Daun Katuk Bisa Menekan Kadar Lemak dan Kolesterol pada Unggas Petelur & Pedaging

0
2982
Daun Katuk Benekan Kadar Lemak dan Kolesterol pada Unggas Petelur n Pedaging
Daun Katuk Benekan Kadar Lemak dan Kolesterol pada Unggas Petelur n Pedaging

KATUK yang selama ini daunnya banyak dimanfaatkan sebatas sebagai bahan sayuran, khususnya bagi ibu menyusui, ternyata memiliki manfaat lebih jika diterapkan pada jenis unggas petelur. Hal itu sebagaimana penelitian yang diadakan oleh Prof Urip Santoso yang sejak tahun 1995 mengamati tanaman katuk yang memiliki bahasa latin Sauropus androgynus ini.

Senyawa Penekan Kolesterol

Di tangan pria kelahiran Brebes tahun 1966 dan seorang guru besar Universitas Bengkulu yang telah menyelesaikan pendidikan doktoralnya di Universitas Gifu – Jepang tersebut, ditemukan kandungan luar biasa  pada tanaman katuk.

[Baca juga: Cara Memanfaatkan Daun Singkong Untuk Pengobatan]

  • Menekan Lemak & Meningkatkan Karkas Daging

Salah satu penemuan kadar daun katuk itu adalah senyawa-senyawa yang berkemampuan menekan kadar kolesterol.   Artiinya, katuk bukan saja memiliki kemampuan menekan kadar lemak, akan tetapi juga sekaligus meningkatkan kualitas karkas daging. Kandungan dalam duan katuk ini antara lain adalah plafonoid, aaponin, dan tannin. Ketiganya adalah kandungan yang berkhasiat menurunkan lemak.

  • Antioksidan

Selain sebagai penurun lemak dan penekan kadar kiolesterol, daun katuk juga merupakan antioksidan yang kinerjanya adalah mencegah terjadinya oksidasi dalam tubuh, di mana apabila dibiarkan oksidadi ini bukan tidka mungkin akan berakibat menimbulkan radikal bebas.

Hal yang perlu dipahami adalah, bahwa dengan mengonsumsi daging rendah lemak ataupun rendah kolesterol, maka secara tidak langsung risiko terserang penyakit jantung dan juga kanker bisa diminimalisir.

Ekstrak Duan Katuk untuk Unggas

Pemanfaatan daun katuk ini selanjutnya dipraktekkan langsung oleh Prof Urip kepadabeberapa jenis unggas, tentu dengan mengolah duan katuk untuk dijadikan ekstrak. Dan hasilnya cukup mengggembirakan.

  • Unggas Pedaging

Pemberian ekstrak daun katuk sebanyak 9 gram ke dalam 1 kilogram pakan ternak unggas, jika diberikan pada jenis unggas pedaging, misalnya ayam broiler, itik, ataupun burung puyuh, maka ia berkemampuan mengurangi kadar lemaknya secara signifikan.

  • Unggas Petelur

Sedangkan pemberian campuran serupa pada unggas petelur, memiliki hasil poositif dalam mengurangi kadar kolesterol hingga 40 persen.

[Baca juga: Daun Jawer Kotok Memiliki Khasiat Mengobati Beberapa Penyakit]

Hasil Baik dan Efisien

Praktek penelitian ini pernah dilakukan pada peternak lokal di dua wilayah berbeda, yaitu di Kabupaten Seluma untuk ayam pedaging, dan Kabupaten Bengkulu untuk ayam petelur. Di samping mendapatkan hasil yang sangat baik, pola pemberian makan ini ternyata juga lebih efisian, salah satunya adalah bisa sedikit berhemat .  Hasil positif lain yang diperoleh adalah kesehatan dari unggas itu sendiri. Bahwa unggas yang mendapatkan umpan ekstrak daun katuk juga cenderung terhindar dari penyakit kaki pengkor.

Dari kelebihan-kelebihan ekstrak daun katuk itu hal yang masih disayangkan adalah masih terkendalanya pasokan karena keterbatasan tanaman katuk. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Daun Katuk Penurun Kolesterol Unggas, Koran Cetak Minggu Pagi, Minggu III Oktober 2015
[2] Gambar ilustrasi; wikipedia.org, diakses pada 21 Oktober 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here