Lalapan Daun Harendong Memiliki Banyak Khasiat bagi Kesehatan Tubuh

0
5529
Inilah Daun Harendong atau Senggani
Inilah Daun Harendong atau Senggani

HARENDONG bisa jadi sangat akrab di telinga orang-orang yang gemar dengan santapan lalapan. Pasalnya ia merupakan tanaman dengan daun yang memiliki rasa enak dan aromanya juga khas. Bagi sebagian orang, harendong ini disebut pula dengan nama senggani, yaitu satu jenis tanaman yang biasa tumbuh pada ketinggian di atas 1650mdpl.

Senggani ataupun harendong ini di Melayu dikenal dengan nama senduduk, di Jawa namanya kluruk, di Madura berjuluk kemanden, dan orang-orang Cina menyebutnya juga dengan nama yeh mu tan. Yaitu satu tanaman perdu yang ada dalam golongan familia Melastomataceae.

Ciri Fisik Harendong

Harendong meiliki cirifisik pohon yang tegak dengan tinggi di antara setengah meter hingga empat meter. Memiliki banyak cabang, berambut dan bersisik.    Daunnya adalah tunggal dan bertangkai, dengan bentuk helai bundar telur, lancip pada bagian ujungnya, rata di tepinya, dan permukaannya memiliki rambut pendek. Tanaman harendong ini juga memiliki buah yang apabila telah masak, ia merekah dengan warna ungu kemerahan.

Khasiat Senggani

Di dalam senggani ini terdapat kandungan berupa saponin, tannin, dan flavonid, yang kesemuanya itu pastinya memiliki manfaat bagi tubuh kita.

[Baca juga: Khasiat Tanaman Bungur Kecil Untuk Pengobatan]

  • Mengatasi Keputihan

Bagi Anda para wanita, bisa memanfaatkan harendong guna mengatasi keputihan. Caranya dengan menyiapkan dua genggam daun harendong, bengle, dan jahe ukuran ibu jari orang dewasa. Lalu bersihkan menggunakan aor dan kemudian potong-potong.

Masukkan tiga gelas air plus satu sendok cuka ke dalam panci, selanjutnya silakan direbus hingga matang dan tersisa dua gelas. Setelah itu, tunggu hingga dingin dan silakan disaring ambil airnya untuk dikonsumsi, idealnya silakan minum sebanyak dua kali dalam satu hari, masing-masing satu gelas.

  • Menetralkan Racun

Sebagaimana air kelapa, harendong memiliki khasiat juga untuk menetralkan racun. Silakan ambil sekitar 60gram daun harendong, dan lalu rebus menggunakan tiga gelas air hingga mendidih dan menyisakan satu gelas. Serupa dengan mengobati keputihan, setelah itu tunggu hingga dingin kemudian diminum secara rutin.

  • Menjaga Kesehatan Gigi

Seperti orang yang sedang mengunyah sirih, daun harendong bisa dikunyah pula. Bahkan hal ini bisa untuk menguatkan gigi. Dan apabila ada yang giginya mulai goyang tanpa jelas peneyebabnya, silakan ambil sebanyak lima daun harendong, cuci bersih dan kemudian dikunyah hingga lembut kira-kira selama 10 menit. Lakukan secara rutin, misalnya setiap pagi hari.

Gigi akan menjadi kuat kembali karena khasiat dari kandungan antispetik yang ada dalam daun harendong ini yang selain bisa menguatkan juga bisa mencegah terjangkitnya infeski pada mulut.

[Baca juga: Penyebab Sakit Gigi Pada Anak Bisa Berkelanjutan Hingga Dewasa]

Selain beberapa manfaat di atas, sejatinya masih ada lagi beberapa khasiat lain dari daun harendong ini. Jadi, silakan nikmati kesegaran daun harendong yang nikmat juga sebagai bahan lalapan mendampingi menu nasi dan lauk kita. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Harendong Cegah Infeksi Mulut, Koran cetak Minggu Pagi, Minggu II November 2015
[2] Gambar ilustrasi; tamansafari.com, diakses pada 14 November 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here