Apakah Es Batu Bisa Membuat Badan Gemuk dan Perut Buncit?

0
6710
Es Batu Bisa Membuat Badan Gemuk dan Perut Buncit
Benarkah Es Batu Bisa Membuat Badan Gemuk dan Perut Buncit?

ES BATU menjadi bahan penting yang acap dikonsumsi khususnya pada saat udara terasa panas dan ketika badan merasakan panas. Terlepas dari risiko terkena sakit flu ataupun batuk, kenikmatan bisa dirasakan sesaat setelah mengonsumsinya karena mendapatkan kesejukan bahkan rasa adem.

Konsusmsi es batu juga acap dikaitkan dengan terjadinya pembengkakan bagian perut baik pada laki-laki ataupun perempuan. Bahkan bagi perempuan yang sedang hamil, ada semacam larangan mengonsumsi es berlebihan karena bisa mengakibatkan pembesaran pada bayi, sehingga akan menyulitkan pada sat proses kelahirannya kelak.

[Baca juga: Apa Manfaat dan Risiko Konsumsi Es Krim Itu?]

Mitos Menggemukkan Badan

Mitos dari es batu yang dipercaya membuat badan gembul dan gemuk menjadi ucapan tak sedikit orang. Alasannya karena es yang sifatnya dingin dianggap memiliki kemampuan untuk “membekukan” lemak dalam tubuh. Padahal ini merupakan pernyataan yang sama sekali belum bisa dipertanggungjawabkan.

  • Logika Berlawanan atau Persamaan Terbalik?

Pernyataan bahwa es (batu) mampu membekukan lemak di dalam tubuh ini sepertinya hanya logika berlawanan yang dipikirkan banyak orang. Yaitu ketika mengamati kegiatan olahraga berkemampuan memanaskan tubuh dan menghancurkan lemak hingga pada akhirnya bisa membuat badan menjadi kurus, maka sebaliknya, dengan konsumsi  es batu yang bersuhu dingin bisa membuat lemak menjadi beku dan selanjutnya menggumpal.

[Baca juga: Inilah Beberapa Jenis Asupan Makanan dan Minuman Penghancur Lemak Dalam Tubuh]

Memahami pemaparan di atas, apakah itu disebut logika berlawanan ataukah persamaan terbalik? Entahlah.

  • Belum Terbukti

Alih-alih memikirkan jawaban dari kalimat tanya adi atas, ada yang lebih bisa diamati, bahwa kenyataannya para ahli masih belum menemukan efek penggemukan badan itu akibat dari meminum air es. Baik dalam hal kemampuannya membekukan lemak ataupun darah di dalam tubuh.

Belum pula ada bukti yang menyatakan bahwa es batu bisa mengganggu organ-organ tubuh. Pasalnya air dingin –termasuk es batu yang masuk ke dalam tubuh kenyataannya tiada beda dengan air biasa. Sebaliknya, pada asupan apa pun, justru tubuhlah yang lebih menyesuaikan diri dan beradaptasi.

  • Sensasinya Hanya di Mulut

Penyesuaian kondisi dan suhu ini terjadi karena pada tubuh kita terdapat banyak pembuluh darah yang juga memiliki fungsi menghangatkan air dingin. Bahkan proses penghangatannya telah dimulai sedari air mulai melewati bagian kerongkongan kita, kemudian menuju lambung. Pada akhirnya ketika tiba di bagian usus halus, air dingin tadi tiada bedanya dengan air lain yang bersuhu normal . Artinya, rasa dan sensasi dingin sejatinya lebih dirasakan pada bagian mulut kita saja, karena setelah itu akan serupa dengan air lainnya.

[Baca juga: Apa Saja Penyebab Kanker Mulut?]

Es Batu Bisa Membuat Gemuk!

Kembali ke pertanyaan awal, ‘benarkah es (batu) bisa menyebabkan badan kita gemuk?’    Iya. Bisa.

Iya, memang ada yang membuktikan bahwa es batu ataupun air dingin mampu menyebabkan badan menjadi gemuk. Namun jangan ditelan mentah dulu jawaban itu. Karena butuh dicermati proses konsumsinya.

Iya, es batu bisa membuat gemuk, tapi… jika ia diminum bersamaan dengan bahan lain yang memang memiliki pengaruh kegemukan. Sebagai contoh adalah sirup, es buah, ataupun beragam soft drink yang tersedia.

  • Es Sirup, Es Teh, Es Buah, dan lain-lain

Es sirup bisa memengaruhi kegemukan, karena dari dua sendok-makan cairan sirup terdapat kandungan kalori sebanyak 106 kalori. Begitu juga dari satu kaleng soda (dingin), ia memiliki kandungan 140 kalori. Es buah, tentu bergantung dari jenis buah yang dijadikan bahan minuman bersama es itu, berapa jumlah kalorinya.

  • Ketagihan Minuman Manis Dingin

Cuaca panas dna terik menuntut kita mengkonsumsi cairan yang dingin dan juga manis. Karena setelah meminumnya, kesegaran itu akan segera terwujud.

Namun tahukah Anda bahwa tanpa sadar sebenarnya tubuh kita juga telah mengonsumsi kalori  dari beragam pemanis yang ada. Akibat kesegaran dan kenikmatan yang dirasakan itu, bukan tidak mungkin kontrol kita akan menjadi sirna. Pada akhirnya tak sadar gemuk akan segera menghinggapi tubuh akibat ketagihan konsumsi es batu rasa manis itu.

Jadi, dari pemaparan di atas bisa diamati bahwa sejatinya bukan es batunya yang membuat badan kita gemuk ataupun perut kita buncit, melainkan pasangan dari es batu itulah yang memengaruhinya. Karena es batu dengan air putih biasa kalorinya hanya nol.      Sehingga justru ketika kita sering mengonsumsi air putih dengan es batu, ada kemungkinan berat badan akan tetap terjaga. Alasannya bisa jadi karena telah merasa kenyang dari asupan air putih itu sehingga kita tak lagi bernafsu makan. Padahal es batu plus air putih itu jumlah kadar kalorinya hanya 0. [uth]
Sumber Rujukan:
[1] Benarkah Es Batu Bikin Gemuk?; intisari-online.com, diakses pada 26 Oktober 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 26 Oktober 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here