Bukan Cuma Kulit, Rambut juga Perlu Tabir Surya

0
955
Selain Kulit, Ternyata Rambut juga Perlu Tabir Surya
Selain Kulit, Ternyata Rambut juga Perlu Tabir Surya lho!

RAMBUT khususnya yang tumbuh di kepala merupakan bagian dari tubuh yang sangat penting, dan dengan latar belakang nampak kasat mata, tak pelak ia pun menjadi bagian dari daya tarik penampilan. Oleh karena itu, sudah selayaknya perawatan rambut diutamakan, tentu saja demi mendapatkan hasil yang menawan dan indah.

Berkaitan dengan penampilan, ketika cuaca panas melanda sebagaimana musim kemarau yang sedang kita alami ini, maka kita pun tak akan luput perhatiannya pada kulit yang selalu terkena langsung sengatan matahari.

[Baca juga: Tahukah Anda Mode Rambut Sambungan Telah Ada Sejak 3000 Tahun Lampau?]

Masker & Pelindung Matahari

Guna meminimalisir sengatan matahari, ada banyak produk pelindung yang bisa kita gunakan, yaitu jenis tabir surya yang biasa digunakan untuk perawatan kulit. Namun tahukah Anda, bahwa selain kulit, ternyata rambut kita juga membutuhkan perlindungan terhadap paparan sinar mentari ini.

  • Risiko Tersengat Sinar Ultraviolet

Pada setiap helai rambut juga memerlukan pelindung tabir surya karena ada kecenderungan bahwa sinar ultraviolet bakal mampu memudarkan warna rambut yang pada akhirnya akan membuatnya kumal, rontok, dan rusak.

Ada banyak orang melindungi rambut dari sengatan sinar matahari dengan cara mengenakan kerudung ataupun topi. Memang ini adalah satu tindakan yang tak sia-sia, akan tetapi tindakan ini tak selalu efektif. Oleh karenanya, menjadi penting untuk mengaplikasikan tabir surya pada rambut sebagaimana mengaplikasikan SPF pada kulit.

[Baca juga: Kenapa Kulit Telapak Kaki Mengalami Pecah-Pecah?]

  • Bukan Cuma Rambut, Tapi Kulit Kepala

Pentingnya tabir surya bagi rambut adalah karena ia mampu memberikan batas perlindungan antara “kepala” dengan sinar ultraviolet. Artinya, ia tak sebatas melindungi tiap helai rambutnya saja, lebih dari itu, ia juga membantu melindungi kulit kepala kita.

Pelindung Rambut Sekaligus Kulit Kepala

Minyak hidrasi atau disebut pula dengan istilah hydrating oil bisa dijadikan alternatif dalam hal perawatan rambut, karena hydrating oil memiliki banyak khasiat, di antaranya adalah mengurangi rambut kusam, menjaga dan menambah rambut tetap lembab, serta melindunginya dari pancaran sinar UVA dan sinar UVB.

[Baca juga: Bagaimana Merawat Rambut dan Kulit Kepala Secara Alami?]

Dengan merebaknya merk tabir surya, sejatinya kita bisa memilih jenis produk sesuai selera dan keinginan. Namun yang musti diingat adalah, usahakan untuk mencermati fungsi dan risikonya. Jika memang fungsinya adalah sebagai pelindung rambut namun justru merusak kulit kepala, tentu bukan menjadi pilihan yang tepat, dan sebaliknya. Maka alangkah baiknya apabila tetap mengupayakan untuk mendapatkan produk terbaik dan cocok demi kesehatan dan penampilan. [uth]
Rujukan:
[1] Ternyata Rambut Juga Perlu Tabir Surya; female.kompas.com, diakses pada 19 Oktober 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 19 Oktober 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here