Kelebihan Protein Ternyata Bisa Menimbulkan Aroma Nafas Tak Sedap

0
1680
Kelebihan Protein Bisa Menyebabkan Aroma Nafas Tak Sedap
Kelebihan Protein Bisa Menyebabkan Aroma Nafas Tak Sedap

PROTEIN merupakan salah satu materi yang sangat penting bagi tubuh dalam menopang kegiatan sehari-hari. Dengan protein  pula maka kesehatan akan bisa diraih, yang selanjutnya akan mendapatkan produktifitas sesuai yang diharapkan.     Namun bukan berarti dengan alasan pentingnya keberadaan protein tersebut, lantas kita bisa seenaknya dalam mengonsumsi. Karena meskipun bagus untuk tubuh, catatannya tentu pada kapasitas yang masih sesuai. Artinya, tak bisa berlebihan dan tak bisa pula kekurangan.

Kondisi cukup yang tak boleh berlebih dan tak boleh kekurangan itu harus diperhatikan karena apabila tak sesuai, ambil saja salah satu contohnya adalah ketika berlebihan protein, maka bukan tidak mungkin justru akan menimbulkan beberapa kendala, sama sekali bukan manfaat.

Kendala Saat Protein Berlebih

  • Perut Sembelit

Kelebihan protein mampu membuat sistem pencernaan jmenjadi tidak sehat, apalagi jika asupannya tak diimbangi dengan nutrisi lain. Contohnya vitamin, karbohidrat, dan juga serat. Risiko yang terjadi, pada akhirnya adalah akan memunculkan sembelit, susah buang air besar, perut kembung bahkan juga diare.

  • Mood Menurun

Asupan protein berlebih ternyata bisa menyebabkan perubahan mood. Mood yang buruk akibat suasana hati yang buruk ini salah satunya disebabkan adanya peningkatan produksi serotonin dalam tubuh. Dan apabila hal itu terus berlanjut, maka tubuh pun akan mengalami mudah lelah, gampang marah, dan bukan tidak mungkin juga akan mudah stres.

[Baca juga: Inilah Efek Stress pada Kesehatan Tubuh]

Demi menjaga kondisi ini, silakan mengonsumsi sayur dan air putih dalam jumlah yang banyak.

  • Aroma Napas Tidak Sedap

Konsumsi protein secara berlebihan bisa juga memicu aroma napas yang tak sedap. Hal ini bisa terjadi karena pada saat kondisi protein berlebih dan kesehatan pencernaan terganggu, maka mulut dan organ yang berhubungan dengannya juga akan turut terganggu, yang tak pelak bakal menimbulkan bau nafas tidak sedap.

Ini adalah hal yang musti diperhatikan secara ekstra, karena jika tidak maka bukan tidak mungkin  akan sudah dihilangkan meskipun telah berusaha dengan menyikat gigi dan juga berkumur menggunakan bahan antiseptik.

Memastikan Keseimbangan

Menyimak paparan di atas, akan diperoleh hasil yang baik apabila kita mengusahakan untuk konsumsi nutrisi secara berimbang. Ketika kebutuhan protein dalam tubuh dipenuhi, jangan terlalu over, karena ada jatah kebutuhan gizi dan nutrisi lain yang juga memerlukan ruang.

Pola konsumsi asupan protein secara berimbang ini menjadi penting karena akan ada beragam masalah apabila tak dipenuhi. Selain yang sudah terpaparkan di bagian atas, masalah lain misalnya adalah kemunculan ketombe pada rambut kita. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Ups, Ini Dia Tanda Tubuh Kelebihan Protein!; clear.co.id, diakses pada 23 Oktober 2015
[2] Gambar ilustrasi; shutterstock.com, diakses pada 23 Oktober 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here