Daun Legundi Berkhasiat Mengobati Cacingan

0
1094
Daun Legundi Berkhasiat Mengobati Cacingan
Daun Legundi Berkhasiat Mengobati Cacingan

LEGUNDI merupakan tanaman yang bisa dengan mudah ditemukan di daerah hutan jati, karena pada lahan hutan jati tersebut legundi menjadi tanaman yang tumbuh liar. Namun selain pada seputar hutan jati, legundi juga bis atumbuh di mana lain tempat, sebagai contoh adalah di tepi jalan, di pematang sawah, dan juga lahan-lahan semak lainnya.

Legundi menjadi tanaman yang mudah tumbuh di segala jenis tanah, hanya saja ia lebih menyukai tempat yang agak kering dan lahan terbuka.

Kontur Tanaman Legundi

Kulit batang legundi memiliki warna cokelat muda ataupun cokelat tua, dan dahannya juga bercabang banyak. Daunnya bernetuk bundar menyerupai telur, sedangkan di bagian bawah daun memiliki bulu-bulu halus warnanya adalah putih ataupun kelabu. Selain itu legundi juga memiliki bunga dengan warna biru-ungu, putih, ataupun abu-abu.

[Baca juga: Tahukah Anda, Daun Kacapiring Bisa Mengobati Diabetes?]

Kandungan Zat dalam Legundi

Meskipun sebagai tanaman liar, namun bukan berarti ini merupakan tanaman sampah dan tak ada manfaat. Sebaliknya, legundi memiliki beberapa kadar yang berkhasiat bagi kehidupan. Kandungan-kandungan tersebut di antaranya adalah flavonoid, tripenoid, dan sterol, ketiganya berkhasiat sebagai antioksidan.

Di samping itu, ada pula kadar minyak atsiri pada tanaman legundi. Di antaranya adalah kamfer, sineol, terpinylasetat, dan pinen.

[Baca juga: Khasiat Tanaman Bungur Kecil Untuk Pengobatan]

Obat Cacingan

Dari banyaknya kandungan dalam tanaman legundi, contoh pemanfaatannya adalah sebagai obat untuk cacingan. Caranya adalah dengan menyediakan sekitar 15 gram daun legundi yang masih segar, kemudian silakan direbus menggunakan satu gelas air selama 15 menit. Setelah mendidih, tunggu hingga airnya menjadi dingin, selanjutnya silakan disaring dan diperas daunnya. Lalu konsumsi air hasil saringannnya tersebut. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Daun Legundi Atasi Cacingan; Harian Cetak Minggu Pagi, Minggu III Oktober 2015
[2] Gambar ilustrasi; id.wikipedia.org, diakses pada 20 Oktober 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here