Benarkah Menikah bisa Membuat Panjang Umur?

1
1698
Benarkah Menikah bisa Membuat Panjang Umur
Benarkah Menikah bisa Membuat Panjang Umur?

MENIKAH banyak dikatakan sebagai hidup baru, karenanya ada ucapan salam ataupun selamat. “Selamat menempuh hidup baru. Semoga langgeng,” begitulah salah satu kalimat ucapan sebagai pernyataan “hidup baru” tersebut.

Selain kebahagiaan secara lahiriah, ada yang menegarai bahwa dari penelitian yang ada, pernikahan juga bisa meningkatkan status kesehatan mental dan fisik. Hal itu sebagaimana dilansir dari halaman Shape. Dan di bawah ini adalah beberapa manfaat dari pernikahan itu.

[Baca juga: Tahukah Anda Ada Penyandang Status Jomblo Yang Nekat Menikahi Pohon dan Ular Kobra?]

  • Membuat Hidup Bahagia

Seperti dalam ucapan orang-orang yang ditujukan kepada mempelai  ataupun pengantin, yaitu ucapan selamat berbahagia dalam menempuh hidup, maka memang benar adanya bahwa  hal yang bisa diperoleh dalam kebahagiaan itu salah satu caranya adalah dengan menikah.

Bukti kebahagiaan itu dibuktikan dengan adanya satu studi di Harvard komprehensif, yang secara serius mengadakan penelitian kebahagiaan dan komitmen terhadap banyak pasangan dengan durasi waktu selama 75 tahun, yang pada kenyataannya menemukan fakta bahwa kebahagiaan bisa didapat dari pernikahan.

  • Hormon Stres Turun

Pada saat jelang pernikahan, acara persiapannya bisa jadi membuat yang melakoninya stres. Akan tetapi disinyalir bahwa setelah terjadinya pernikahan justru stres yang ada akan segera hilang dan bahkan mampu membantu menurunkan risiko stres yang berlebih. Hal ini sebagaimana dipaparkan oleh para peneliti University of Chicago dan Northwestern University yang menemukan bahwa komitmen sebuah pernikahan bisa membuat tubuh memproduksi lebih sedikit hormon stres, yaitu berupa kortisol.

[Baca juga: Inilah Efek Stress pada Kesehatan Tubuh]

  • Panjang Umur

Menikah diyakini beberapa orang mampu membuat usia manusia bisa bertahan lebih lama. Alasannya karena dengan menikah maka jaringan sosial akan menjadi lebih luas, sehingga dukungan dalam beraktifitas dalam hidup akan semakin melimpah. Hal ini seperti yang dinyatakan pada penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Marriage and Family.

Demikian beberapa kelebihan dari banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan dari pernikahan manusia. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Jangan Ragu Menikah, Banyak Manfaatnya Lho!; republika.co.id, diakses pada 16 November 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 16 November 2015

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here