Khasiat Tanaman Ajeran untuk Panas-Demam

0
2001
Khasiat Tanaman Ajeran untuk Panas-Demam
Khasiat Tanaman Ajeran untuk Panas-Demam dan Pencuci Mata

AJERAN adalah satu jenis tumbuhan perdu dengan  ketinggian 0,3 hingga 1,5 meter, sedangkan batangnya berbentuk segi empat dan berwarna hijau yang adakalanya pad aujung batang itu juga ditumbuhi buku-bulu kasar.  Mengenai daun pada tanaman ajeran ini biasanya memiliki bentuk bulat telur dengan bentuk gerigi pada bagian pinggir-pinggirnya.

Ajeran juga merupakan tanaman berbunga, yaitu dengan tangkai panjang dan mahkota bunga warna putih di bagian pinggirnya serta kuning pada bagian tengahnya.

Nama Lain

Ajeran akrab juga dipanggil dengan nama jintan, akan tetapi jika kedua nama itu masih terlalu asing pada telinga Anda, mungkin di tempat Anda tanaman ini memiliki nama lain. Memang benar, ia memiliki nama berbeda antara tempat satu dengan lainnya. Jika di Jawa ajeran ini dinamakan dengan jaringan ataupun ketul, maka ke arah barat sedikit saja, yaitu di tanah Pasundan, ia dijuluki dengan nama hareuga.

Manfaat Tanaman

Tanaman ajeran ini memiliki manfaat lebih pada manusia, yaitu diambil pada bagian daun dna juga akar, di mana keduanya memiliki kandungan tannin dan phytosterin-B. Inilah kadar dalam tanaman ajeran yang memberikan khasiat bagi kita.

Berkhasiat Turunkan Panas-Demam

Salah satu khasiat dari daun ajeran yang bisa dimanfaatkan pada manusia adalah keefektifannya dalam menurunkan panas ataupun demam.

[Baca juga: Tribulus Terrestris: Tanaman-Obat Herbal Berkhasiat untuk Impotensi dan Gagah Perkasa]

  • Pilih Daun Basah

Cara penggunaannya adalah; silakan ambil duan ajeran segar sebanyak satu genggam atau kurang-lebih seberat 5 gram, kemudian tambahkan daun sembung serta jahe secukupnya. Semua bahan itu masukkan ke dalam panci dan tuangkan air di dalamnya sebanyak 500 mililiter atau setengah liter, kemudian silakan direbus hingga mendidih dan lalu dinginkan. Jika sudah hangat (tak panas) ataupun dingin, silakan air rebusan itu disaring dan jadikan minuman bagi yang sedang menderita demam.

  • Pilih Daun Kering

Cara yang kedua bisa pula dengan mengeringkan terlebih dahulu daun ajeran dengan banyaknya juga satu genggam, setelah itu campurkan jahe ataupun cengkeh secukupnya. Rebus semua bahan itu bersamaan ke dalam panci berisi dua gelas air. Setelah airnya mendidih, silakan saring airnya dan minum selagi hangat ataupun setelah dingin.

Pencuci Mata

Guna mencuci mata, silakan mengambil segenggam daun anjeran segar, kemudian dicuci dan bersihkan sebelum direbus dalam air sebanyak satu gelas. Tunggu hingga airnya mendidih, dan kemudian dinginkan. Air rebusan itu silakan Anda gunakan untuk mencuci mata. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Ajeran Atasi Demam; Koran Cetak Minggu Pagi, Minggu Pertama Desember 2015
[2] Gambar ilustrasi; indonews.co.id, diakses pada 9 Desember 2015

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here