Inilah Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan

0
1636
Inilah Khasiat Nenas untuk Kesehatan
Inilah Khasiat Nenas untuk Kesehatan Tubuh

NANAS atau ada juga yang menyebutnya nenas merupakan buah yang jika dilihat memang tak begitu bagus penampakannya, karena dari kulit saja yang terlihat hanyalah semacam sisik sedangkan pohonnya juga memiliki duri.  Namun, di balik ketikdak-indahan itu ternyata selain enak aroma dan rasanya, terdapat pula banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

Apa saja kandungan dalam nanas yang memiliki manfaat bagi tubuh itu? Di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

  • Sumber bromelain

Bromelain merupakan enzim yang memiliki fungsi sebagai pemecah protein dan juga mengurangi pembengkakan. Nah, nenas termasuk buah yang istimewa karena nenas-lah satu-satunya sumber bromelain di dunia ini. Maka, tak heran apabila selama berabad-abad nanas itu sudah digunakan sebagai penyembuh sakit.

  • Terdapat 10 Kandungan Nutrisi

Tubuh bisa menjadi sehat dan bugar tentu saja karena asupan nutrisi yang cukup. Pada buah nanas diketahui ada 10 jenis nutrisi yang penting bagi tubuh sebagai materi yang menyehatkan itu. Nutrisi tersebut yaitu thiamin. Riboflavin, vitamin B-6, folat. Asam pantothenic, magnesium, mangan, potassium, antioksidan, dan beta karoten.

Beberapa zat tersebut menjadi sangat penting, khususnya bagi Anda yang telah berusia lanjut. Selain itu, ada pula antioksidan yang mmeiliki kemampuan dalam hal menjaga kesehatan jantung serta otak kita.

  • Penuh Vitamin C

Sebagaimana kebanyakan buah, tentu ada kandungan vitamin C. Dan apabila banyak orang masih berkutat pada buah jeruk guna mendapatkan asupan vitamin C, maka nenas juga memiliki kadar vitamin C yang tak kalah banyaknya. Karena ternyata dengan satu porsi nanas apabila dikonsumsi rutin dan teratur setiapo hari, maka skebutuhan akan vitamin C harian tubuh kita sudah sangat terpenuhi.

[Baca juga: Bekamine 10: Multivitamin Indonesia yang Telah Diproduksi Sejak Masa Kemerdekaan]

  • Memperkuat Pencernaan

Jika di bagian teratas tadi disebutkan mengenai zat bromelain dengan fungsi sebagai pemecah protein dan juga mengurangi pembengkakan,   maka zat bromelain di dalam nanas tersebut juga sangat membantu pencernaan kita. Oleh karena itu ketika nanas memiliki banyak serat, bromelain menjadi zat dengan fungsi bagus padanya, yaitu guna menghilangkan konstipasi serta membersihkan usus besar kita.

  • Mengurangi Darah Tinggi

Ada banyak bahan bisa digunakan guna mencegah ataupun mengurangi tekanan darah tinggi manusia. Termasuk di dalamnya adalah buah nenas. Bahkan karena ia menjadi baik guna mengurangi darah, maka selain bisa mengurangi pembengkakan, kadar bromelain di dapamnya juga mampu mengurangi tekanan darah dalam tubuh.

[Baca juga: Inilah Beberapa Asupan yang Mengatasi Tekanan Darah Tinggi]

Mengamati hal di atas, sehingga kita pun bisa mengatakan bahwa nenas bisa pula digunakan sebagai pengganti obat aspirin, namun memiliki keunggulan karena lebih alami dan rasanya juga enak dinikmati. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Mengapa Kita Harus Menyantap Buah Nanas Setiap Hari?; nationalgeographic.co.id, diakses pada 2 November 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 2 November 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here