebab timbulnya hipertensi. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Tujuh Makanan Penting untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi; intisari-online.com, diakses pada 17 Oktober 2015
[2] Gambar ilustrasi, pixabay.com, diakses pada 17 Oktober 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here