Daun Kosambi Bermanfaat Mengobati Eksim, Kudis, dan Kulit Gatal

0
4650
Khasiat Daun Kosambi sebagai Obat Eksim, Kudis & Kulit Gatal
Inilah Cara Memanfaatkan Daun Kosambi sebagai Obat Eksim, Kudis & Kulit Gatal

KOSAMBI mungkin merupakan nama yang tak akan asing bagi Anda khususnya yang tinggal di wilayah Jakarta Barat ataupun di sepuaran Tangerang, pasalnya di area sana ada satu daerah bernama Duri Kosambi yang letaknya tak jauh dari Kembangan, Joglo, ataupun Cengkareng.

Selain sebagai nama daerah, ternyata kosambi juga merupakan nama satu tanaman yang biasa tumbuh pada area kering.

Tanaman Kosambi

Kosambi, atau ada pula yang menyebutnya kesambi memiliki bahasa latin schleichera oleosa. Adalah sebuah pohon yang mampu hidup di daerah kering dengan ketinggian sekitar 15 hingga 40 meter, dengan batang pohon yang berdiameter 60 hingga 175cm.

Sebagai tumbuhan yang bisa tumbuh di Asia Tenggara maka tanaman ini juga tumbuh subur di wilayah nusantara baik yang memiliki ketinggian enol mdpl, ataupun yang ketinggiannya bisa emncapai 1200 meter di atas permukaan laut.

  • Kosambi Kerikil

Ada dua jenis kosambi yang biasa tumbuh di Indonesia, yaitu kosambi kerikil dan juga kosambi kebo (kerbau).     Kosambi kerikil selain kulit batangnya lebih tipis dibanding kosambi kebo, juga memiliki daun yang lebih kecil dengan bentuk yang memanjang. Sedangkan di bagian batangnya bercabang liar.

  • Kesambi Kerbau

Untuk jenis kosambi kerbau, ia mempunyai daun yang melebar pada ujungnya, serta kulit kayunya juga lebih tebal. Mengenai bentuk cabangnya, kosambi kebo ini lebih teratur dan tegak lurus menuju ke arah atas.

[Baca juga: Kulit Pohon Kayu Putih Mengatasi Insomnia Secara Alami]

Kadar Kimia

Dalam daun, akar, dan batang kesambi pada umumnya memiliki kandungan saponin dan tannin. Sedang untuk bagian daun sendiri, ia berkadar alkaloida.

Konsumsi Kosambi

  • Sayur Asam & Lalapan

Selain bisa dimanfaatkan untuk sayur asam, daun kosambi juga bisa diambil sebagai lalapan. Daun kosambi yang dilahap mentah ini memang memiliki rasa tak begitu enak khususnya bagi Anda yang belum biasa, yaitu rasa sepet. Akan tetapi kenyataannya ia juga menjadi daun pilihan bagi sebagian orang.

  • Obat Eksim

Di samping sebagai bahan lalapan dan juga bahan sayuran, daun kosambi memiliki khasiat lebih, yaitu sebagai obat gatal-gatal, misalnya kudis, jamur kulit, serta eksim.

Jika ingin dijadikan sebagai obat eksim, silakan ambil sebanyak kurang-lebih 15 gram daun kosambi yang masih segar, kemudian dibersihkan dan lalu direbus selama 25 menit, menggunakan 3 gelas air.    Selanjutnya silakan disaring air rebusan daun kosambi tersebut, lalu silakan tunggu beberapa saat hingga hangat ataupun dingin untuk kemudian digunakan untuk mencuci bagian yang terkena eksim hingga bersih.

[Baca juga: Daun Jawer Kotok Memiliki Khasiat Mengobati Beberapa Penyakit]

  • Obat Kudis & Gatal-gatal

Jika untuk mengobati eksim kita menggunakan air rebusan daunnya, maka untuk mengobati rasa gatal dan juga kudis, silakan mengambil daun kering kosambi itu, untuk kemudian dibakar dan dimanfaatkan asapnya. Yaitu guna pengobatan pengasapan. Caranya dengan mengasapi bagian yang terkena penyakit kudis dan gatal-gatal di atas bakaran daun kosambi tadi. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Daun Kosambi Obati Eksim; Koran Cetak Minggu Pagi, minggu ke-1 November 2015
[2] Gambar ilustrasi; wikimedia.org, diakses pada 7 November 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here