Inilah 8 Jenis Kecerdasan Anak Menurut Thomas Armstrong

0
2931
8 Jenis Kecerdasan Si Kecil Menurut Thomas Armstrong
Inilah 8 Jenis Kecerdasan Si Kecil Menurut Thomas Armstrong

ANAK cerdas menjadi idaman bukan saja bagi para orangtua, namun juga bagi kakek, nenek, dan keluarga yang mengelilinginya. Karena dengan kecerdasan yang ada maka ada banyak tumpuan harapan yang bisa disematkan pada si kecil.

Meski masa kini telah dianjurkan untuk tak memaksakan kehendak kepada anak, baik mengenai passion, hobi, dan juga keinginannya, namun bukan berarti orangtua tak memiliki harapan kecerdasan dalam dirinya. Pasalnya dengan kecerdasan itulah justru segala apa yang dikehendaki anak akan lebih mudah untuk mewujudkannya. Orangtua pun jadi semakin tahu untuk menggiringnya ke arah mana, tak lain adalah dari kecerdasan itu pula.

Apa Kecerdasan itu?

Mengacu pada pernyataan yang dilontarkan oleh Thomas Armstrong, Ph,D, seorang  ahli pada bidang Multiple Intelligences, ia memaparkan bahwa sejatinya terdapat 8 ragam kecerdasan anak itu.  Artinya, secara umum sebenarnya setiap anak itu masuk dalam kategori pintar, hanya saja tingkat kepintarannya yang memiliki perbedaan.

Dalam melihatnya, sudut pandang mengamati anak pintar di masa kini tak sebatas melihatnya  pada segi akademis saja. Akan tetapi kita juga musti mencermatinya dari sisi-sisi lain, misalnya dari bakat ataupun kemampuan.        Seperti dipaparkan oleh Amstrong pada acara “Beda Anak, Beda Pintar” yang diselenggarakan S-26 Procal GOLD di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, kepintaran anak bisa dikenali dan ditentukan, tak lain adalah dengan cara mengamati tingkah lakunya.

[Baca juga: Bagaimana Cara Mengajari Si Kecil Ibadah Puasa?]

8 Jenis Kecerdasan Anak

Dan di bawah ini adalah delapan jenis kecerdasan anak sesuai yang dipaparkan Thomas Armstrong, Ph, D agar diketahui dan dipahami para orangtua itu.

  • Nature Smart

Jenis kecerdasan ‘nature smart’ bisa dilihat dari kesukaan ana pada lingkungan yang meliputi binatang, tumbuh-tumbuhan, dan berbagai isi alamnya.  Di samping itu, hasrat untuk peduli terhadap lingkungan, dan kemampuan menggolongkan jenis tanaman  ataupun mengoleksinya menjadi kecerdasan yang ramah dan bagus.

Kecerdasan semacam ini bisa tercipta dan semakin membekas tatkala sang orangtua acap mengajak si kecil untuk berkebun, ataupun berkegiatan kecil di lingkungan. Yaitu mislanya dengan memanfaatkan pekarangan di seputar rumah, sekecil apapun, dan selanjutnya membiarkan si kecil berkreasi sesuai keinginannya. Menanam, mencangkul, dan lain sebagainya

  • Music Smart

Sejatinya ragam kecerdasan musik ini tak sedikit jumlagnya, gampangnya bisa diamati pada si kecil yang gemar dan suka menyanyi, bermain alat musik, mengingat-ingat syair lagu, dan beragam kegiatan yang berkaitan dalam bidang musik.

Dalam membimbing anak tipe music smart ini, orangtua bisa mengajaknya menonton konser musik, ataupun sekadar bernyanyi karaoke bersama. Jika itu telah dilakukan, ada baiknya pula mengikutsertakan si kecil dalam kursus musik dan lalu juga aktif dalam kegiatannya. Sebagai contoh adalah les piano, kursus suling, bermain gitar, olah vokal, dan masih banyak lagi.

  • Word Smart

Word Smart pada anak bisa dicermati dari kegemarannya membaca, menulis, berbicara dan juga menyimak cerita. Orang tua bisa mengajak si kecil membaca buku cerita, melakukan percakapan, ataupun bermain balok yang bertuliskan kata-kata.

  • Body Smart

Kecerdasan tubuh menjadi salah satu ragam kepintaran anak. Ia bisa ditemukan pada anak yang bisa menunjukkan sesuatu dari tangan dan juga anggota tubuh lainnya. Misalnya menari, berolahraga, ataupun hanya sebatas menyentuhbeberapa benda dan lalu mempelajarinya.

Spaya memperoleh hasil optimal dalam perkembangan kepintarannya, maka sang orangtua disarankan untuk mengajak si kecil melakukan olahraga bersama ataupun pergi menonton film di bioskop.

  • Number Smart

Jenis kecerdasan pada angka adalah jika melihat si kecil tertarik dengan bidang matematika, sains, ataupun yang berhubungan dengan logika. Sebagai contoh adalah membikin permainan dari lidi, atau bisa pula timbul pertanyaan mengenai alam yang dilihatnya, “kenapa langit warnanya biru?”

  • Picture Smart

Kecerdasan pada karya rupa alias gambar. Ini bisa dicermati pada anak yang gemar menggambar, menyukai seni rupa –termasuk seni kriya, gemar berimajinasi.

  • People Smart

People Smart adalah jenis kepintaran si kecil yang bisa dicermati pada saat ia suka bermain dengan teman-temannya, ia berempati, ia gemar memimpin, dan ia pun acap menuturkan perasaan orang lain. Artinya, kepintaran ini adalah satu jenis kepandaian yang ada dalam ranah sosial. Dengan demikian ia akan menjadi semakin memiliki “smart people” tatkala sering diajak bermain bersama di luar rumah, diajak mengunjungi acara keluarga, dan pergaulan sosial lainnya.

{Baca juga: Bagaimana Cara Agar Si Kecil Tak Mudah Melampiaskan Amarahnya?]

  • Self Smart

Sebagaimana arti katanya, Self Smart merupakan bentuk kecerdasan yang ada dari diri-pripadi. Pada tipe ini, biasanya si kecil cenderung gemar bermain sendiri.   Anak-anak dengan kepintaran ini ditengarai bisa mengetahui ketika besar nanti ingin jadi apa. Bukan itu saja, ternyata ia juga mempunyai rasa percaya diri kuat serta memiliki kemampuan dalam hal mengkomunikasikan perasaannya.

Menghadapi anak bertipe “self smart” ini, sang orangtua bisa sesering mungkin mengajaknya berbicara dari hati ke hati. Sehingga ketika dia memberitahukan kehendaknya mengenai “ingin jadi apa ketika besar nanti,” maka dukungan dan arahan oranngtualah yang baik diterapkan demi meraih apa yang ia cita-citakan itu.

[Baca juga: Hal-hal Penting Orangtua Perlu Ajarkan Kepada Anak]

Secara umum sebenarnya tiap anak itu memiliki berjenis-jenis kecerdasan sebagaimana disebutkan di atas. Namun pastinya ada yang paling dominan darinya. Sehubungan dengan hal tersebut, maka  posisi orangtua  wajib mencoba menstimulasi 8 kecerdasan itu guna mengobservasinya, dan ketika telah diperoleh kecerdasan yang tepat, gtindakan lanjutnya adalah mengarahkan si kecil itu. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Yuk, Kenali 8 Jenis Kecerdasan Anak, intisari-online.com, diakses pada 11 November 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 11 November 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here