Kenapa Pantat Sering Terasa Gatal?

0
2431
Kenapa Pantat Sering Terasa Gatal
Kenapa Pantat Sering Terasa Gatal?

PANTAT meskipun bentuknya sangat terlihat dan bisa didefinisikan dengan mudah, namun ia bisa dikategorikan masuk ke dalam bagian tubuh yang tersembunyi. Pasalnya, sebagian besar orang menutupinya dengan pakaian yang berlapis, misalnya celana sebagai pelapis pakaian bawahan lainnya.

Karena letaknya yang tersembuyi itu, maka satu kewajaran apabila kita pun tak begitu tahu persis penampakan dari permukaan pantan alias bokong itu. Misalnya warna kulit, bintik hitam, dan lain sebagainya.     Dan karena ketersembunyiannya itu, adakalanya kita erasa malu meminta tolong kepada saudara –atau bahkan teman– untuk sekadar melihat pun memeriksanya ketika muncul kemerahan atau iritasi.

Gatal dan Risih

Gatal yang kita rasakan di bagian pantan adakalanya juga mengakibatkan frustasi, karena kita kesulitan dalam mengamati perkembangannya. Nah, berbicara mengenai garal, risih, dan iritasi ini, lalu apa saja faktor penyebabnya?

[Baca juga: Inilah Beberapa Hal Yang Harus Dipahami Tentang Pantat Kita]

Kenapa Gatal di Pantat?

Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa dicermati jika bagian pantat kita terasa gatal dan tidak membuat nyaman.

  • Infeksi Jamur

Jika di bagian kulit pantat yang gatal terdapat luka dengan warna merah dan juga bersisik, maka ada kemungkinan disebabkan oleh adanya infeksi jamur.

Ini terjadi lantaran jamur gemar sekali dengan area yang gelap dan lembab, termasuk di dalamnya adalah area seputar pantat. Nah, jamur yang merebak pada area  rentan gesekan, seperti pada lipatan pantat pada akhirnya akan menimbulkan infeksi. Maka diharapkan untuk bisa memahami hal tesebut, demi mendapatkan kondisi terbaik.

  • Herpes

Jika bagian pantat kita yang gatal itu muncul luka, kemudian warnanya juga merah dan dari lukanya juga mengeluarkan cairan, maka ada kemungkinan terkena penyakit “herpes.”   Yaitu satu jenis penyakit menular yang bisa masuk dlaam kategori penyakit seksual dan bukan saja sebatas muncul di daerah mukosa, akan tetapi bisa pula muncul di daerah pantat.

Untuk mengatasi hal ini, alangkah baiknya untuk segera memeriksakan ke dokter guna mendapatkan petunjuk lebih lanjut, misalnya konsumsi obat-obatan anti-virus ataupun obat anti-nyeri.

  • Ekzema

Luka di bagian pantat yang gatal, jika berpenampakan bersisik dan disertai bintil merah, maka ada kemungkinan karena kemunculan ekzema.

Ekzema ini bisa juga muncul pada para wanita, khususnya bagi mereka yang acap mengenakan celana ketat, karena ada panas dan keringat yang terjebak pada bagian pantat itu sebagai faktor pemicunya.

  • Folikulitis

Jika di bagian pantat yang gatal berwarna merah dengan bintik yang menyerupai jerawat, maka kemungkinan disebabkan oleh folikulitis.  Yaitu satu kondisi peradangan pada saluran akar rambut dengan penyebab adanya penumpukan sel kulit mati dan infeksi. Folikulitis ini biasa muncul pada area pantat dan paha bagian atas.

[Baca juga: Daun Kosambi Bermanfaat Mengobati Eksim, Kudis, dan Kulit Gatal]

Dengan mengamati beberapa penyakit yang awalnya hanya bisa dirasakan karena gatal di bagian pantat itu, maka kita pun sudah semestinya memahami bahwa kebersihan wajib diterapkan, termasuk kebersihan pakaian bawahan kita, entah dalaman ataupun bukan. Mengganti celana, memerhatikan curah keringat, mengusahakan kain berbahan dingin dan tak ketat, dan masih banyak lagi usaha lainnya. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] 4 Penyebab Pantat Gatal; klikdokter.com, diakses pada 25 November 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 25 November 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here