Inilah Beberapa Asupan yang Mengurangi Risiko Kanker Payudara

0
673
Inilah Beberapa Makanan yang Mengurangi Risiko Kanker Payudara
Inilah Beberapa Makanan yang Mengurangi Risiko Kanker Payudara

KANKER PAYUDARA menjadi bagian dari banyaknya jenis penyakit kanker yang menjangkiti manusia, khususnya pada para perempuan. Oleh karenanya sangat dibutuhkan kepedulian dalam memerhatikan dan merawatnya, karena jika tidak, bukan saja biaya banyak yang harus dikeluarkan guna mengobatinya, namun juga rasa sakit yang akan diderita, bahkan juga risiko kematian yang bakal dituai.

Sehubungan dengan kanker itu, tindakan pencegahan menjadi hal yang terbaik jika musti dibandingkan dengan pengobatan. Dengan demikian banyak cara bisa kita lakukan demi mencegah penyakit itu menghinggapi kita.

[Baca juga: Benarkah Alat Masak Teflon Menjadi Sebab Terserang Sakit Kanker?]

Lalu apa saja cara mencegah dan mengurangi risiko kanker itu?

Faktor Kelebihan Berat Badan & Peradangan

Dalam meningkatkan kesehatan –salah satunya demi mengurangi risiko terkena kanker,  kita bisa melakukan banyak cara, di antaranya adalah mengatur pola makan dan juga gaya hidup.  Hal ini ditempuh karena yang menjadi salah satu faktor penyebab kanker payudara adalah kondisi berat badan berlebih.    Selain berat badan berlebih, peradangan juga menjadi faktor penyebab lainnya.

Asupan Pengurang Risiko Kanker Payudara

Sehubungan dengan faktor-faktor penyebab di atas, maka sangat dianjurkan bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang bisa menjaga kadar gula darah serta peradangan.Di bawah ini adalah beberapa di antaranya;

  • Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Beberapa peneliti memaparkan bahwa asupan nabati memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan dengan asupan hewani, dan lain-lain. Alasannya karena semakin banyak antioksidan pada makananan, maka akan semakin sedikit risiko kanker payudara.Di samping itu, kadar serat dalam buah dan sayuran juga memiliki peran dalam mengurangi risiko kanker payudara.

[Baca juga: Inilah Buah-Buahan Yang Memiliki Manfaat Menghilangkan Jerawat]

Jenis buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi di antaranya adalah pisang, mangga, dan nanas. Sedangkan jenis sayurannya yaitu meliputi kol (juga kembang kol-nya), brokoli, jamur cina, jamur tiram, dan bawang (merah ataupun putih), dan juga daun bawangnya.

  • Ikan

Beberapa jenis ikan bisa dikonsumsi karena bisa membantu menurunkan peradangan dalam tubuh kita. Jenis ikan itu di antaranya adalah sarden, salmon, dan mackerel, ataupun jenis ikan lain yang merupakan sumber asam lemak omega 3.

Jenis ikan yang mengandung asam lemak omega 3 ini dipilih pasalnya ia memiliki manfaat dalam menurunkan peradangan dalam tubuh, sehingga kepadatan payudara yang juga menjadi risiko terkena kanker payudara secara tidak langsung bisa dikurangi.

  • Minyak Zaitun

Menambahkan minyak zaitun extra-virgin sebanyak 4 sendok makan ke dalam menu makanan kita, termasuk buah dan sayur, bisa menurunkan risiko kanker payudara hingga 68 persen. Hal ini sebagaimana ditemukan dalam satu penelitian yang diadakal medio September 2015.

[Baca juga: Tahukah Anda Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun Bisa Dimanfaatkan Guna Mengkilapkan Sepatu?]

  • Kedelai

Kedelai mampu mengurangi risiko terjadinya kanker payudara karena ia mempunyai  senyawa yang serupa dengan estrogen, yaitu satu senyawa yang berkaitan dengan berbagai jenis kanker.

Bagi mereka yang tidak mempunyai gen mutasi BRCA2, konsumsi kedelai bisa menurunkan risiko terserang sakit kanker layudara. Namun usahakan memilih jenis kedelai organic, bukan non organic, apalagi suplemen kedelai. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Empat Asupan untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara; intisari-online.com, diakses pada 9 November 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 9 November 2015

Berbagi dan Diskusi

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY