Kondom Mampu Mempertahankan Keasaman Natural Alat Vital Wanita

0
1471
Asal-Usul Kontrasepsi Kondom adalah dari Usus Babi
Asal-Usul Kondom adalah dari Usus Babi

KONDOM adalah salah satu jenis alat kontrasepsi yang diteraokan bagi tak sedikit orang baik dmei mengatur jarak anak ataupun menjaga kesehatan utamanya yang berkaitan dengan alat reproduksi. Dikatakan sebagai “salah satu” alat kontrasepsi, karena memang ada banyak alat lain yang acap diterapkan, baik itu oleh pihak pria ataupun wanitanya.

[Baca juga: Inilah Beberapa Alat Kontrasepsi Yang Dipasang Oleh Para Wanita Masa Lampau]

Masih berkaitan dengan kondom, ia menjadi sedikit istimewa bagi sebagian orang karena selain praktis adalah juga kemampuannya ysebagai pemicu perkembangan bakteria (flora) yang bersifat “baik” dan juga “menguntungkan” di dalam vagina.

Penelitian Cina

Pernyataan di atas sebagaimana satu hasil penelitian yang dilakukan di negeri Cina, yaitu bahwa dalam satu penelitian mereka berhasil menemukan bahwa wanita yang aktif secara seksual dan menggunakan kondom, pada akhirnya si wanita tersebut memiliki flora dalam vagina dengan jumlah lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang memakai jenis kontrasepsi tipe lain. Bakteri itu tentu adalah bakteri yang menguntungkan, salah satunya adalah Lactobacillus.

Apa itu Bakteri Lactobacillus?

Lactobacillus adalah bakteri yang memproduksi asam laktat dan hydrogen peroxide, dengan kemampuan membantu memelihara keasaman dari vagina milik perempuan. Dari keasaman inilah maka pencegahan terjadinya infeksi oleh bakteri yang “jahat” itu bisa tertangkal.

[Baca juga: Inilah Beberapa Bagian Rumah Yang Menjadi Sarang Kuman dan Bakteri]

Namun, keasaman dalam vagina itu bisa juga menjadi sirna, salah satunya adalah dari kegiatan seksual yang memiliki kecenderungan mengubah ekosistem dari vagina. Perlu diketahui bahwa sperma yang dihasilkan dari hubungan skesual itu juga dapat mengubah keasaman dari vagina, sehingga bisa saja memicu terjadinya infeksi.

Kondom Mampu Mempertahankan Keasaman

Dari penelitian yang ada, disimpulkan bahwa pemakaian kondom memiliki keunggukan yaitu bisa membantu mempertahankan keasaman natural dari vagina. Padahal dengan tetap menjaga dan memelihara ekosistem dalam tubuh, khususnya dalam vagina, memiliki fungsi lebih dalam mencegah perkembangan bakteri buruk lain dalam vagina. [uth]

Rujukan:
[1] Apakah Kondom Baik untuk Vagina?; klikdokter.com, diakses pada 5 Desember 2015
[2] Gambar ilustrasi, Capturiung from Video You Tube. Diakses pada 3 Agustus 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here