Inilah Cara Memanfaatkan Botol Bekas sebagai Perangkap Nyamuk

0
3294
Botol Plastik Merusak Lingkungan
Botol Plastik Merusak Lingkungan

NYAMUK menjadi binatang yang lumayan mengganggu bukan saja pada malam hari jelang istirahat tidur, akan tetapi juga pada waktu lain. Pasalnya nyamuk juga tak mengenal waktu dalam terbang mengerumuni kita yang kemudian hinggap di bagian kulit dan menusukkan jarumnya guna menyedot darah.

Area-area gelap dan tersembuyi ataupun yang banyak perkakasnya, adalah bagian dari tempat yang digemari nyamuk untuk bersarang. Oleh karenanya, jika keberadaan kita tak jauh dari area semacam itu, dipastikan kitapun tak akan bisa lepas menjadi mangsanya.

Obat Pembasmi Nyamuk

Ada banyak macam obat yang bisa digunakan untuk membasmi nyamuk, dari yang bentuknya cair (gas), padat (dibakar), cream (oles), dan bahkan juga disambungkan dengan perangkat electric. Semua bisa kita dapatkan asal kita memiliki cukup uang dan ruang guna menghirup ataupun menerima akibat sebagai bagian konsekuensi dari pemakaian obat nyamuk.

Dari berbagai macam merk obat pembasmi nyamuk, pasti semuanya juga memiliki risiko yang tak bisa diremehkan. Ambil saja salah satu contohnya adalah obat nyamuk bakar, maka konsekuensi dari perginya nyamuk (kalau memang terbukti ampuh obatnya) adalah datangnya asap yang sudah barang tentu mengganggu pernafasan kita. Itu baru satu jenis, yaitu obat nyamuk bakar. Jenis obat pembasmi lain tentu saja juga memiliki risiko tersendiri, bukan?

[Baca juga: Nyamuk Ternyata Lebih Terpikat Pada Pemilik Golongan Darah O]

Alternatif Perangkap Nyamuk

Ada banyak pilihan bisa kita lakukan dalam mengatasi keberadaan nyamuk, dimana kalau tetap abai bukan tidak mungkin akan mengakibatkan penyakit fatal menghinggapi kita, malaria misalnya.    Pilihan sederhana adalah rajin membersihkan lingkungan, membebaskannya dari tumpukan sampah, mengganti air penampungan dan menguras bak mandi secara teratur, dan laku-laku lain yang masih berkaitan erat dengan kebersihan.

Di samping itu, ternyata kita pun bisa melakukan inisiatif lain. Yaitu menciptakan perangkap agar nyamuk tak mudah mengembangkan diri, sehingga rantai kehidupannya juga bisa terputus. Perangkap itu salah satunya bisa dengan memanfaatkan botol bekas minuman di seputar kita.

Memanfaatkan Botol Bekas

Jika ragam teknologi modern dalam mengusir nyamuk telah banyak kita jumpai, yang sebagian besar dilakoni oleh perusahaan-perusahaan besar dengan berbagai produknya. Maka sebagai pribadi, kita pun bukan berarti tak memiliki pilihan tersendiri dan hanya berlaku sebagai konsumen. Sebaliknya, kita tetap bisa bekerja sebagai produsen mengurangi dan mengusir nyamuk pengganggu ini, minimal untuk dikonsumsi diri sendiri.

Selain aman dan mudah didapatkan, kita bisa memanfaatkan botol bekas (minuman) sebagai piranti teknologi tepat guna mengurangi dan memutus mata rantai kehidupan nyamuk di seputar kita.

  • Botol Kemasan Ukuran 1,5liter

Caranya adalah dengan mengambil satu botol bekas kemasan (idealnya adalah yang berukuran 1,5 liter). Kemudian potong pada bagian tengahnya sehingga menjadi dua, bagian atas dan bawah. Selain itu sediakan pula 200ml air, 50gram gula merah, serta 1gram ragi.

  • Rebus Air Gula Merah

Air dan gula merah masukkan ke dalam panci, lalu direbus hingga benar-benar mendidih, dan setelah itu tuangkan ke dalam potongan botol bagian bawah hingga volume separuhnya. Masukkan ragi ke dalam cairan gula merah tersebut, namun tak perlu diaduk. Dengan begitu akan tercipta cairan karbondioksida. Perlu diketahui bahwa nyamuk sejatinya memang sangat suka dengan karbondioksida.

[Baca juga: Inilah Beberapa Tanaman Pengusir Nyamuk di Seputar Kita]

  • Pasang Terbalik Potongan Botol Atas

Langkah selanjutnya, silakan ambil potongan botol bagian atas, dan pasang dengan kondisi terbalik, yaitu mulut botol masuk ke dalam wadah cairan. Berikutnya ambil bahan yang berwarna hitam, bisa isolatif, plastik, kain, ataupun bahan warna hitam lainnya yang akan digunakan untuk membungkus sekeliling dan atau bagian luar serta bagian dasar sisi luar.

  • Tempatkan di Sudut Ruangan

Jika telah jadi botol isi cairan gula merah + ragi dan bertutup corong terbalik dengan pembungkus hitam itu, silakan meletakkannya di beberapa sudut ruangan yang Anda tempati. Dan biarkan cairan karbondioksida dalam kemasan botol hitam itu bekerja dalam beberapa hari ataupun beberapa minggu. Tak pelak, kawanan nyamuk akan bisa kita lihat masuk perangkap botol itu. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Teknologi Tepat Guna Pramuka: Alat Pembasmi Nyamuk Sederhana; ensiklopediapramuka.com, diakses pada 24 November 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 24 November 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here