Kenapa Sering Terdengar Tangisan Bayi pada Malam Hari?

0
2221
Cara Agar Bisa Tidur 8 Jam Penuh di Malam Hari
Cara Agar Bisa Tidur 8 Jam Penuh di Malam Hari

MENANGIS pada seorang bayi menjadi hal yang dalam satu sisi sangat membahagiakan, namun di sisi lain juga sangat tidak diharapkan. Contoh membahagiakan adalah pada saat sang buah hati baru saja lahir, maka kelahiran yang ditandai dengan suara tangis iitu justru membuat banyak orang yang mengelilinginya menjadi bahagia. Sedangkan tangis menjadi perilaku tak diharapkan adalah ketika sang buah hati kita rewel tak henti-henti menangis dan merengek.

Mendengar suara tangis ini, sebagaan besar orang akan menilainya sebagai perilaku yang tak jauh berbeda. Namun kenyataannya hal itu menjadi sedikit berbeda ketika ditanyakan pada para ibu ataupun mereka yang peka dengan perilaku anak-anak. Perbedaan tangis pada bayi di antaranya adalah karena lapar, sebab mengantuk, kondisi capek dan lelah, dan masih banyak lagi. Selain intensitas dan tinggi suara yang berbeda, dari masing-masing tangis itu pun biasanya juga disertai dengan bahasa tubuh dan ekspresi wajah tak sama.   Lalu bagaimana menyikapi keadaan anak yang rewel penuh tangis dan tak mau diam tersebit? Di bawah ini adalah beberapa hal baik yang dapat diketahui.

[Baca juga: Tangis – Teater Gandrik 2015: Menghadirkan Dalang Dalam Pementasan]

  • Berlaku Tenang

Ketika si kecil menangis, jangan malah panik menyikapinya. Namun berusahalah untuk tetap tenang, atur langkah terbaik dengan tetap sadar dan tak bedasar pada emosi.

  • Cari Tahu Penyebab Menangis

Meski dalam keadaan mendesak dan belum tahu persis, namun alangkah baiknya jika orangtua pun tak gampang menyerah. Usahakan untuk mencari tahu penyebab anak menangis, dengan melakukan segala cara. Misalnya menyuapinya dengan makanan. Kalau memang benar menangis dengan latar-belakang kelaparan tentu akan segera diam. Namun apabila tidak kunjung diam, coba berikan ASi atau ajak tidur, atau bisa juga karena popoknya basah maka segerakan menggantinya dengan popok kering, dan lain sebagainya. Intinya berikan segala treatment sehingga kita pun akan bisa mengetahui kemauannya.

  • Ingin Mendapatkan Dekapan

Kebutuhan kasih sayang manusia akan terasa ketika wujudnya masih bayi pun anak-anak. Karena ada masanya si kecil buah hati menghendaki untuk dipeluk ataupun didekap. Hal ini mungkin tak banyak orang sadari, padahal sudah mahfum jika anak juga memiliki intuisi untuk melihat wajah orangtuanya, mendengar suaranya, mendengarkan detak jantung mereka, ataupun mengenali aroma badannya. Hal semacam inilah yang bisa membuat anak merasa nyaman.

  • Biarkan Tetap Tenang

Tempatkan bayi ataupun anak pada posisi yang nyaman dan tenang, jangan menggoyang-goyangkannya karena hal ini bisa mengganggu pembuluh darah otaknya, padahal belum ada kemampuan menoleransi dampak pun benturan yang diakibatkan goyangan tersebut.

Demikian beberapa hal yang bisa dipahami ihwal anak menangis. Dari sini dapat disimpulkan bahwa mereka akan rewel dan susah diam dengan penyebab yang tak selalu sama. Akan tetapi pada umumnya tangisan si kecil itu adalah akibat perasaannya yang kurang nyaman. Dengan latarbelakang semacam ini, sudah selayaknya sang orangtua mencari tahu dan mewaspadai terdapatnya hal yang lebih serius dan membutuhkan perhatian, apalagi tatkala tangis anak tak kunjung reda. Misalnya karena ada keluhan lain seperti demam, badan panas-dingin, muntah-muntah, nyeri, ataupun karena terjadi cedera. Selanjutnya segera periksakan kepada ahlinya. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Mengapa Si Kecil Sering Menangis pada Malam Hari?; klikdokter.com, diakses pada 7 Desember 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay.com, diakses pada 7 Desember 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here