Bagaimana Cara Merawat Mebel Bambu?

0
2967
Inilah Cara Merawat Mebel Bambu
Inilah Cara Merawat Mebel Bambu

MEBEL yang dibuat dari bambu merupakan salah satu jenis tempat duduk natural dan adakalanya dikerjakan oleh tangan-tangan kreatif yang tak harus menjadi karyawan sebuah perusahaan. Artinya, mebel bambu adalah juga hasil karya alami bukan saja dari bahannya, akan tetapi juga dari proses serta cara pembuatannya. Tangan-tangan terampil tanpa harus bergantung pada mesin tetap membuahkan hasil yang tetap bisa bersaing dengan jenis tempat duduk lainnya.

Dan meskipun hanya terbuat dari bambu, namun jenis mebel ini juga tak kalah menariknya dengan mebel dari kayu ataupun dari besi. Bahkan selain harganya relatif lebih rendah dan bobotnya juga tak berat, adakalanya satu jenis ruangan justru lebih tepat ditempati mebel bambu dibanding sofa.

Butuh Perawatan

Sebagai jenis furniture yang alami dan ramah lingkungan, semakin banyak orang yang tertarik dengan mebel bambu ini. Namun karena bambu merupakan bahan yang sangat sensitif, dibutuhkan satu ketekunan dalam perawatannya, sehingga tetap bisa terjaga, awet, tahan lama, dan tetap nyaman digunakan.

Lalu apa saja faktor-faktor yang harus diperhatikan sehingga kita bisa mengetahui jenis-jenis perawatannya?

Hal yang Harus Diperhatikan

Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa dijadikan acuan dalam perawatan mebel bambu.

  • Hindari Cuaca Ekstrim

Suhu dan cuaca memberi pengaruh yang tak bisa diabaikan terhadap bambu. Oleh karenanya, hindarkan mebel bambu dari kontak langsung dengan cuaca ekstrim, sebagai contoh secara terus-menerus terkena terik matahari ataupun terguyur hujan.

Akan tidak baik adalah ketika sebuah (mebel) bambu secara mendadak terkena angin hujan yang dingin, dan tak lama kemudian disinari terik matahari, begitupun sebaliknya. Pasalnya, bambu yang terkena panas lalu dingin, ataupun terkena dingin kemudian tiba-tiba panas seperti itu memiliki kecenderungan “memuai” dan “menyusut.” Bahkan pada jenis bambu yang tak fleksibel, di mana serat bambu juga cenderung lurus, maka bisa saja akan mengalami keretakan karenanya.

  • Hindari Kontak Langsung dengan Tanah

Kontak langsung antara bambu dengan tanah juga merupakan hal yang kurang baik. Karena bambu merupakan jenis material yang bisa menyerap kelembaban pada tanah. Sehingga bukan tidak mungkin kelembaban ini juga akan menjadi media penularan jamur-spora dari tanah, yang pada akhirnya jamur-jamur itu menjadi perusak bambu yaitu dengan cara melemahkannya dan membuat kusam warnanya pula.

Begitu pula dengan rayap ataupun binatang perusak lainnya. Dengan kontak langsung ke tanah, maka ada kecenderungan rayap dan binatang perusak lain itu untuk merambah dan merusaknya.

[Baca juga: Giant Gippsland: Cacing Tanah Raksasa Yang Memiliki Panjang 78 Centimeter]

  • Cegah dengan Mengecatnya

Guna mengantisipasi hal di atas, maka akan lebih baik jika kita pun melakukan langkah pencegahan. Misalnya dengan cara mengecat dan juga melapisi dengan plitur. Dengan begitu maka kelembaban yang ada di lingkungan luar dari bambu tak akan bisa mudah masuk dan menjalarinya. Dengan mengecat dan melapisi plitur itu, kita pun secara tak langsung juga melakukan tindakan perlindungan terhadap organisme yang menjadikan mebel bambu sebagai tempat bersarang.

  • Finishing & Protecting

Bahan bambu akan lebih baik juga apabila dilapisi dengan cairan pelindung, misalnya adalah cairan finishing water base sebagai bantuan lapisan perlindungan. Tujuannya adalah agar bisa terpisah apabila ada cairan lain yang menempel pada bambu itu, sehingga akan segera bisa dilap dan dibuang sebelum keburu merasuk ke dalam bambu itu.

  • Gunakan Lap Basah, Jangan Air!

Langkah lain dalam perawatan mebel bambu adalah juga mengelapnya dengan menggunakan kain basah dan kemudian dielap menggunakan kain kering. Atau bisa juga menggunakan lap kanebo yang biasa dipakai pada kendaraan, pun menggunakan microfiber. Yang butuh diingat adalah; minimalisir menyiraminya dengan menggunakan air secara langsung.

Demikian mengenai perawatan mebel berbahan bambu. Semoga cukup bermanfaat dan membuat bambu tetap dalam perawatan prima, sehingga bisa awet dan nyaman digunakan. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Merawat Mebel Bambu; Koran Cetak Kompas, Senin 23 November 2015

[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 23 November 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here