Beberapa Faktor yang Disukai Nyamuk

0
1478
Inilah Beberapa Faktor yang Disukai Nyamuk
Inilah Beberapa Faktor yang Disukai Nyamuk

NYAMUK merupakan binatang yang tak lekang zaman dan juga tak sirna oleh waktu. Ini tentu saja berbeda dengan binatang jenis lain yang sama-sama menggunakan sayap sebagai alat bergeraknya. Sebut saja kupu-kupu ataupun capung. Baik di beberapa kampung ataupun di kota-kota besar, dua jenis binatang terbang ini akan bisa dijumpai hanya dalam waktu-waktu tertentu. Sebagai contoh jika setelah musim pohon meranggas, ataupun musim kemarau tiba. Hal ini tentu sangat berbeda dengan keberadaan nyamuk yang bukan saja tak mengenal waktu, akan tetapi juga tak mengenal area. Ia bisa tumbuh subur beranak pinak apalagi jika lokasinya sangat mendukung perkembangannya.

Berbicara mengenai perkembangan nyamuk, ada baiknya jika kita juga mengetahui beberapa faktor pembuat nyamuk mendekati dan lalu menggigit salah satu bagian kulit luar kita. Dengan begitu, maka kita bisa mensiasati agar terhindar dari kerumunannya, sehingga penyakit malaria dan sejenisnya juga bisa terhindarkan.

[Baca juga: Inilah Beberapa Tanaman Pengusir Nyamuk di Seputar Kita]

  • Nyamuk Suka Warna Gelap

Jika kita sering memperhatikan, maka bisa kita simpulkan bahwa nyamuk gemar sekali bersembunyi di area-area gelap dan tersembunyi. Sebut saja bawah bagian sofa ataupun kolong tempat tidur. Ternyata bukan ruangan gelap saja yang nyamuk suka, melainkan juga warna.

Hitam dan biru tua menjadi contoh warna gelap yang digemari nyamuk. Oleh karenanya, apabila Anda mengenakan pakaian dengan warna gelap sebagaimana disebutkan tadi, bukan tidka mungkin akan memiliki kecenderungan digigit lebih banyak nyamuk dibanding yang tak mengenakan pakaian warna gelap.   Hal ini terjadi karena penglihatan dan sensor yang dimiliki nyamuk sangat cocok dengan target-target warna gelap.

  • Nyamuk Tertarik Golongan Darah O

Beberapa ahli telah mengadakan penelitian golongan darah dan nyamuk, maka diperoleh hasil bahwa nyamuk akan lebih memilih mendarat pada kulit manusia dengan golongan darah O. Perbandingan dengan golongan darah selain O adalah sebanyak  dua kalinya, bahkan lebih.

Selengkapnya sila baca: Nyamuk Ternyata Lebih Terpikat Pada Pemilik Golongan Darah O

  • Nyamuk Gemar dengan Badan Berkeringat

Apabila badan Anda sedang berkeringat, tak pelak nyamuk pun akan mendekat dan mencoba menempel di tubuh Anda. Hal ini terjadi karena nyamuk sangat senang dengan hasil metabolisme tubuh, salah satunya adalah keringat. Oleh karena itu, sekiranya keringat Anda telah kering, segerakan untuk mandi demi terhindar dari snegatan nyamuk yang bisa mengakibatkan sakit.

  • Nyamuk Menyukai Wanita Hamil

Wanita hamil diharapkan bisa lebih waspada terhadap nyamuk, karena ia lebih rentan digigit. Ini diakibatkan oleh adanya banyak karbondioksida  yang dihembuskan oleh para wanita hamil. Padahal nyamuk ternyata memang sangat gemar dengan karbon dioksida ini.

Demikian mengenai beberapa dari banyaknya faktor nyamuk menggigit kita. Semoga setelah memahaminya, kita bisa meminimalisir nyamuk mendekati. [uth]

[1] Gambar ilustrasi: pixabay.com, diakses pada 20 November 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here