Pengantar Sosiologi Komunikasi

0
1991
Inilah Pengantar Sosiologi Komunikasi
Inilah Pengantar Sosiologi Komunikasi

KOMUNIKASI merupakan unsur penting dalam keberlangsungan hidup suatu masyarakat, karena aktivitas komunikasi merupakan unsur pembentuk suatu masyarakat, dimana tiada mungkin manusia hidup di suatu lingkungan tanpa berkomunikasi antarsatu dengan lainnya.   Sehubungan dengan hal itu, sosiologi komunikasi hadir sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang ilmu komunikasi dari sudut sosiologis.

Tinjauan Sosiologis

Dalam sosiologi komunikasi dibahas mengenai tinjauan sosiologis terhadap komunikasi, baik sebagai aktivitas sosial, interaksi sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok, maupun efek sosial dari komunikasi dalam masyarakat tersebut.

  • Beberapa Pemikiran

Sedangkan mengenai asal mula kajian sosiologi komunikasi masih erat hubungannya  dengan perkembangan sosiologi itu sendiri. Pemikiran Emile Durkheim, Talcott Parson dan Robert K. Merton memberikan sumbangan paradigma fungsional bagi lahirnya teori-teori komunikasi yang beraliran struktural fungsional. Sementara pemikiran Karl Marx dan Habermas menyumbangkan paradigma konflik, teori-teori kritis dalam kajian komunikasi dan tindakan komunikatif.

  • Lima Jenis Komunikasi

Komunikasi di dalam masyarakat dibagi atas lima jenis, yaitu: komunikasi individu dengan individu (komuniksi antar pribadi), komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, komunikasi sosial, komunikasi massa.

Sosiologi Komunikasi Menurut Bungin

Selain itupembagian jenis komunikasi di atas, menurut Bungin sosiologi komunikasi juga terdiri dari empat konsep yang sekaligus menjadi ruang lingkup sosiologi komunikasi. Keempat konsep tersebut yakni sosiologi, masyarakat, komunikasi, dan teknologi media/informasi.

  • Sosiologi

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia sebagai makhluk sosial termasuk di dalamnya berbagai aktifitas atau gejala sosial yang kemudian menghasilkan perubahan-perubahan sosial.

[Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Sosiologi]

  • Masyarakat

Masyarakat merupakan salah satu ruang lingkup dari sosiologi komunikasi. Artinya bahwa masyarakat merupakan salah satu yang dibahas dalam sosiologi komunikasi.

  • Komunikasi

Komunikasi yang sesuai istilah berbahasa Inggris disebut communication, dan berasal dari bahasa Latin; communicatio ini terdiri dari lima unsur: Komunikator (pemberi informasi), Pesan, Media (saluran), Komunikan (penerima informasi/pesan), Efek (pengaruh).

  • Teknologi Komunikasi

Membahas tentang komunikasi (apalagi komunikasi massa), maka kita pun tidak bisa memisahkannya dari persoalan teknologi komunikasi dan informasi yang merupakan salah satu saluran/channel yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Menurut Alter, teknologi informasi mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, mengambil, memanipulasi, atau menampilkan data.

Ruang Lingkup

Adapun ruang lingkup kajian sosiologi komunikasi adalah gejala, pengaruh dan masalah sosial yang disebabkan oleh komunikasi itu sendiri, yang dalam hal ini yang menjadi perhatian utama adalah bagaimana masalah sosial itu terjadi, aspek komunikasi bagaimana yang menyebabkan timbulnya suatu masalah, bagaimana sesuatu pesan itu disampaikan, bagaimana pengaruh sosial dari komunikasi massa. Dan itu semualah sebenarnya yang kemudian menjadi salah satu bidang kajian sosiologi komunikasi massa.

[Baca juga: Inilah Pengantar Sosiologi Media]

Dengan memperhatikan lingkup kajian sosiologi komunikasi tersebut, maka kita dapat mengetahui bahwa komunikasi dengan media massa mempunyai sifat-sifat atau ciri-ciri tertentu, disamping itu berbagai aspek komunikasi lainnya dapat pula menimbulkan akibat-akibat atau pengaruh sosial lainnya, misalnya sistem komunikasi dapat menimbulkan pengaruh sosiologis, unsur-unsur komunikasi dapat menimbulkan pengaruh sosiologis, dan masih banyak lagi. ***

Sumber tulisan;
[1] Politik Sosila Budaya Sosiologi Komunikasi Massa; jufriibrahim.wordpress.com, diakses 19 September 2015
[2] Materi Kuliah Sosiologi Komunikasi; dhanda11april.wordpress.com, diakses 19 September 2015
[3] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 17 Oktober 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here