Makanan yang Naik Kelas dan Awalnya Biasa saja

0
1713
Inilah Makanan yang Naik Kelas
Inilah Makanan yang Naik Kelas

MAKANAN yang kita konsumsi sehari-hari apabila diklasifikasikan berdasarkan harga dan lalu diperbandingkan sesuai rasanya, –terlepas dari selera tiap manusia– tentu akan memiliki perbedaan masing-masing. Yang paling gampang dijumpai biasanya adalah yang enak pastinya akan mahal harganya, sedangkan yang biasa-biasa saja tentu juga memiliki harga biasa bahkan di bawah biasa alias murah.

Berbicara mengenai hal di atas, ternyata ada yang awalnya hanya biasa namun seiring perkembangan waktu justru menjadi luar biasa dan banyak digemari sehingga menjadi mahal harganya.

Alasan Menjadi Luar Biasa

Ada banyak alasan yang melatar-belakangi perubahan dari biasa menjadi luar biasa tersebut. Entah karena memang pengolahannya yang sudah semakin pas, keberadaannya yang semakin langka sementara peminatnya makin banyak, atau bisa jadi karena khasiatnya yang berlimpah.

Contoh dari yang biasa menjadi luarbiasa itu antara lain adalah makanan Jepang seperti sushi dan belut. Di mana kedua makanan itu awalnya dianggap sebagai makanan biasa, namun popularitas di hari kemudian membuat banyak restoran bisa memasarkannya dengan harga mahal.

[Baca juga: Inilah Beberapa Keuntungan Makanan dengan Bungkus Daun Pisang]

Inilah Makanan yang Awalnya Biasa

Lalu apa saja contoh lain dari beberapa makanan yang awalnya biasa dan berharga murah namun selanjutnya menjadi luar biasa dan berharga mahal itu?

  • Belut

Meski belut di Jepang awalnya hanya dianggap sebagai makanan tradisional, namun seiring wkatu justru ia memiliki kelas. Bahkan anak belut atau disebut pula dengan nama elver dianggap pula sebagai delicacy.

  • Buntut Sapi

Bagi yang akrab dnegan dunia kuliner tentu tak akan asing lagi dengan sajian yang berbahan buntut sapi. Ada sup buntut, ada buntut bakar, dan masih banyak lagi.    Dahulunya ternyata buntut hanyalah potongan murah yang dijual oleh para pedagang, akan tetapi kini ia menjadi asupan favorit bagi sebagian orang.

Hal itu bisa terjadi karena seiring berjalannya waktu popularitasnya menjadi meningkat, yaitu setelah sajian ala Karibia menjadi semakin populer di Amerika Serikat.

  • Quinoa

Quinoa yang merupakan biji makanan asal dari Peru kini juga dianggap sebagai makanan berkelas alias superfood. Alasan yang melatarbelakangi kepopulerannya karena ia dikenal sebagai makanan sehat.

  • Sushi

Sushi yang merupakan jenis makanan asal Jepang, pada awalnya merupakan cara mengawetkan ikan dalam nasi fermentasi.   Namun pasca Perang Dunia II, yaitu ketika sushi dihadirkan di Amerika, justru menjadi bagian dari sajian eksotis Asia, yang selanjutnya membuat kepopuleran ikan mentah sebagai sajian yang bermunculan di banyak restoran.

  • Tiram

Meskipun bukan hidangan kelas atas, namun kini tiram telah masuk dalam kelas makanan populer. Hal yang melatarbelakangi “fenomena biasa” pada tiram ini adalah melimpahnya pasokan tiram, yang salah satunya akibat dilakukan penangkapan besar-besaran di perairan Prancis .

Dan justru karena adanya penangkapan besar-besaran itulah maka muncul efek langkanya pasokan, apalagi saat itu sedang terjadi efek badai.   Nah dalam kondisi pasokan langka ini, maka dimulailah budidaya tiram oleh masyarakat, sehingga  statusnya semakin naik kelas dan bahkan menjadikannya sebagai makanan mewah.

  • Monkfish

Apa itu Monkfish?

Jika Anda mengenal udang-lobster yang besar dan rasanya enak, maka monkfish dahulunya dikenal sebagai lobsternya orang miskin. Yaitu termasuk ikan yang karena bentuknya menyeramkan maka dahulu sempat dilarang peredarannya di pasar ikan Prancis.

Pada akhirnya fenomena menyangkut monkfish ini menjadi berubah setelah seorang chef (juru masak) menemukan bagian ekor monkfish yang ternyata memiliki rasa serupa lobster. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Dulunya 10 Makanan Mahal Ini Adalah Makanan Sepele dan Murah; detik.com, diakses pada 3 November 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 3 November 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here