Kenapa Merasa Pusing bahkan Terjadi Pingsan Ketika Berolahraga?

0
6648
Kenapa Merasa Pusing & Pingsan Saat Berolahraga?
Kenapa Malah Merasa Pusing & Pingsan Saat Berolahraga?

OLAHRAGA merupakan kegiatan yang dianjurkan demi mendapatkan hidup yang sehat, berkualitas, dan produktif. Karena dengan olah raga bukan saja badan kita yang dituntut untuk selalu gerak, akan tetapi juga otak dan juga saraf motorik kita yang turut mendapatkan pacuan agar bisa bekerja lebih maksimal.

Seiring aktivitas olahraga pun kita juga musti mengimbanginya dengan pola makan yang juga harus sehat dan teratur. Semua ditempuh tak lain demi mendapatkan hidup yang seimbang, tubuh sehat, aktivitas pun menjadi prima.

[Baca juga: Bagaimana Mengatasi Rasa Nyeri dan Pegal Akibat Olahraga?]

Pusing & Vertigo Saat Berolahraga

Sehubungan dengan aktivitas olahraga ini, selain harus diimbangi dengan pola makan yang baik, istirahat juga harus cukup. Karena jika tidak, maka bukan tidak mungkin justru cidera dan penyakit yang akan diperoleh. Sama sekali bukan badan yang sehat dan prima.

Salah satu derita yang dialami ketika sedang berolahraga itu adalah rasa pusing ataupun vertigo, yang bisa memungkinkan terjadinya pingsan.

Perubahan Mendadak

Terjadinya pusing, bahkan bisa diakhiri dengan jatuh pingsan pada saat olah raga memiliki banyak penyebab. Di antaranya adalah karena darah yang mengumpul pada kaki tatkala kita sedang berdiri, akibat terik panas matahari, ataupun karena menghentikan kegiatan olahraga secara mendadak.

Artinya, pusing, vertigo, dan juga jatuh pingsan ini bisa terjadi lantaran adanya perubahan yang mendadak berkaitan dengan tubuh kita, baik pada aliran darah di kaki, ataupun kondisi suhu yang terlalu panas. Bahkan olahraga yang selain butuh pemanasan juga butuh pendinginan menjadi hal yang tak bisa diabaikan, sehingga tetap tak bisa mulai olahraga berat begitu saja, ataupun berhenti mendadak saat itu juga.

Minimnya Darah Balik ke Jantung

Hal yang musti dipahami adalah bahwa meskipun dengan olahraga tubuh kita semakin menjadi bugar, namun pada saat yang sama ukuran ventrikel jantung juga menjadi meningkat, ataupun malah mengurangi aliran darah yang balik menuju ke jantung usai berdiri cukup lama.

Ketika kondisi aliran darah yang kembali ke jantung itu sedikit, maka ada ruangan kosog bersama darah yang akan ditambahi oksigen. Padahal kondisi ini sama sekali tak dikehendaki oleh otak. Akibatnya, setelah beberapa menit rasa pusing akan menghinggapi.   Selain itu penyebabnya, dehidrasi (kekurangan cairan) dan juga rendahnya kadar gula darah juga mampu memicu rasa pusing tersebut.

Pencegahan

Setelah menyimak paparan di atas, maka kita bisa mengetahui bahwa guna mencegah terjadinya pusing, vertigo, dan pingsan saat berolahraga, maka kita harus tetap melakukan gerakan ringan meskipun aktivitas olahraga telah usai sebagai bagian dari pendinginan. Misalnya dengan cara melakukan pelenturan pada bagian paha dan juga bagian betis. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Ini Dia Penyebab Pusing Saat Berolahraga; nationalgeographic.co.id, diakses pada 18 Oktober 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 18 Oktober 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here