Bagaimana Cara Mengatasi Kondisi Sulit Tidur?

0
1289
Inilah Cara Mengatasi Kondisi Susah Tidur Malam
Inilah Cara Mengatasi Kondisi Susah Tidur Malam

TIDUR adalah kenikmatan yang tiada bandingannya, terutama bagi keadaan tubuh yang sedang mengalami lelah dan kecapekan akibat berkegiatan di luar kemampuan sehari-hari. Namun tidur juga menjadi aktivitas yang tak mengenakkan, salah satunya bagi mereka yang telah lama menjalani perawatan di rumah sakit. Tidur pun akan merasakan capek.

Berbicara mengenai rasa capek dan lelah, kita pun tak bisa menghindarinya tatkala badan kita juga susah diajak untuk tidur, ataupun mata terasa sulit untuk dipejamkan. Bukan capek dan lelah tentunya, namun rasa jengkel bisa jadi akan dantang bertubi-tubi yang pada akhirnya kesehatan kita menjadi tergangu karenanya.

Akibat Buruk Sulit Tidur

Susahnya memejamkan mata –khususnya saat hendak tidur malam– merupakan masalah banyak orang yang tak bisa disepelekan lagi. Pasalnya hal itu bukan tidak mungkin akan mengakibatkan kita mengalami kekurangan waktu tidur, yang selanjutnya bukan tidak mungkin akan merusak kesehatan tubuh, bahkan juga membuat buruk kinerja daya ingat serta konsentrasi.

[Baca juga: Inilah Efek Buruk Kurang Tidur]

Kiat Khusus Tidur Sehat

Dan demi memenuhi kebutuhan tidur  yang cukup, maka disarankan kita juga memiliki kiat-kiat khusus agar tubuh selalu terjaga kesehatannya, meskipun pekerjaan memang sedang menuntut kerja ekstra.

  • Tidur Lebih Awal

Menjaga waktu tidur dan juga waktu bangunnya secara konsisten merupakan hal yang tak bisa diabaikan lagi. Hal ini menjadi pola hidup sehat dan teratur, karena salah satu manfaatnya adalah juga bisa mengatasi kekurangan waktu tidur kita.

Oleh karena itu, tiada salah sekiranya kita bisa lebih awal dengan tujuan agar terasa lebih segar pada keesokan harinya.

  • Pola Makan Sehat, Hindari Junk Food! 

Beberapa ahli kesehatan dan gizi memaparkan tentang adanya korelasi antara obesitas dan kurang tidur. Bahwa tatkala tubuh berada pada kondisi kurang tidur, maka bakal muncul hormon pengontrol rasa lapar. Selain itu, pada saat tubuh kekurangan energi ditambah lagi kurangnya waktu istirahat, maka hal itu memiliki kecenderungan memilih  makanan tak sehat.

Dengan paparan di atas, maka bisa dipahami bahwa apabila kurang tidur, maka kita cenderung mencari jenis makanan junk food, yaitu yang berkadar gula dan lemak tinggi. Akibatnya, hal itu justru akan membuat tubuh kita gampang terasa lelah.

[Baca juga: Tahukah Anda, Konsumsi Junk Food Berlebihan Bisa Merusak Fungsi Otak?]

  • Gerak Tubuh Aktif

Efek dari kurang tidur biasanya dirasakan pada waktu sore, sehingga ada pula yang sengaja menurutinya, yaitu dengan tidur di sore hari. Hal ini sama sekali bukan satu tindakan yang tepat, karena justru akan memicu susah tidur pada malam harinya.

Tindakan yang disarankan dalam mengusir rasa lelah dan kantuk pada sore hari itu adalah  menggerakkan setiap anggota tubuh, yaitu bisa dengan berolahraga ataupun sekadar jogging di sekitar rumah. Selain bisa mengusir rasa lelah dan kantuk, aktifitas ini terbukti juga bisa melemaskan otot-otot serta merangsang kinerja otak kita.

  • Tidur Siang

Tidur siang menjadi salah satu cara yang dapat kita tempuh demi meningkatkan kewaspadaan, kreativitas, dan produktivitas yang tetap tinggi.

Memang bagi sebagian orang yang jarang melakukan tidur pada siang hari adakalanya justru akan merasakan lelah dan tetap mengantuk, bahkan juga pusing usai tidur siang. Bagi Anda yang merasakan hal serupa, silakan atur dan batasi durasi tidur siangnya dan jangan lupa menjadwalkannya secara konsisten.

  • Minum Air Banyak

Salah satu tindakan sehat pada saat tubuh kita kekurangan waktu tidur adalah dengan cara konsumsi air yang banyak. Dengan begitu, fungsi otak kita akan bisa lebih optimal. Selain meminum air yang banyak, es juga bisa dikonsumsi sebagai tambahan air minum karena bisa membantu badan kita untuk lebih terjaga. [uth]

Sumber Rujukan:
[1]  Lima Cara Mudah Mengatasi Tidur Malam yang Buruk; intisari-online.com, diakses pada 22 Oktober 2015
[2] Gambar ilustrasi; shutterstock.com, diakses pada 22 Oktober 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here