Beberapa Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Rambut

0
1214
Inilah Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Rambut
Inilah Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Rambut

NUTRISI RAMBUT ada banyak macamnya, baik dari yang tradisional ataupun yang telah diolah secara modern dan instan sehingga bisa langsung digunakan oleh masyarakat. Namun sehbat apapun, tetap semuanya harus kembali lagi pada pola hidup kita, apakah sehat atau tidak. Karena pola hidup itu bukan saja berpengaruh terhadap tubuh, akan tetapi juga memengaruhi kondisi rambut sebagai mahkota kita.

Nutrisi dalam makanan yang kita konsumsi dan sangat memengaruhi kondisi rambut itu penting karena mampu membentengi folikel rambut dan sekaligus kulit kepala demi mendapatkan hasil maksimal dan tak gampang rusak.    Ada banyak asupan makanan yang bisa kita lahap, dan di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

[Baca juga: Tahukah Anda Mode Rambut Sambungan Telah Ada Sejak 3000 Tahun Lampau?]

Green Tea alias Teh Hijau

Sebagaimana telah banyak dirujuk, green tea sangat disarankan untuk dikonsumsi karena manfaat yang ada di dalamnya. Manfaat untuk rambut, di antaranya adalah mampu membuat semakin mengkilau dan juga mengatasi ketombe. Khasiat ini diperoleh karena terdapatnya kadar polifenol pada teh hijau yang juga memiliki fungsi dalam menjaga kondisi kulit kepala tetap sehat.

[Baca juga: Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh]

Telur

Telur yang memiliki banyak kandungan biotin dan vitamin B bisa dikonsumsi apabila hendak memiliki rambut bagus. Dua kadar nutrisi dalam telur itu bisa membantu memelihara rambut, karenanya banyak produsen sampo dan conditioner menjadikannya sebagai salah satu bahan.

Ikan Salmon

Salmon merupakan jenis ikan yang enak rasanya meski tak menggunakan banyak bumbu, karenanya ia termasuk jenis ikan yang mahal. Akan tetapi tak ada ruginya mengonsumsi ikan jenis ini, lantaran ada berlimpah manfaat yang bisa diperoleh darinya.

Ikan salmon yang memiliki kandungan protein tinggi dan vitamin D, sekaligus kaya akan asam lemak omega-3, sangat baik pula bagi rambut. Sebagai contoh adalah manfaatnya dalam menjaga rambut terhidrasi dengan baik, tak lain ini adalah efek bagus yang berasal dari kandungan asam lemak omega-3 tadi.

Wortel

Banyak orang mengasumsikan bahwa wortel yang dikonsumsi, memberikan efek sangat baik bagi kesehatan mata. Namun tahukah Anda, bahwa selain mata ternyata wortel juga merupakan asupan yang bagus bagi rambut. Kadar vitamin A di dalamnya bisa membantu dalam pembentukan minyaksebum pada kulit kepala.

Sebum adalah unsur sangat penting dalam membantu menjaga kulit kepala sekaligus rambut agar tetap lembab dan sehat.

Kacang Hijau

Sebagian orang mungkin sangat gemar mengonsumsi bubur kacang ijo, dan mereka jarang sekali yang mendapatkan efek negatif darinya. Artinya, bahan kacang hijau memang baik bagi tubuh, termasuk di dalamnya adalah kondisi rambut dan kulit kepala.

Kadar dalam kacang hijaulah yang membantu menjaga kesehatan itu, di antaranya adalah vitamin B, mineral, seng, dan zat besi. Oleh karenanya tak heran apabila kita sering menjumpai para orang tua menyarankan kepada para perempuan yang sedang hamil untuk sesering mungkin konsumsi kacang-ijo yang katanya bisa membuat bayi dalam kandungannya memiliki rambut lebat. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Makanan Tepat untuk rambut yang Sehat; Koran Cetak Kompas 10 November 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 10 November 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here